15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0

Hati – Hati Saat Ingin Melakukan Pinjaman Online OJK

0 Comments

Untuk para pengusaha, mencari pinjaman online OJK adalah cara yang tepat untuk menambah dana operasional. Saat ini, kebutuhan masyarakat semakin besar.

Banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti biaya pendidikan, kesehatan, rumah, makanan, dll. Kamu tentu berusaha untuk mencukupi semua biaya tersebut.

Jika penghasilan yang dimiliki mencukupi besarnya biaya hidup, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar. Akan tetapi, seringkali banyak kebutuhan mendadak yang tidak bisa dihindari. Hal inilah yang memicu banyak masyarakat yang menggunakan pinjaman sebagai salah satu solusi dari masalah keuangan yang mereka miliki.

Banyak pengusaha yang mencari dana dengan mencari investor, akan tetapi investor juga mempunyai persyaratan yang tidak mudah. Salah satu pilihan tempat pinjaman adalah bank.

Akan tetapi, bank mungkin mensyaratkan beberapa dokumen yang seringkali tidak bisa dilengkapi oleh nasabah. Dalam kondisi ini, kamu mungkin berminat untuk mendapatkan pinjaman online. Salah satunya adalah pinjaman online yang diatur oleh OJK.

Pinjaman online OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan salah satu bentuk pinjaman yang dilakukan dengan menggunakan layanan online dan diatur oleh OJK sebagai lembaga keuangan yang memiliki fungsi pengawasan terhadap para penyedia jasa pinjaman online.

Bagi kamu yang memiliki masalah keuangan dan membutuhkan biaya besar dalam waktu yang cepat, maka pinjaman online bisa menjadi salah satu solusi dari masalah yang kamu miliki.

Pinjaman Online OJK yang Terdaftar di Indonesia

Pinjaman Online OJK

Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu memilih penyedia pinjaman online atau fintech lending yang telah terdaftar di OJK. Pendaftaran fintech lending dilakukan sebelum pengoperasian perusahaan tersebut. Selain itu, fintech lending juga harus membuat pengajuan perizinan untuk beroperasi dari OJK.

Berikut ini beberapa fintech lending yang telah terdaftar di OJK yang bisa kamu pilih. Beberapa diantaranya bisa dioperasikan dengan menggunakan sistem operasi yang ada di Android, iOS, maupun keduanya.

  • Danamas oleh PT Pasar Dana Pinjaman

Jika kamu menggunakan sistem operasi Android, kamu bisa memilih pinjaman online dari Danamas yang dikelola oleh PT Dasar Dana Pinjaman. Fintech Lending Danamas telah terdaftar dan memiliki izin beroperasi dari OJK sejak tanggal 6 Juli 2017. Sehingga, kamu tak perlu khawatir terhadap keabsahan dari pinjaman online ini.

  • PinjamanGO oleh PT Dana Pinjaman Inklusif

Jika kamu menggunakan sistem operasi Android dan iOS, kamu bisa memilih pinjaman online dari PinjamanGO yang dikelola oleh PT Dana Pinjaman Inklusif. Fintech lending ini juga telah terdaftar dan memiliki izin operasi dari OJK. Kamu tak perlu khawatir tentang kemungkinan adanya penipuan dari pinjaman online ini.

  • Amartha oleh PT Amartha Mikro Fintek

Apabila kamu memiliki unit usaha baik mikro maupun maupun makro dan membutuhkan banyak uang sebagai modal, kamu bisa mengajukan pembiayaan pada fintech lending Amartha yang dikelola oleh PT Amartha Mikro Fintek. Lembaga penyedia pinjaman online ini juga menyediakan pinjaman berkelompok dengan masa pelunasan yang bervariasi yaitu sekitar 3, 6, hingga 12 bulan.

Kamu dapat membentuk kelompok peminjam dan meminjam dana mulai dari tiga juta rupiah. Hal yang perlu kamu ketahui adalah Amartha hanya akan melayani peminjam yang tinggal dan memiliki usaha di wilayah kerja Amartha. Selain itu, Amartha juga dapat diakses dengan menggunakan sistem operasi Android.

