15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0

Managemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

0 Comments

Dalam sebuah organisasi seperti institusi atau perusahaan, tentu memerlukan sumber daya manusia untuk menjalankan organisasi tersebut.

Sumber Daya Manusia (SDM) ini diperlukan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab setiap perusahaan.

Tapi apa itu sumber daya manusia?

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

sumber daya manusia

Source : surabaya.proxsisgroup.com

Para ahli telah menjelaskan pendapat mereka mengenai sumber daya manusia dalam arti yang lebih luas.

Berikut beberapa pengertian sumber daya manusia menurut para ahli :

1. Sonny Sumarsono (2003)

Pengertian sumber daya alam menurut Sonny Sumarsono memiliki dua arti berbeda, namun setelah kami rangkum, keduanya dapat disimpulkan sebagai berikut.

Sumber daya manusia adalah kualitas usaha yang dilakukan seseorang dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan jasa atau barang yang memiliki nilai ekonomis.

2. M.T.E. Hariandja (2002)

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor utama pada suatu perusahaan dilihat dari faktor-faktor lainnya selain modal usaha agar efektivitas dan efisiensi perusahaan semakin meningkat.

3. Mathis dan Jackson (2006)

Menurut Mathis dan Jackson, SDM merupakan suatu rancangan dari berbagai sistem formal pada sebuah organisasi.

SDM ini bertujuan untuk memastikan penggunaan keahlian manusia secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan organisasi sesuai dengan keinginan.

4. William R. Tracey

Dalam “The Human Resources Glosarium,” dari The Balance Careers menyebutkan, William R Tracey mendefinisikan SDM sebagai Orang-orang yang mengoperasikan sebuah organisasi atau perusahaan.

Dari semua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia adalah individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi yang memiliki fungsi sebagai aset.

Sehingga SDM ini harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya demi tercapainya tujuan suatu organisasi.

Baca juga Mengenal Lingkungan Alami dan Buatan

Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dalam prakteknya, sumber daya manusia masih belum bisa memenuhi kriteria yang diinginkan perusahaan, untuk itulah diperlukan pengembangan SDM guna memenuhi kriteria tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mengembangkan sumber daya manusia?

Berikut strategi pengembangan sumber daya manusia yang dapat diterapkan oleh organisasi, institusi atau perusahaan.

1. Memberikan Penghargaan Kepada Karyawan

sumber daya manusia

Source : sleekr.co

Strategi pertama untuk mengembangkan sumber daya manusia adalah dengan memberikan penghargaan kepada karyawan.

Penghargaan ini dapat diartikan sebagai sebuah perilaku untuk menghargai pencapaian atau prestasi yang dimiliki oleh seorang karyawan.

Penghargaan yang diberikan bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, misalnya dengan memberikan kenaikan gaji, memberikan hadiah seperti mobil, maupun penghargaan lainnya.

Hal ini bertujuan agar nantinya banyak karyawan yang termotivasi menjadi lebih baik dalam memberikan kontribusi terhadap pengembangan perusahaan.

Contoh kontribusi yang bisa dilakukan seperti memiliki keahlian yang tinggi dalam presentasi, sehingga perusahaan lain bisa dengan mudah melakukan kerja sama.

2. Mengadakan Program Pelatihan

sumber daya manusia

Source : mpssoft.co.id

Strategi pengembangan sumber daya manusia yang dapat suatu perusahaan lakukan selanjutnya adalah mengadakan sebuah program pelatihan.

Dimana dalam program pelatihan ini nantinya akan diikuti oleh seluruh karyawan perusahaan untuk diberikan skill training, pelatihan ulang, creativity training, cross functional training, atau team training.

Semua program pelatihan ini memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing yang tentunya akan memberikan manfaat kepada perusahaan.

Seperti skill training yang dilakukan untuk melatih dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh setiap karyawan, dan lain sebagainya.

3. Memberikan Kesempatan Untuk Menuangkan Ide

sumber daya manusia

Source : blog.gamatechno.com

Strategi pengembangan SDM yang terakhir adalah dengan memberikan kesempatan kepada setiap karyawan untuk menyalurkan ide yang dimilikinya.

Perusahaan harus mampu mendengar dan mempertimbangkan ide yang mereka berikan karena umumnya ide-ide tersebut akan memberikan feedback yang baik untuk perusahaan.

Selain ada sisi baiknya bagi perusahaan, dengan menyetujui idea tau gagasan ini, akan membuat mereka merasa dihargai.

