15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
proposal pembangunan masjid

Proposal Pembangunan Masjid

0 Comments

Masjid adalah salah satu tempat suci yang digunakan oleh umat Islam sebagai tempat ibadah.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga sering digunakan sebagai sarana untuk mencari ilmu agama atau dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk bermusyawarah dalam mengambil suatu keputusan.

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia, tentu Indonesia memiliki banyak masjid yang berdiri di setiap daerahnya.

Meskipun banyak masjid Indonesia yang berdiri kokoh, pada kenyataannya masih banyak masjid yang tidak memiliki kelayakan atau sudah rusak dan butuh renovasi serta masih banyak daerah yang belum memiliki fasilitas tempat ibadah satu ini.

proposal pembangunan masjid

source: https://belajargiat.id/

Maka dari itu, banyak masyarakat yang memiliki niat untuk merenovasi atau membangun masjid dan menara masjid di beberapa tempat.

Namun dalam proses pembangunannya, diperlukan biaya yang cukup besar.

Sehingga bagi beberapa masyarakat, untuk membangun tempat yang dianggap  penting ini mereka mendapatkan dana dari iuran warga atau dengan mengajukan proposal kepada para donatur.

Untuk itu alangkah baiknya kamu mengetahui bagaimana cara membuat proposal pembangunan masjid yang baik dan benar sehingga dapat menarik para donatur untuk berdonasi dalam kegiatan pembangunan tempat suci ini.

Proposal sendiri adalah tulisan yang dibuat untuk kemudian di distribusikan kepada pihak-pihak tertentu dengan tujuan menjelaskan rencana suatu kegiatan kepada para pembaca agar mereka dapat memahami maksud dan tujuan diadakannya suatu kegiatan secara lebih jelas dan detail.

Dalam kasus ini, proposal yang dibuat bertujuan untuk mendapatkan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan pembangunan masjid.

Proposal ini haruslah memenuhi syarat-syarat di bawah ini :

  1. Harus memiliki struktur yang sangat jelas agar mudah dimengerti.
  2. Hasil dari kegiatannya harus terstruktur.
  3. Rumusan jenis kegiatnnya harus ditulis secara detail.
  4. Tulis anggaran dana yang diperlukan secara realistis.

 

Dalam proses pembuatan proposal, harus memperhatikan beberapa hal. Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan sebuah proposal ? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun sebuah proposal.

-Penyusunan proposal hendaknya dilakukan oleh orang yang ahli dan memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

-Mempersiapkan bahan-bahan atau informasi yang diperlukan yaitu infomasi hasil kesepakatan seluruh panitia.

-Panitia pengurus dan penyusun proposal bermusyawarah untuk membahas dan merevisi terlebih dahulu.

-Setelah sempurna, proposal dapat diperbanyak untuk kemudian di distribusikan kepada pihak-pihak yang dituju.

 

Sistematika pembuatan proposal :

  1. Pendahuluan. Yang mencakup :

– Latar Belakang

– Maksud dan Tujuan

– Dasar Hukum

  1. Isi. Yang mencakup :

– Nama Kegiatan

– Sumber dana

– Rencana Anggaran Biaya

– Susunan Panitia

  1. Penutup

 

Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Sebagai referensi pembuatan proposal, berikut contoh dari proposal pembangunan masjid yang coba kami buat.

 

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA

 

[Logo Masjid]

 

PEMBANGUNAN MASJID

MASJID AL-MASDUKI

Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut

 

 

 

I.PENDAHULUAN

I.I Latar Belakang

Masjid tidak hanya sebagai tempat shalat saja namun juga sebagai tempat pendidikan untuk mendapat ilmu agama serta tempat pembinaan persatuan dan kesatuan umat Islam khususnya masyarakat di sekitar Masjid Al-Masduki Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut.

Dalam beberapa kegiatan rutin masjid seperti Shalat Jumat dan beberapa kegiatan pada bulan Ramadhan, saat ini ruang Masjid Al-Masduki sudah tidak mampu untuk menampung jumlah jamaah yang ada.

Sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdasarkan usulan warga, kami selaku Panitia Pembangunan Masjid Al-Masduki akan melakukan renovasi total untuk memberikan kenyamanan dalam beribadah.