  • DOMPET Kilat oleh PT Indo Fin Tek

Jika kamu membutuhkan besaran dana yang besar dalam waktu yang sempit, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan pinjaman online pada DOMPET Kilat. Aplikasi pinjaman online ini bisa dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Android yang dikelola oleh PT Indo Fin Tek.

Saat ini setidaknya ada 1468 peminjam aktif yang tergabung pada aplikasi DOMPET Kilat. Sementara itu, total nasabah yang telah meminjam uang di DOMPET Kilat adalah sebesar 20773 peminjam.

Aplikasi pinjaman online ini juga telah terdaftar di OJK. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terhadap validitas dan keabsahan dari pinjaman online ini.

  • Kredit Pintar oleh PT Kredit Pintar Indonesia

Pinjaman online lain yang bisa kamu pilih adalah Kredit Pintar. Aplikasi ini bisa diakses dengan menggunakan sistem operasi Android. Pinjaman online Kredit Pintar dikelola oleh PT Kredit Pintar Indonesia, Ada berbagai macam keuntungan yang diperoleh jika meminjam uang melalui Kredit Pintar.

Salah satunya adalah waktu pemrosesan pinjaman yang cukup cepat. Kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk mengisi formulir pinjaman. Sedangkan proses verifikasinya dan pencairan dana hanya butuh waktu 1 x 24 jam saja. Sehingga, Kredit Pintar cocok bagi para nasabah yang membutuhkan dana cepat.

Selain itu, kamu juga bisa mencicil pinjaman online di Kredit Pintar melalui berbagai macam cara seperti transfer rekening ATM, m-banking, dan AlfaGroup.

Pengalaman Tidak Membayar Pinjaman Online

Pinjaman online OJK memang memberikan kemudahan untuk kamu yang sedang membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat.

Tapi, kamu jangan pernah berpikir atau berniat untuk tidak membayar pinjaman online. Mengapa? Ada banyak kasus yang terjadi ketika ketika nasabah tidak membayar pinjaman online.

Jika kamu tidak membayar online, maka kamu akan mendapatkan tagihan dalam beberapa bentuk seperti sms atau WA dan telepon.

Bahkan, ada beberapa pengalaman dimana nomor telepon atau kontak darurat dan kantor dari nasabah akan dihubungi oleh penyedia pinjaman online.

Mereka akan mencoba untuk memaksa nasabah agar mau segera membayarkan pinjaman online. Kamu bisa bayangkan jika tiba- tiba kantor tempatmu bekerja mendapatkan telepon dari Fintech Lending agar kami membayar pinjaman online.

Mengerikan bukan? Oleh karena itu, segeralah melunasi pinjaman online yang kamu miliki sebelum jatuh tempo agar tidak terjadi hal – hal yang buruk.

Kasus Pinjaman Online

Pinjaman online OJK tidak selamanya memberikan kemudahan. Ada beberapa kasus yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman online.

Hal ini bisa terjadi jika kamu tidak membayar pinjaman online atau membayar di luar jatah tempo yang dilakukan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja kasus yang pernah terjadi dalam pinjaman online termasuk beberapa bahayanya.

  • Bahaya Pinjaman Online

Salah satu bahaya pinjaman online yang mungkin kamu temui adalah bunga yang sangat tinggi dan berlipat. Sehingga, kamu harus siap menanggung segala tagihan dari pinjaman online yang dibuat.

Selain itu, data pribadi yang kamu kumpulkan saat mendaftar di fintech lending juga bisa bocor ke beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa terjadi jika kamu meminjam pada fintech lending yang tidak terdaftar di OJK.

  • Penagihan Pinjaman Online

Jika kamu meminjam uang lewat pinjaman online, maka kamu akan menemukan beberapa cara penagihan yang biasanya dilakukan oleh fintech lending. Kamu mungkin akan ditagih melalui SMS, WA, dan telepon terlebih dahulu.

Jika masih mangkir, maka kontak darurat dan nomor kantor tempatmu bekerja bisa dihubungi oleh debt collector dari pinjaman online.