Strategi pengembangan ini juga akan membentuk sumber daya manusia yang memiliki kualitas.

Kualitas sumber daya manusia tersebut meliputi :

  1. Mental

Kualitas mental pada SDM merupakan kualitas yang sangat penting, karena hal ini merupakan pendorong untuk mengadakan perubahan peningkatan kualitas lainnya.

  1. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting sebagai petunjuk SDM yang berkualitas.

Pendidikan dapat menambah pengetahuan baik secara langsung atau tidak langsung menyangkut pekerjaan, maupun mengenai cara dan teknik menyelesaikan suatu tugas secara tepat guna.

  1. Kesehatan

Tolak ukur kesehatan sumber daya manusia dapat diukur dari pemenuhan kebutuhan dalam hal gizi dan nutrisi.

Pemenuhan kebutuhan ini akan diperoleh jika upah seorang pekerja yang cukup yang dapat memenuhi kebutuhan fisik minimum.

Baca juga Keanekaragaman Makhluk Hidup : Ciri & Cara Beradaptasinya

Manajemen Sumber Daya Manusia

sumber daya manusia

Source : 4.bp.blogspot.com

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik.

Sumber daya manusia ini dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan.

Oleh karena itu, perlu dilakukannya manajemen sumber daya manusia sebagai suatu program aktivitas.

Program ini dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan SDM, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakannya untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.

Beberapa referensi mengemukakan bahwa manajemen ini memiliki peranan yang sangat penting untuk sumber daya manusia.

Manajemen adalah aktivitas perencanaan pengorganisasian, pengarahan dan pengkoordinasian dengan mempergunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

1. Staffing atau Employment

Sumber daya manusia

Source : olxpeople.com

Fungsi pertama dari manajemen SDM adalah pengelolaan terhadap tenaga kerja organisasi atau yang dikenal dengan staffing.

Dalam penerapannya, staffing ini dilakukan dalam 3 langkah yaitu perencanaan, penarikan dan seleksi untuk mendapatkan SDM  yang berkualitas.

2. Performance Evaluation

sumber daya manusia

Source : questionpro.com

Perusahaan mempekerjakan seseorang untuk bekerja pada manajemen SDM memiliki tanggung jawab terhadap serangkaian pembinaan dan pengawasan tenaga kerja.

Hal ini memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi karyawan atau calon karyawan terpilih dimana hal ini dilakukan berdasarkan standar yang ditetapkan divisi SDM.

3. Compensation

sumber daya manusia

Source : sdmindonesia.com

Fungsi lain dari manajemen SDM adalah mengatur gaji atau kompensasi karyawan dalam suatu perusahaan.

Hal ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan perusahaan atas kinerja karyawan dimana gaji ini akan memberikan pengaruh signifikan dalam iklim kerja organisasi.

4. Training and Development

sumber daya manusia

Source : irba.co.id

Fungsi selanjutnya dari manajemen SDM adalah mengadakan pusat pelatihan untuk seluruh elemen SDM dalam suatu perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk membuat karyawan bertanggung jawab untuk memberikan solusi terhadap kendala yang dialami karyawan untuk memaksimalkan kinerja karyawan.

5. Employee Relation

sumber daya manusia

Source : hrasiamedia.com

Tugas dan tanggung jawab manajemen SDM juga dalam upaya untuk membangun relasi dengan pihak  terkait lainnya melalui tenaga kerja seperti serikat pekerja.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif bagi karyawan karena permasalahan dapat diatasi dengan baik serta untuk menghindari kemungkinan karyawan melakukan demonstrasi.

6. Personal Research

sumber daya manusia

Source : rse.org.uk

Tugas utama dari manajemen SDM adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh setiuao karyawan dalam lingkungan perusahaan.

Manajemen SDM harus melakukan analisis terhadap setiap permasalahan seperti PHK dan memberikan solusi yang tepat untuk menghindarikaryawan dari hal yang bisa mengganggu kinerjanya.

7. Safety and Health

sumber daya manusia

Source : myjob.news

Lingkungan yang kondusif, aman dan sehat tentunya dapat membuat karyawan bekerja dengan lebih maksimal.

Salah satu tugas dan tanggung jawab manajemen SDM adalah memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja bagi SDM dalam organisasi.

makhluk hidup
Previous Post
Keanekaragaman Makhluk Hidup : Ciri & Cara Beradaptasinya
gotong royong
Next Post
Gotong Royong : Budaya Yang Harus Dilestarikan

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!