15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
perhitungan bunga kartu kredit

Apa Saja Syarat Membuat Kartu Kredit? 

0 Comments

Saat ini, berbagai macam kemudahan telah dibuat oleh manusia agar hidupnya lebih mudah. Banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah metode pembayaran.

Dewasa ini, metode pembayaran tidak hanya menggunakan uang kas saja akan tetapi juga telah menggunakan transaksi elektronik. Salah satunya adalah kartu kredit.

Kartu ini dikeluarkan oleh bank dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Para pengguna kartu kredit bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran dan tarik tunai di seluruh ATM yang terdaftar.

Oleh karena itu, penggunaan kartu kredit saat ini sangatlah meningkat. Lantas, bagaimana syarat membuat kartu kredit bagi para nasabah bank?

Prosedur Pengajuan Kartu Kredit

pengajuan kartu kredit termudah

Pembuatan kartu kredit sebenarnya sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, terkadang ada beberapa kondisi dari nasabah bank yang mengakibatkan permohonan kartu kredit ditolak.

Salah satu alasan yang paling sering membuat nasabah ditolak aplikasinya adalah pendapatan yang kurang dari standar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk preventif dari bank agar tidak ada tagihan kartu kredit yang macet.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Untuk dapat mengajukan pembuatan kartu kredit, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para nasabah untuk bisa mengajukan pembuatan kartu kredit.

  1. Berusia minimal 21 tahun dan Fotokopi KTP

Untuk dapat mengajukan permohonan kartu kredit, hanya nasabah dengan usia minimal 21 tahun yang bisa mengajukannya. Hal ini dibuktikan dengan lampiran fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

  1. Fotokopi Slip Penghasilan dan Gaji Minimal Rp. 3.000.000,00

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah fotokopi slip penghasilan perbulan yang diterima oleh nasabah. Selain itu, biasanya setiap kartu kredit memiliki limit tertentu. Nominal limit paling kecil adalah Rp. 3.000.000,00. Oleh karena itu, nasabah juga harus memiliki penghasilan setidaknya Rp. 3.000.000,00 setiap bulannya.

  1. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Buku Tabungan 3 Bulan Terakhir

Nasabah juga perlu mencantumkan fotokopi dokumen Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang berisi jumlah pajak yang dibayarkan dan sirkulasi pajak dari nasabah.

Hal ini dilakukan agar bank mengetahui kondisi finansial dari nasabah. Selain itu, rekening koran yang berisi transaksi selama 3 bulan terakhir juga perlu dicantumkan untuk mengetahui cashflow dari keuangan nasabah.

  1. Tagihan Kartu Kredit 3 bulan Terakhir (Jika Ada)

Bagi nasabah yang sebelumnya memiliki kartu kredit, mereka harus melampirkan tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir. Hal ini dilakukan agar bank mengetahui apakah nasabah termasuk taat dan memiliki kemampuan untuk membayar cicilan kartu kredit atau tidak.

Untuk memastikan bahwa pengajuan kartu kredit tidak ditolak, nasabah harus memastikan semua dokumen yang diminta dalam keadaan lengkap dan benar.

Beberapa Cara Pengecekan Tagihan Kartu Kredit

Apabila nasabah telah memiliki kartu kredit, ada baiknya nasabah melakukan pengecekan tagihan kartu kredit secara rutin. Hal ini dilakukan agar nasabah tidak menggunakan kartu kredit di luar kemampuan finansial yang dimiliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kartu kredit. Salah satunya adalah melalui SMS. Hal ini bisa dilakukan jika kartu kredit yang dimiliki telah didaftarkan pada layanan SMS dari bank terkait.

Selain itu, saat ini beberapa bank juga telah mengembangkan aplikasi mobile banking atau m-banking yang bisa diinstal di perangkat smartphone.

Para nasabah bisa masuk ke aplikasi tersebut kemudian memilih menu informasi tagihan kartu kredit. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi call center dari bank terkait.

Nantinya, agen customer service dari bank akan memandu nasabah untuk mengecek tagihan kartu kredit yang mereka miliki.

Membuat Kartu Kredit Online Secara Mudah

buat kartu kredit online tanpa syarat

Membuat kartu kredit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Para nasabah bisa datang secara langsung ke kantor cabang bank terdekat kemudian menyerahkan beberapa syarat pembuatan kartu kredit yang berpinjaman online.

Akan tetapi, bagi nasabah bank yang tidak ingin datang ke kantor bank, mereka dapat menggunakan layanan pembuatan kartu kredit online dengan mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi website bank yang dituju. Kemudian, para nasabah dapat mengisi beberapa data yang dibutuhkan di formulir pendaftaran.

Setelah itu, para nasabah harus memberikan beberapa scan dokumen saat proses verifikasi seperti Kartu Tanda Penduduk, NPWP, slip gaji dan rekening koran selama 3 bulan. Setelah semua data dan dokumen dikumpulkan, maka proses selanjutnya adalah verifikasi yang dilakukan oleh bank.