I.II Maksud dan Tujuan

Maksud dari pembangunan Masjid Al-Masduki ini antara lain untuk membangun gedung masjid dan memperbaiki beberapa fasilitas seperti tempat wudhu serta untuk menampung jumlah jamaah sehingga dapat meningkatkan kekhusyuan dalam beribadah.

Tujuan dari Pembangunan Masjid Al-Masduki adalah :

1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

2.Dapat menampung jamaah dengan kapasiats yang besar sehingga tercipta suasana yang lebih kondusif.

3.Ikut serta menyiapkan generasi unggul melalui pendidikan Islam di lingkungan sekitar khususnya di sekitar Masjid Al-Masduki di Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut

I.III Dasar Hukum

Adapun yang menjadi Dasar Hukum kegiatan ini adalah :

a.Sebagai umat Islam kita harus yakin akan kebenaran Firman Allah SWT dalam Al-Quran

“Tidaklah pantas para orang musyrik memakmurkan masjid Allah, padahal nyatanya mereka mengetahui bahwa mereka sendiri itu kafir. Mereka akan sia-sia amalnya, dan mereka akan kekal di dalam neraka.”

“Sesungguhnya yang memanfaatkan masjid hanyalah orang-orang yang percaya kepada Allah dan hari setelah kehidupan dunia, serta  selalu mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) kecuali takut kepada Allah SWT. Maka semoga mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” Q.S At Taubah ayat 17 sampai 18.

“Ibarat orang yang menginfaq-kan hartanya di jalan Allah itu seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkainya berjumlah seratus biji. Allah menjanjikan untuk melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui” –  Q.S Al Baqarah ayat 261.

b.Hadist, sunnah, ketetapan Nabi Muhammad SAW

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun semisal itu di surge baginya.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533)

  1. Nama Kegiatan

Pembangunan Masjid Al-Masduki Demi Terciptanya Kenyamanan dalam Beribadah di Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut

III. Sumber Dana

1.Swadana masyarakat Desa Babakanloa

2.Donatur

3.Sumber dana alain yang halal dan tidak mengikat

  1. Rencana Anggaran Biaya

Adapun anggaran dana pembangunan Masjid Al-Masduki tertera pada tabel di bawah ini :

No. Uraian Kegiatan Kuantiti (m) Harga/meter Jumlah Harga
1. Kramik lantai 5 Rp. 100.000 Rp. 500.000
2.
dst. dst.
Total Anggaran Dana Rp. …

 

  1. Susunan Panitia

Adapun susunan Panitia Pembangunan Masjid Al-Masduki

Susunan Panitia Pembangunan Masjid Al-Masduki
Nama masjid Masjid Al-Masduki
Alamat Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut
DKM
Ketua Panitia
dst.

 

  1. Penutup

Kami sebagai panitia pembangunan Masjid Al-Masduki mewakili seluruh warga Desa Babakanloa Kec.Pangatikan Kab.Garut, berharap Bapak/Ibu/Saudara/I para donatur dapat membantu meringankan biaya pembangunan Masjid Al-Masduki.

Para donatur dapat menyalurkan bantuan melalui rekening masjid Bank BRI Syariah No.Rek 102.345.6789 atas nama Masjid Al-Masduki atau dengan cara langsung menemui panitia/pengurus masjid di alamat yang tercantum pada halaman proposal.

Tidak lupa kami memohon maaf kepada Bapak/Ibu/Saudara/I apabila kami beserta proposal pembangunan masjid untuk permohonan bantuan dana ini telah mengannggu aktivitas Bapak/Ibu/Saudara/i.

Demikian kiranya proposal ini kami buat agar pembangunan Masjid Al-Masduki dapat segera ditindaklanjuti. Kami berdoa agar para dermawan sekalian tetap diberikan nikmat kesehatan serta selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Itulah contoh proposal pembangunan masjid, tak lupa lampirkan cap serta tanda tangan panitia dan pengurus masjid.

Masjid Menara Nabawi
Previous Post
Fakta Unik Menara Masjid Yang Tinggi Dan Megah
Desain Masjid Minimalis
Next Post
4 Desain Masjid Minimalis Modern

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!