Selain itu, jika masih mangkir, maka kemungkinan debt collector akan datang ke tempat tinggal atau tempatmu bekerja. Maka dari itu, pastikan kamu membayar pinjaman online sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

  • Kabur dari Pinjaman Online

Kabur dari tunggakan pinjaman online hanya akan merugikanmu. Mengapa? Fintech lending akan memasukkan nama para nasabah yang kabur dari pinjaman online dalam sistem SLIK OJK.

Sistem ini digunakan oleh bank untuk mengecek bagaimana riwayat pinjaman dari calon debitur.

Oleh karena itu, jika namamu tercantum dalam SLIK OJK dengan riwayat penunggakan pinjaman online atau bahkan kabur, maka ada kemungkinan kamu tidak bisa melakukan pinjaman di bank lagi.

  • Resiko Tidak Bayar Pinjaman Online

Resiko lebih besar juga akan kamu alami jika tidak membayar pinjaman online. Para debt collector bisa saja menyita beberapa barang atau aset yang dimiliki oleh nasabah.

Hal ini dilakukan untuk menggantikan uang yang mereka pinjam. Oleh karena itu, jika kamu tak ingin barang berhargamu disita oleh pihak fintech lending, kamu harus membayar pinjaman online tepat waktu.

Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet

Pinjaman online OJK menjadi salah satu solusi jika kamu membutuhkan dana yang besar dalam waktu yang singkat. Mengingat banyaknya penyedia pinjaman online, kamu bisa memilih fintech lending mana yang menawarkan pinjaman online langsung cair tanpa proses yang rumit. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Dana Rupiah

Dana Rupiah dikelola oleh PT Layanan Keuangan Berbagi. Pinjaman online ini memberikan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan peer to peer lending. Kamu bisa meminjam uang sebesar 400 ribu hingga 8 juta rupiah dengan masa pinjaman 2 bulan. Syarat untuk meminjam adalah WNI dan berusia di atas 18 tahun dengan dibuktikan adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Tunaiku

Kamu juga bisa meminjam uang lewat aplikasi Tunaiku yang menyediakan KTA bagi para debitur yang tidak memiliki kartu kredit. Syarat yang harus dipenuhi untuk meminjam uang adalah WNI, berusia 21 – 55 tahun, memiliki penghasilan yang tetap dan rekening bank serta bekerja atau tinggal di area kerja Tunaiku. Kamu bisa meminjam uang sejumlah 500 ribu hingga 20 juta dengan waktu pinjaman selama 20 bulan.

  • Dana Bijak

Jika kamu memiliki unit usaha mikro yang memulai bisnis online dari nol dan tinggal di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, maka kamu bisa meminjam sejumlah uang dari Dana Bijak. Kamu bisa meminjam dana sebesar 400 ribu hingga 3 juta rupiah. Selain itu, kamu bisa mencicil pinjaman online ini dalam kurun waktu 30 hari.

Dana Bijak juga menyediakan keuntungan jika kamu sudah melakukan cicilan tanpa ada keterlambatan. Keuntungan tersebut disebut dengan gamification yaitu pemberian poin kepada para nasabah yang memiliki cicilan bersih. Semakin banyak poin yang kamu dapatkan, maka akan semakin banyak pula besaran dana yang bisa kamu pinjam dari Dana Bijak.

Untuk bisa meminjam dana dari Dana Bijak, kamu harus berusia minimal 21 tahun dan berkewarganegaraan WNI. Selain itu, pendapatan minimal yang kamu miliki adalah sebesar 2.5 juta rupiah.

  • Tunai Kita

 

Jika kamu menginginkan aplikasi pinjaman online yang tidak mensyaratkan slip gaji, maka kamu bisa memilih aplikasi Tunai Kita. Aplikasi pinjaman online ini mensyaratkan beberapa syarat yaitu WNI, berusia minimal 21 tahun, KTP, rekening bank lokal, kontak pribadi, dll.

Untuk dapat meminjam uang dari pinjaman online Tunai Kita, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Tunai Kita yang dapat diunduh dan digunakan di sistem operasi Android. Kamu bisa meminjam uang sebesar 1 – 1.5 juta rupiah.

Selain itu, waktu untuk mencicil pinjaman online adalah selama 10 hingga 30 hari. Besarnya bunga yang harus dibayarkan adalah 0.95% per hari.

