15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Wisata Cipanas Garut

9 Keindahan Wisata Garut Yang Jarang Diketahui

0 Comments

Wisata Garut – kamu mencari tempat berlibur terbaik ? Garut bisa menjadi jawaban tepatnya.

Garut merupakan kota yang memiliki beragam tempat wisata menarik.

Sehingga banyak wisatawan sering menjadikan Garut sebagai salah satu dari daftar destinasi liburan mereka.

Tempat Wisata di Garut

Kota ini memiliki julukan Swiss Van Java karena dikelilingi oleh banyak gunung layaknya kota-kota di Swiss yang juga dikelilingi pegunungan sehingga  menjadikan udaranya sejuk dan segar.

Tak heran para wisatawan yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia banyak menjadikan Garut sebagai tempat terbaik untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas di kota yang padat.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Garut, Kami sarankan kamu mengunjungi beberapa tempat wisata favorit di Garut yang kami sajikan dibawah ini.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Source : id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Papandayan

Jika kamu ingin memiliki pengalaman mendaki gunung, cobalah mendaki di Gunung Papandayan. Selain jalur pendakiannya yang ramah bagi pemula, gunung ini juga menawarkan pemkamungan alam yang sangat indah.

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung vulkanik yang letaknya berada diantara dua desa yaitu Desa Sirnajaya dan Desa Kramatwangi.

Ketika mendaki gunung ini, selain menjanjikan sinar sunrise yang menakjubkan, kamu juga disuguhkan dengan pemkamungan indah lain seperti pemkamungan di hutan mati, 4 kawah belerang yang masih aktif dan mengeluarkan asap belerang yang terbentuk akibat letusan dan juga erupsi dari Gunung Papandayan beberapa waktu lalu.

Hingga kamu dapat menjumpai tanaman langka yang dilindungi Undang-Undang yaitu tanaman bunga edelweiss atau yang sering disebut sebagai bunga abadi.

Gunung ini merupakan salah satu tempat favorit untuk medaki karena medannya cukup lkamui.

Selain itu, di tempat ini telah tersedia jalur bagi motor trail yang biasa digunakan masyarakat untuk mengangkut dagangan mereka ke warung-warung yang berada di atas.

Motor trail tersebut juga biasa dijadikan sebagai ojeg bagi pendaki yang merasa lelah. Tersedia berapa toilet, penginapan-penginapan, area parkir yang luas serta warung yang menyediakan berbagai jenis kudapan.

2. Tempat Wisata Di Garut Cipanas

Wisata Cipanas Garut

Source : agoda.com

Kompleks wisata Cipanas Garut, tempat ini memang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Garut karena letaknya yang mudah dijangkau serta dekat dengan pusat kota.

Karena itulah tempat ini tak pernah sepi pengunjung apalagi menjelang akhir pekan atau hari libur.

Cipanas merupakan nama suatu daerah di Garut yang terletak dikawasan kecamatan Tarogong Kaler.

Tempat ini menawarkan objek wisata air panas yang airnya bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung Guntur.

Di kawasan kompleks Cipanas Garut, terdapat beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi yang masing-masing memiliki fasilitas dan keunikan tersendiri.

Seperti Danau Dariza yang tempatnya cukup unik karena selain memiliki fasilitas waterboom dan restoran, tempat ini juga memiliki resort untuk menginap yang  dikelilingi oleh danau buatan.

kamu juga bisa menikmati suasana romantis tempat ini dengan menaiki perahu kayu atau perahu kayuh berbentuk hewan yang bisa kamu dayung sendiri mengitari danau ini.

Disini juga terdapat mini flying fox yang bisa kamu coba. Flying fox ini  memberikan sensasi meluncur menyebrangi danau buatan ini.

Adapun Resort Kampung Sumber Alam Garut yang resortnya berkonsep pedesaan yang dapat menghilangkan rasa penat dari padatnya aktivitas kamu.

Resort ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang air panas, kamar rendam, restoran serta memiliki suasana yang sangat indah apalagi saat malam hari.