Biasanya, proses ini dilakukan selama kurang lebih 14 hari. Setelah itu, bank akan mengkonfirmasi nasabah dan kartu kredit yang telah dikirimkan akan diaktifkan oleh bank.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Bunga Kartu Kredit

perhitungan bunga kartu kredit

Kartu kredit sejatinya merupakan sebuah hutang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada bank. Oleh karena itu, para nasabah yang menggunakan kartu kredit juga dibebankan bunga dari hutang tersebut.

Ada berbagai macam ketentuan bunga kartu kredit yang diatur oleh bank. Berikut ini beberapa ketentuan bunga yang ditetapkan oleh bank:

  1. Apabila nasabah pembayaran setelah jatuh tempo atau bahkan tidak melakukan pembayaran cicilan secara penuh, maka seluruh transaksi yang dilakukan akan dikenakan biaya bunga.
  2. Penghitungan bunga kartu kredit mulai dilakukan dari tanggal pembuatan kartu kredit dari penerbit atau yang sering disebut dengan posting.
  3. Bunga akan selalu dikenakan apabila nasabah melakukan transaksi tarik tunai meskipun nasabah melakukan pembayaran secara penuh ataupun tidak.
  4. Bank berhak melakukan penghitungan bunga harian dengan menggunakan kalender selama satu tahun atau 365 hari
  5. Komponen yang tidak terhitung sebagai bunga adalah bunga terutang, denda, dan biaya pembayaran.

Apa itu Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan?

Beberapa kartu kredit juga memberikan penawaran menarik bagi nasabah yaitu bebas iuran tahunan. Nasabah yang menggunakan kartu kredit ini tidak perlu memikirkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan administrasi kartu kredit.

Beberapa kartu kredit dengan fasilitas bebas iuran tahunan adalah CIMB Niaga MasterCard Platinum, Sinarmas Secure Credit Card, dan BRI Touch Visa Gold.

Promo Pembayaran Kartu Kredit Bagi Nasabah

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit memberikan beberapa manfaat terutama jika dilakukan sebagai alat transaksi di beberapa ecommerce yang tersedia. Beberapa contoh promo pembayaran dengan menggunakan kartu kredit adalah cashback, diskon harga, travel point, dan beberapa ketentuan poin khusus.

Diskon harga merupakan salah satu jenis promo kartu kredit yang paling sering ditawarkan. Selain itu, travel point menjadi salah satu promo menarik karena memungkinkan nasabah untuk mendapatkan tiket pesawat secara gratis.

Oleh karena itu, banyak nasabah yang sengaja menggunakan kartu kredit demi mendapatkan promo yang bisa digunakan dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Manfaat Pelunasan Cicilan Kartu Kredit Sebelum Waktunya

Akan tetapi, para nasabah juga perlu memperhatikan tentang pelunasan tagihan atau cicilan kartu kredit. Hal ini dilakukan agar cicilan kartu kredit tidak jatuh tempo dan berakibat pemblokiran atau deaktivasi dari kartu kredit nasabah.

Untuk mencegah hal tersebut, nasabah bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit sebelum waktunya. Artinya, nasabah melakukan pembayaran kartu kredit sebelum jatuh tempo.

Hal ini akan memberikan keuntungan bagi para nasabah seperti tidak adanya bunga bulan selanjutnya, saldo simpanan pokok yang lebih rendah, serta skor riwayat kartu kredit yang lebih sehat. Oleh karena itu, disarankan para nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit sebelum batas waktu yang ditetapkan.

Pemutihan (Restrukturisasi) Hutang Kartu Kredit

Pada beberapa kasus, nasabah yang menggunakan kartu kredit tidak bisa melunasi cicilan atau tagihan kartu kredit yang dimiliki. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak alasan. Pada kondisi yang cukup parah, hal ini memicu adanya pemutihan hutang kartu kredit atau yang sering disebut dengan restrukturisasi kartu kredit.

Hal ini dilakukan oleh bank setelah proses verifikasi dari kondisi keuangan nasabah. Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah nasabah yang pernah berhasil mengajukan pemutihan cicilan kartu kredit, maka akan tercatat sebagai nasabah yang pernah direstrukturisasi pada Sistem Debitur Bank Indonesia (SID).

Beberapa contoh proses restrukturisasi hutang kredit adalah penurunan suku bunga, penurunan jumlah angsuran, perpanjangan masa pelunasan kredit, pemotongan waktu kartu kredit, dan penghapusan hutang bunga.

Pembayaran Kartu Kredit untuk Dapat Promo Cashback

bayar tagihan kartu kredit dapat cashback

Pembayaran kartu kredit tidak hanya diperlukan untuk membayar cicilan dan menghindari bunga yang besar serta tagihan yang jatuh tempo. Akan tetapi juga kesempatan untuk mendapatkan promo cashback. Ada beberapa varian persen cashback yang disediakan. Hal ini tergantung dari promosi dan layanan yang diberikan oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Mencari investor untuk modal usaha
Previous Post
Bagaimana Cara Mencari Investor Bagi Pemula?
Next Post
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dan Mengembangkannya?

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!