Pinjaman Online Ilegal

Pinjaman online OJK merupakan salah satu pinjaman yang legal dan terdaftar di OJK. Sebaliknya, pinjaman online ilegal tidak terdaftar dan kemungkinan besar akan merugikan para nasabah. Ada beberapa alasan mengapa pinjaman online ilegal beresiko merugikan para nasabah.

Salah satunya adalah tingginya bunga yang ditetapkan. Jika kamu meminjam dari pinjaman online ilegal dan kreditmu macet, maka besar kemungkinan kamu akan mendapatkan bunga yang berkali lipat dari bunga awal. Selain itu, denda yang dibebankan oleh pinjaman online ilegal juga sangat tinggi.

Sehingga, kamu mungkin harus membayar cicilan dengan nominal jauh lebih besar dibandingkan dengan nominal uang yang kami pinjam. Pinjaman online ilegal juga seringkali mengalami kebocoran data nasabah. Sehingga, data pribadi yang kamu miliki bisa disebarkan kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu pinjaman online mana saja yang ilegal dan perlu kamu hindari. Berikut ini beberapa pinjaman online yang ilegal menurut OJK.

  • Multipoint
  • Rupiah Jaya
  • Dana Dana
  • Super R
  • Pinjam Segera
  • Dompet Gajah
  • Modal Andalan
  • Cair Dana
  • Dompet Sahabat
  • Uang Dompet
  • Star Bag
  • Katupat
  • Dana Plus
  • Dana Tunai
  • Dana Me
  • Cepat GO
  • KreditQ
  • Adana
  • Dana Amanah

Pinjaman Online Pribadi

Jika kamu ingin memenuhi kebutuhan pribadi, kamu bisa menggunakan layanan pinjaman online pribadi. Layanan pinjaman online ini menawarkan proses transaksi yang lebih cepat dan lebih aman. Kamu bisa memperoleh dana dalam kurun waktu 1 hingga 2 hari setelah pengajuan. Berikut ini beberapa pinjaman online pribadi yang bisa kamu pilih:

  • KTA Kilat

Kamu bisa meminjam dana di KTA Kilat yang telah terdaftar di OJK. Aplikasinya dapat kamu unduh di Google Playstore bagi para pengguna Android. Beberapa syarat yang harus kamu penuhi adalah KTP, aplikasi yang diunduh, dan berusia minimal 18 tahun. Nantinya, uang akan diproses selama 15 menit hingga 48 jam bergantung dari proses verifikasi data yang dikumpulkan.

  • OVO PayLater

Pinjaman online ini cocok bagi kamu yang sering berbelanja secara online. Dengan menggunakan OVOPayLater kamu dapat mencicil transaksi keuangan dari setiap pembelanjaan online yang kamu gunakan. Selain itu, OVO PayLater juga bisa digunakan untuk membayar beberapa tagihan tertentu.

  • Uang Teman

Jika kamu membutuhkan dana untuk keperluan mendesak atau emergency loan, kamu bisa menggunakan bantuan dana pinjaman online Uang Teman. Nantinya, dana tersebut akan diproses setidaknya 2 hari kerja setelah pengajuan peminjaman dibuat. Bunga yang dipatok untuk setiap pinjaman adalah sebesar 0.8% per harinya.

Oleh karena itu, Uang Teman cocok digunakan jika kamu memiliki keperluan pribadi yang mendesak dan bisa dicicil dalam kurun waktu harian.

  • Kredivo

kredivo

Apabila kamu membutuhkan dana pinjaman online yang dapat diangsur dalam waktu bulanan, maka kamu bisa menggunakan Kredivo. Aplikasi pinjaman online ini menawarkan besaran bunga sebesar 2.6% per bulan.

Sehingga, nilai bunganya jauh lebih sedikit dibandingkan pinjaman online harian. Selain itu, kamu bisa mendaftar dan mengajukan pinjaman dalam waktu yang sangat cepat dan prosedur yang mudah.

Masjid 99 Kubah
Previous Post
19 Masjid Indonesia Yang Paling Megah dan Bersejarah
Memiliki Kosakata yang Tinggi
Next Post
Bukan Anak Pintar Saja, Tapi Juga Cerdas

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!