Begitu pula pelayanannya yang baik dan ramah yang dapat membuat pengunjungnya menikmati masa berliburnya.

3. Tempat Wisata Di Garut Darajat

Wisata Garut Darajat

Source : https://www.hargatiket.net/

Tak jauh berbeda dengan kompleks wisata Cipanas Garut, kompleks wisata Darajat Garut juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi liburan kamu dan keluarga.

Tempat ini menawarkan sensasi liburan yang berbeda. Karena selain berenang atau sekedar berendam di air panas alami, kamu juga disuguhkan dengan pemkamungan di ketinggian perbukitan hijau yang asri yang terkadang diselimuti oleh kabut tebal.

Beberapa lokasi wisata di sekitar kompleks Darajat Garut menawarkan beberapa fasilitas yang tak kalah menarik.

Selain disediakannya kolam berenang air panas yang dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks,beberapa tempat seperti di area wisata Darajat Pass yang menyediakan fasilitas flying fox yang siap memacu adrenalin kamu,

atau di area wisata Awit Sinar Alam yang menyediakan rumah makan stoberi dan perkebunan stroberi yang menawarkan pengunjungnya berwisata dengan konsep memetik stroberi langsung di kebunnya.

Beberapa area wisata lainnya di sekitar kompleks wisata Darajat Garut ini juga menyediakan area bermain seperti trampoline, pine ball, outbond serta berkuda. Selain itu, untuk wisatawan dari luar kota, di kompleks wisata Darajat Garut ini uga menyediakan beberapa resort untuk tempat istirahat kamu.

4. Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Source: pergidulu.com

Objek wisata Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata kawah yang terletak di Desa Sukamenak , Kecamatan Wanaraja. Objek wisata ini menawarkan pemkamungan sebuah danau kecil yang terbentuk di kawah bekas letusan gunung Talaga Bodas.

Objek wisata ini cocok bagi kamu yang menyukai hiking. Karena dalam perjalanan menuju kawah ini, setelah menyimpan kendaraan kamu di tempat parkir, kamu harus berjalan sejauh 900 meter.

Upaya ini dilakukan masyarakat sekitar agar kelestarian objek wisata ini tetap terjaga.

Kawahnya sendiri masih memiliki aktivitas vulkanik berupa air panas dan belerang namun sudah tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi.

Karena itulah, air di kawah ini memiliki warna yang berbeda dengan warna air danau pada umumnya. Air ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air panas dan pengobatan berbagai penyakit kulit seperti panu dan penyakit kulit lainnya.

Saat mengunjungi objek wisata ini, kamu bisa mengunjungi kolam rendam air panas yang telah disediakan ataupun hanya sekedar mencuci mata dengan pemkamungan di sekitar kawah ini sambil merasakan kesejukan dan kesegaran hawanya,

serta pemkamungan gunung yang pernah menghebohkan masyarakat karena bentuknya yang menyerupai piramida yaitu  Gunung Sadahurip.

5. Situ Bagendit

Situ Bagendit Garut

Source: www.dara.co.id

Situ atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti danau. Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi.

Danau alami ini tidak hanya dikelilingi oleh pemkamungan yang indah namun juga legenda yang hidup di balik pembentukannya.

Legenda populer dari Tanah Sunda ini berkisah tentang Nyai Endit yang tenggelam bersama hartanya karena telah berbuat kikir.

Terlepas dari kebenaran kisah tersebut, Situ Bagendit ini bisa dijadikan sebagai referensi wisata yang cocok saat berlibur di Garut.

Karena selain menarif harga tiket yang murah meriah, situ ini kini telah memiliki berbagai fasilitas. Serta memiliki kualitas lingkungan yang masih terjaga dengan baik.

Di Situ Bagendit ini, kamu bisa menikmati pemkamungan danau dengan menaiki berbagai permainan air seperti rakit, perahu ataupun sepeda air dengan berbagai bentuk hewan yang lucu dan menarik.

