15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Tempat Wisata di Sumatera Utara

Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

0 Comments

Tempat Wisata di Sumatera Utara – Sebagai salah satu provinsi terbesar keempat di Indonesia, membuat Sumatera Utara memiliki beragam tempat wisata yang menarik.

Dengan luas wilayah lebih dari 72 ribu km2, tentunya kamu dapat dengan mudah menemukan tempat wisata alami maupun buatan di provinsi yang letak Ibu kotanya berada di Kota Medan ini.

Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Sumatera Utara, cobalah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang kami rekomendasikan di bawah ini.

Tempat Wisata di Sumatera Utara

1. Paropo Danau Toba

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : 1.bp.blogspot.com

Jika berbicara mengenai tempat wisata di Sumatera Utara, pasti kamu langsung teringat dengan Danau Toba.

Nah, Paropo adalah nama dari sebuah desa kecil yang berada di tepi Danau Toba tepatnya di Kabupaten Dairi.

Di tempat ini, kamu dapat melihat keindahan danau terbesar se-Indonesia dan se-Asia Tenggara ini.

Letaknya yang strategis membuat Paropo banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Toba.

Keindahan danau ini bahkan sering disamakan dengan Ranu Kumbolonya yang ada di Gunung Semeru, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di tempat ini mulaii dari mengunjungi rumah adat Sumatera Utara Suku Batak, melihat situs-situs sejarah seperti museum Batak, dan lain lain.

Kamu juga dapat menaiki perahu yang disewakan masyarakat sekitar untuk sekedar berkeliling di Danau Toba ataupun untuk memancing.

Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk melakukan kemah karena memiliki panorama yang sangat indah.

2. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : lh3.googleusercontent.com

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah tempat wisata alam berupa kawah yang terbentuk dari panas bumi yang mengandung belerang yang kemudian membentuk bukit kapur putih.

Kawah cantik ini terletak di Desa Dolok Merawan, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun.

Tempat ini dikenal juga dengan nama Salju Panas Tinggi Raja karena kawah ini didominasi oleh warna putih seperti salju yang di tengahnya terdapat sumber air panas.

Sumber air panas yang memiliki warna biru kehijauan ini memiliki suhu mencapai 90o C yang mengalir dari bebatuan kapur yang berundak-undak.

3. Air Terjun Sigura – Gura

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : d99i6ad9lbm5v.cloudfront.net

Air terjun sigura-gura merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan Sumatera Utara yang terletak di Kab. Toba Samosir.

Bagaimana tidak, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.

Tingginya bahkan bisa mencapai dua kali tinggi Monas, yaitu sekitar 250 m.

Air terjun ini memiliki sumber aliran air dari Sungai Asahan yang masih bersumber dari Danau Toba.

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Pinot ini juga dijadikan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber imigrasi dengan dibangunnya Bendungan Sigura-Gura.

Derasnya air yang mengalir dari aliran air terjun ini serta memiliki kontur batuan yang menawan membuat tempat ini sering dijadikan tempat olahraga air seperti arung jeram.

Selain itu, tebing yang mengitari air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan olahraga panjat tebing.

Dengan keindahan yang dimilikinya ini, tak jarang banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini serta melakukan kemah di sekitar air terjun menawan ini.

Baca juga artikel Alat Musik Tradisional Sumatera Utara dan Cara Memainkannya

4. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : i.pinimg.com

Tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Sorake.

Pantai Lagundri dan Pantai Saroke merupakan pantai yang berada di satu garis pantai yang berada di Desa Botohilitano, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan.

Kedua pantai ini bahkan telah dinobatkan sebagai spot terbaik untuk melakukan olahraga surfing.

Posisi pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat keduaa pantai ini memiliki lipatan gelombang yang tingginya mencapai 7 sampai 10 meter dengan lima tingkatan.

Bahkan panjang daya dorong ombaknya bisa mencapai 200 meter, lho.

Tak jarang kedua pantai ini sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan kejuaraan surfing tingkat nasional bahkan international.

5. Green Hill City

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : pedomanwisata.com

Selain beberapa tempat wisata alami, Sumatera Utara juga memiliki tempat wisata buatan yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya.

Tempat tersebut salah satunya adalah Green Hill City yang terletak di kawasan perumahan elit di Sibolangit, Deli Serdang.

Green Hill City adalah arena taman hiburan yang memiliki berbagai macam wahana menarik kincir raksasa, roller coaster, bioskop 4D, dan lain sebagainya.

Kincir raksasa yang dimiliki tempat ini memiliki diameter hingga 50 meter serta roller coasternya memiliki lintasan sepanjang 150 meter.

Taman hiburan seluas 110 hektar ini juga menyediakan tempat untuk berbagai atraksi khusus bagi anak-anak yang dikelompokkan di tempat bernama Toon Town.

Atraksi yang sering ditampilkan ditempat ini antara lain ada mini Ferris Wheel , mini bombom, dan ajut yang mrip dengan carrousel.

Untuk dapat menikmati semua fasilitas yang disediakan di tempat ini, kamu akan dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp. 50.000 per orang.

6. Funland Mikie Holiday Resort and Hotel

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : files.sirclocdn.xyz

Selain Green Hill City, tempat wisata di Sumatera Utara lainnya yang juga memiliki taman bermain menarik lainnya, yaitu Funland mikie holiday.

Funland Mikie Holiday adalah taman bermain yang terletak di Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

Taman bermain ini memiliki lebih dari 35 wahana untuk segala usia seperti volcano, twister, the scream, sky bike, dan masih banyak lagi.

Di tempat ini juga terdapat restaurant untuk kamu menikmati berbagai jenis makanan lezat.

Selain itu, hotel dan resortnya juga dilengkapi dengan berbagai layanan dan fasiliitas yang terbilang lengkap seperti wifi gratis, lounge, kolam renang, dan lain lain.

Jika kamu berminat mengunjungi taman bermain ini, kamu bisa datang kapan saja karena tempat ini dibuka setiap dari dari pukul 09.30 hingga 18.00.

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp. 100.000.

7. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Source : seputarkota.com

Tempat wisata di Sumatera Utara yang juga dapat menambah wawasan dan pengetahuanmu lainnya adalah Rahmat international wildlife museum and gallery.

Rahmat international wildlife museum and gallery adalah museum dan galeri yang didirikan dan diusulkan oleh Dr. H. Rahmatsyah, yaitu seorang pecinta alam.

Museum ini terletak di Jl. Letjen S. Parman No. 309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

Museum dan galeri ini menyimpan berbagai koleksi binatang liar yang diawetkan dari hasil perburuan di seluruh penjuru dunia dan telah melalui standar perburuan satwa liar dunia.

Tempat yang telah didirikan sejak 14 Mei 1999 ini merupakan galeri satwa liar pertama di Asia Tenggara yang telah memiliki lebih dari 2.000 macam koleksi satwa.

Salah satu diantaranya adalah mamalia terbesar Afrika yaitu gajah, badak putih, banteng, singa, macan tutul, dan lain sebagainya.

Bahkan pendiri tempat ini merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan dan pengakuan internasional seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Award.

Untuk kamu yang ingin berlibur sambil belajar ke museum dan galeri ini, kamu dapat mengunjungi tempat ini pada hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00 sampai 17.00.

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
Previous Post
10 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara dan Cara Memainkannya
Bunga Teratai
Next Post
Mengenal Lebih Dalam Mengenai Bunga Teratai

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!