15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
sayur sayuran

Manfaat Sayur Sayuran Hidroponik dan Organik dan Bahayanya bagi Ibu Hamil

0 Comments

Mengonsumsi sayur sayuran menjadi salah satu cara paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membuat hidup lebih sehat.

Sayur sayuran merupakan bahan pangan yang mengandung kadar air yang tinggi yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar  atau dimasak dan diolah terlebih dahulu.

Disebut sebagai jenis makanan sehat karena sayur sayuran adalah sumber penting dari banyak nutrisi seperti potassium, asam polat, serat, vitamin, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayur Sayuran Hidroponik

sayur sayuran

Source: rukita.co

Hidroponik merupakan sebuah metode menanam yang memanfaatkan air sebagai media tumbuh yang berarti tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya.

Kelebihan menanam dengan menggunakan metode ini adalah tidak memerlukan lahan yang luas, tanaman dapat tumbuh lebih cepat, dan tidak memerlukan banyak air karena akan terus disirkulasi.

Selain itu, tanaman yang dihasilkan melalui metode penanaman ini juga akan lebih bersih dan steril, bebas hama, dan kandungan gizinya lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida.

Sayur sayuran yang biasa ditanam dengan metode ini diantaranya adalah sawi, kubis, bayam, kangkung, selada, tomat, cabai, timun, dan kacang.

Cara Menanam Sayur Sayuran Hidroponik

sayur sayuran

Source: hidroponikstore.com

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan jika ingin budidaya tanaman dengan metode hidroponik, diantaranya adalah:

1. Cara menanam sayur sayuran hidroponik secara NFT

sayur sayuran

Source: i.ytimg.com

Cara menanam sayur-sayuran hidroponik secara NFT (Nutrient Film Technique) adalah dengan menanam akar tanaman pada bagian lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi.

NFT ini menjadi cara yang paling populer dan sering digunakan oleh para petani hidroponik karena tanaman akan mendapat lebih banyak nutrisi, oksigen, dan air.

Cara menanam secara NFT ini adalah dengan melubangi pipa atau talang dengan jarak yang sama lalu beri penampung yang lebih rendah dan alirkan air dengan menggunakan pompa.

2. Cara menanam sayur sayuran hidroponik secara wick

sayur sayuran

Source: i2.wp.com

Cara kedua dalam menanam tanaman hidroponik adalah dengan mengggunakan metode wick.

Metode ini terbilang lebih mudah karena menggunakan bahan-bahan yang lebih murah dan lebih mudah di dapat seperti botol bekas air mineral.

Untuk melakukannya, kamu dapat menyiapkan botol air mineral kemudian belah menjadi dua bagian dan letakkan bagian moncong botol menghadap ke bawah dan sambungkan dengan bagian belahan lain.

Setelah itu, pasang sumbu kompor atau kain flannel pada tutup botol yang telah dilubangi dan pastikan bahwa sumbu atau kain tersebut dapat menyerap air.

Sayur Sayuran Organik

Sayur Sayuran

Source: i0.wp.com

Sayur sayuran organik merupakan sayuran yang sangat menghindari penggunaan bahan atau zat kimia dalam proses penanamannya.

Memang hampir mirip dengan sayur sayuran yang ditanam secara hidroponik karena yang membedakan hanyalah media tanamnya saja.

Dimana sayur-sayuran yang ditanam secara organik ini tetap menggunakan media tanam tanah hanya saja tidak menggunakan bahan kimia apapun dalam seluruh proses penanamannya.

Meskipun media tanamnya berbeda, namun menanam sayur sayuran dengan kedua teknik tersebut sama-sama memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya adalah lebih kaya akan nutrisi, bebas dari zat kimia beracun dan residu pestisida, serta lebih ramah lingkungan.

Manfaat Sayur Sayuran

sayur sayuran

Source: himagrinunusia.files.wordpress.com

Seperti yang kita ketahui, sayur sayuran ini memang memiliki banyak sekali manfaat.

Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayur sayuran:

  • Dapat mengontrol kadar gula darah dan dapat menyembuhkan resistensi insulin
  • Mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker
  • Membantu meningkatkan sistem imun yang menjadi perlindungan untuk mencegah datangnya berbagai jenis penyakit
  • Dapat meningkatkan penglihatan dan mengobati masalah kulit
  • Efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Mampu mencegah dan mengurangi stress berlebih
  • Mampu membersihkan racun dalam tubuh (detoxifikasi)
  • Mencegah kecacatan pada bayi
  • Menyehatkan kulit
  • Memperkuat gigi dan tulang
  • Menjadi sumber energy bagi tubuh

Baca juga Beragam Manfaat Kunyit dari Rimpang hingga Daunnya

Sayur Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

sayur sayuran

Source: alimustikasari.com

Masa kehamilan memang merupakan masa yang paling rentan sehingga asupan yang dikonsumsi pun harus lebih diperhatikan.

Meskipun sayur sayuran memiliki banyak sekali manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya, namun ada beberapa jenis sayur sayuran yang ternyata berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil loh.

Berikut beberapa sayur sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

· Tauge mentah

sayur sayuran

Source: natur-e.co.id

Makan bakso, gado-gado, ketoprak, soto ayam, dan asinan memang enak ditambahkan dengan tauge mentah.

Namun, tahukah kamu bahwa tauge mentah ini menjadi salah satu sayur sayuran yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Pasalnya, lingkungan lembap yang dibutuhkan untuk menanam tauge mentah ini dapat menjadi tempat yang sangat ideal bagi pertumbuhan bakteri-bakteri berbahaya.

Dan yang paling mengerikan adalah bakteri tersebut hampir tidak mungkin untuk dibilas.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengolah terlebih dahulu tauge sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

· Pare

sayur sayuran

Source: i1.wp.com

Meskipun pare menjadi salah satu jenis makanan sehat, namun sayuran ini dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ini karena mengonsumsi pare dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, sakit perut, keram, dan diare, serta dapat memengaruhi kadar gula darah pada ibu hamil dan ibu menyusui.

· Lalapan yang tidak dicuci bersih

sayur sayuran

Source: cdn-cas.orami.co.id

Lalapan yang sering dijadikan sebagai pelengkap makanan juga bisa menjadi salah satu sayur ayuran yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lalapan seperti kol, mentimun, dan selada yang tidak dicuci baik dapat terkontaminasi oleh bakteri-bakteri dan parasit berbahaya seperti  E. coli, Salmonela, Toxoplasma, dan Listeria.

Kontaminasi ini dapat terjadi kapan saja, baik itu selama proses produksi, panen, penyimpanan, atau pada proses pengangkutan.

Bakteri-bakteri dan parasit yang mungkin tertinggal di dalam sayur sayuran tersebut dapat menjadi penyebab munculnya beberapa jenis penyakit bahkan dapat menyebabkan cacat lahir.

· Daun papaya dan pepaya muda

sayur sayuran

Source: ulyadays.com

Daun pepaya menjadi jenis sayur sayuran lain yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang tengah mengandung sebab mengandung zat aktif yang dapat menjadi racun bagi rahim.

Tak hanya itu, bagian buah pepaya muda yang diolah pun sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena mengandung getah dan papain yang berbahaya.

Bahkan, kandungan tersebut mampu memicu kontraksi uterus yang dapat menjadi penyebab persalinan dini.

· Pete dan jengkol

sayur sayuran

Source: asset-a.grid.id

Pete dan jengkol sebenarnya merupakan jenis sayur sayuran yang boleh dikonsumsi ketika masa kehamilan karena memiliki banyak manfaat.

Namun, mengonsumsi kedua jenis sayur sayuran yang terkenal akan aromanya ini secara berlebihan dapat memberikan efek yang buruk pada ibu hamil.

Pete dengan kandungan proteinnya yang tinggi akan menyebabkan efek buruk pada ginjal serta dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Sementara mengonsumsi jengkol secara berlebihan ketika hamil dapat menyebabkan keracunan bila menumpuk di dalam ginjal.

Ini karena jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang berbahaya yang dapat menyebabkan pendarahan saluran kencing, sulit melahirkan, hingga gagal ginjal.

manfaat kunyit
Previous Post
Beragam Manfaat Kunyit dari Rimpang hingga Daunnya
buah buahan
Next Post
Hati-Hati! Jangan Simpan Buah Buahan Ini di Kulkas

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!