Di danau ini pula pengunjung akan melihat kumpulan tanaman teratai ataupun tanaman eceng gondok yang sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk dijadikan kerajinan tangan ataupun cidera mata bagi pengunjung.

Adapun fasilitas lainnya yang juga terdapat di area wisata ini seperti mushola,toilet, spot foto ciamik yang dapat dinikmati pengunjung serta permainan kereta yang dapat dinaiki anak-anak maupun orang dewasa.

Kereta ini akan membawa kamu berkeliling dengan nyaman.

6. Situ Cangkuang

Situ Cangkuang

Source: https://travelspromo.com/

Sedikit berbeda dengan Situ Bagendit yang memiliki legenda di balik pembentukannya, Situ Cangkuang merupakan salah satu tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Garut.

Situ Cangkuang berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles. Disebuah pulau kecil di tengah-tengah situ ini, terdapat candi yang menjadi bukti sejarah.

Di tempat ini, kita dapat menyebrangi situ dengan menggunakan rakit untuk sampai ke Kampung Pulo dimana di kampung ini terdapat sebuah candi hindu tertua di Tanah Sunda bernama Candi Cangkuang yang didalamnya terdapat patung Siwa Hindu.

Di kampung ini juga terdapat makam peninggalan penganut agama Islam, yaitu Arif Muhammad serta 6 rumah dan 1 mushola yang melambangkan 6 anak perempuan dan 1 anak laki-laki beliau.

Konon beliau adalah pendiri Desa Cangkuang yang telah mengajarkan dan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat di sekitarnya.

Jadi selain berlibur untuk menghilangkan penat, disini kamu juga dapat mempelajari sejarah terbentuknya tempat inki.

7. Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

Pantai Santolo

Source: https://www.hargatiket.net/

Kedua pantai ini terletak di daerah Pameungpeuk, Garut. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut dengan garis pantai yang panjang.

Tidak jauh berbeda dengan berbagai macam pantai lain yang berada di Indonesia, kedua pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung untuk menikmati pemkamungan laut yang sangat indah ini.

Seperti Pantai Sayang Heulang yang tempatnya berada di Desa Mencahagar ini memiliki keunikan yang hanya dapat kamu temui di pantai ini. Di pantai ini terdapat sebuah karang yang mana bentang karangnya menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai.

Pada saat air lautnya surut, pengunjung bisa berjalan di sepanjang bentang karang ini sampai ke sisi laut.

Ataupun Pantai Santolo yang letaknya tak jauh dari Pantai Sayang Heulang yaitu di Kecamatan Cikelet ini memiliki fenomena unik yaitu pantai ini juga merupakan hilir Sungai Cilauteureun yang posisi hilir sungainya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bibir pantai,

sehingga membuat pantai ini sangatlah unik karena ketika air laut pasang, air akan menuju ke sungai bukan sebaliknya.

Di kedua pantai ini juga telah tersedia berbagai fasilitas pendukung yang lengkap dan memadai seperti kamar mandi dan tempat parkir yang cukup luas.

Terdapat pula penginapan dengan pemkamungan pantai serta warung makan yang menjual berbagai macam menu laut yang lezat dan segar yang dapat mengisi perut kosong kamu.

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan selama berada di kedua pantai ini seperti berenang dan melakukan snorekeling untuk mengeksplor indahnya dunia laut yang  masih sangat terjaga kebersihannya ini,

menikmati sunset dengan suasana yang romantis saat sore hari, bermain voli pantai bersama rekan atau keluarga kamu tercinta, ataupun menaiki wahana air banana boat.

Tak jauh dari lokasi Pantai Sayang Heulang, bergerak menuju kearah utara kamu akan menjumpai sebuah bukit bernama Bukit Teletubbies.

Nama ini mungkin terdengar tidak asing ditelinga kamu. Ya, memang nama bukit ini diambil dari sebuah nama bukit di film anak-anak  yang terkenal di tahun 2000-an, Teletubbies.

Rasanya kamu pun akan dapat membayangkan kedaan di bukit ini. Hampir sama dengan bukit yang ada di film Teletubbies, bukit ini juga dipenuhi dengan tanaman hijau yang menambah sejuknya udara.

Jika kamu berkunjung ke bukit ini, kamu akan disuguhi oleh pemkamungan hamparan pesawahan padi milik warga setempat serta berjajarnya pohon kelapa.

8. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Source: https://travelspromo.com/

Garut memang memiliki banyak wisata alamnya yang mempesona . Dengan banyaknya pegunungan yang mengelilingi kota ini membuat banyaknya air terjun yang sering dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitar.

Tak lengkap rasanya jka kamu melewatkan untuk mengunjungi air terjun yang berada di Garut. Salah satu air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Curug Sanghyang Taraje.

Curug atau air terjun yang terletak di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan ini memang merupakan salah satu curug yang paling populer di Garut.

Curug yang memiliki ketinggian 82 meter ini, memiliki dua buah air terjun yang mengalir secara bersamaan.

Curug Sanghyang Taraje memiliki suasana yang menawan. Curug ini kadang diselimuti oleh kabut yang dapat menambah suasananya menjadi lebih asri.

Curug ini juga telah memiliki berbagai fasilitas seperti toilet, warung makan serta tempat duduk dan ayunan yang memiliki penutup agar kamu terhindar dari panasnya sinar matahari.

Disini kamu juga bisa memasang hammock yang bisa kamu gantungkan diantara besi yang mengacung pada sebuah batu yang berbentuk tapak raksasa.

Jangan lupakan untuk mengabadikan momen ketika kamu berkunjung ke tempat ini karena tempat ini memiliki banyak spot yang instagramable.

Curug ini juga tidak terlepas dari legenda yang hidup di dalamnya. Nama Curug Sanghyang Taraje ini memiliki arti tangga dewa.

Konon tangga ini digunakan para dewa menuju ke kayangan. Tangga ini pula adalah tangga yang digunakan oleh Sangkuriang untuk mengambil bintang yang akan diberikan kepada Dayang Sumbi.

Karena legenda inilah Curug Sanghyang Taraje ini dapat memikat daya tarik bagi pengunjungnya.

9. Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan

Source: https://www.beritainspiratif.com/

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik yang perlu kamu kunjungi saat berwisata di Garut adalah Kebun Satwa Cikembulan.

Selain dapat melihat berbagai macam binatang, kamu juga dapat  menjadikan kebun binatang sebagai  sarana untuk mengenalkan berbagai jenis hewan kepada anak-anak.

Walaupun tidak memiliki koleksi satwa berukuran besar seperti Gajah, Jerapah dan hewan berukuran besar lainnya,

Kebun Satwa Cikembulan ini memiliki sekitar 465 satwa yang terdiri dari 108 spesies berbeda yang beberapa diantaranya merupakan satwa yang dilindungi salah satunya adalah Harimau Sumatra.

Di kebun binatang ini, terdapat orang utan yang berasal dari Kalimantan.

Pengunjung juga diperbolehkan berinteraksi bahkan berswafoto dengan mamalia satu ini. kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti memancing, berkuda ataupun melakukan terapi dengan ikan kecil yang telah disediakan di osebuah kolam.

Serta jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu saat berada di kebun binatang ini dengan berfoto di beberapa spot foto kekinian yang telah disediakan, seperti berfoto di atas sebuah jembatan dekat dengan saung tempat kamu beristirahat atau melakukan piknik bersama keluarga kamu tercinta.

Itu dia beberapa tempat wisata terbaik di Garut. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut? Atau berencana mengunjungi tempat tersebut ?

Jika kamu memiliki keinginan untuk mengunjungi salah satu tempat tersebut kamu bisa berpergian dengan transportasi umum untuk mencapai tempat tersebut. Dan jangan lupa mengajak orang-orang terkasih kamu bersama.

Memiliki Kosakata yang Tinggi
Previous Post
Bukan Anak Pintar Saja, Tapi Juga Cerdas
Next Post
Apa itu Prestasi Belajar?

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!