15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
perkebunan kelapa sawit

Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

0 Comments

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia serta negara dengan lahan panen atau perkebunan kelapa sawit terluas di dunia.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), luas perkebunan kelapa sawit Indonesia pada tahun 2019 diperkirakan mencapai 11,75 juta ha.

Luas ini sama dengan 49,5% dari total keseluruhan dunia yang mencapai 23,74 ha.

Lalu pada akhir tahun 2019 tepatnya pada bulan Desember, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa luas perkebunan kelapa sawit Indonesia telah naik mencapai 14,32 juta ha.

Indonesia sendiri menggeser posisi Malaysia yang sebelumnya menempati posisi pertama sebagai penghasil dan pemilik perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia selama bertahun-tahun.

Dimana Malaysia hanya memiliki 5,3 juta ha atau sekitar 23% dari total dunia yang menjadikannya sebagai lahan panen kelapa sawit terluas kedua di dunia.

Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Perkebunan Kelapa Sawit

Souce : 2.bp.blogspot.com

Dengan letak geografis dan astronomis Indonesia yang strategis, membuat Indonesia menjadi negara beriklim tropis dimana iklim ini sangat cocok untuk pertumbuhan kelapa sawit.

Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk membangun lahan perkebunan kelapa sawit di berbagai wilayah Indonesia.

Dari 14.32 juta ha lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, beberapa perkebunan tersebut dikelola oleh pihak swasta dan perkebunan rakyat, serta oleh pemerintah.

Rinciannya adalah perkebunan swasta sebesar 8,51 jt ha dengan produksi kelapa sawit yang mencapai 26,57 juta ton.

Lalu, perkebunan kelapa sawit rakyat sebesar 5,05 jt ha dengan produksi kelapa sawit mencapai 13,99 juta ton serta sisanya adalah milik negara atau pemerintah.

Meskipun Indonesia adalah negara dengan lahan perkebunan terbesar di dunia, namun tidak semua daratan Indonesia cocok untuk pertumbuhan kelapa sawit ini.

Pulau Sumatera dan Kalimantan adalah daerah tempat yang tepat untuk budidaya dan pengolahan kelapa sawit.

Baca juga Mengenal Pohon Kelapa Sebagai Pohon Sejuta Manfaat

Berikut beberapa perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

1. Riau

Meskipun memiliki jenis tanah gambut yang cenderung mudah terbakar, Provinsi Riau merupakan pemegang luas area perkebunan  kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Terhitung hingga tahun 2019, BPS mencatat luas area perkebunan kelapa sawit di Riau mencapai 2,8 juta ha dengan produksi kelapa sawit mencapai 8,59 juta ton.

Ini berarti, lebih dari seperempat luas Provinsi Riau yang mencapai 8,7 juta ha digunakan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit.

2. Sumatera Utara

Area perkebunan kelapa sawit terbesar kedua di Indonesia dipegang oleh Provinsi Sumatera Utara.

Sumatera Utara terus mengalami peningkatan setiap tahunnya terlihat dari permintaan ekspor minyak nabati  dan lemak CPO (Crude Palm Oil) yang terus meningkat setiap tahunnya.

Terhitung hingga tahun 2019, luas perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara mencapai 1,77 juta ha dimana pada tahun 2016 hanya seluas 1,34 juta ha.

3. Kalmantan Barat

Urutan selanjutnya dipegang oleh Kalimantan Barat, dengan luas area perkebunan kelapa sawit mencapai 1.57 juta ha pada tahun 2019.

Kalimantan Barat adalah daerah dimana perkebunan kelapa sawit pertama di Indonesia berdiri sejak tahun 1980.

Perkebunan ini dikelola oleh perusahaan milik pemerintah PTPN XII yang melakukan kerjasama dengan masyarkat setempat melalui PIR (Perkebunan Inti Rakyat).

4. Kalimantan Tengah

Masih di daerah Kalimantan tepatnya Kalimantan Tengah, luas perkebunan kelapa sawit di daerah ini mencapai 1,57 juta ha yang menyumbang hingga 9 juta ton produksi CPO di Indonesia.

Di Kalimantan Tengah, terdapat hingga 183 perusahaan kelapa sawit baik itu milik pemerintah maupun milik swasta.

5. Sumatera Selatan

Terhitung hingga tahun 2019, Sumatera Selatan memiliki luas lahan perkebunan kelapa sawit mencapai 1.22 juta ha.

Sumatera Utara sendiri merupakan salah satu daerah yang terdaftar pada program replanting atau pindah tanam yang dilakukan oleh pemerintah.

Hingga tahun 2019 sendiri, pemerintah telah menambah lahan perkebunan kelapa sawit yang mengalami replanting di Sumatera Selatan hingga 12 ribu ha.

Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Sebagai negara dengan penghasil dan pemilik lahan perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia menjadi markas dari sederet perusahaan pengelola kelapa sawit.

Beberapa perusahaan pengelola kelapa sawit tersebut bahkan sudah berstatus sebagai perusahaan terbuka dimana sahamnya sudah bisa diperjualbelikan.

Berikut beberapa perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

1. Sinar Mas Agro Resource and Technology

Perkebunan kelapa sawit

Source : 1.bp.blogspot.com

Sinar Mas Agro Resource and Technology atau yang iasa disingkat dengan SMART adalah perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Perusahaan yang beridiri sejak tahun 1962 ini berada di bawah naungan sinar mas group yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja.

Hingga tahun 2019, perusahaan ini telah mengelola lahan perkebunan kelapa sawit lebih dari 137 ribu ha dengan pembagian lahan perusahaan dan lahan plasma petani setempat.

Perusahaan ini menjadi perusahaan dengan pendapatan tertinggi di Indonesia dengan total pendapatan mencapai 36,19 triliun rupiah.

Laba bersih yang di dapatpun sangat fantastis, yaitu mencapai 899 milyar rupiah.

Baca juga Kreasi Menarik Kerajinan dari Tempurung Kelapa

2. Astra Argo Lestari

Perkebunan Kelapa Sawit

Source : images.glints.com

Posisi kedua perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia dipegang oleh Astra Argo Lestari yang telah terjun ke dunia kelapa sawit sejak tahun 1984 di Provinsi Riau.

Perusahaan ini memiliki total area lahan mencapai hampir 287 ribu ha yang terbagi menjadi 217 ribu ha kebun inti dan 69 ribu kebun plasma.

Total pendapatannya mencapai hingga 17.452 miiyar rupiah dengan laba bersih mencapai 211 milyar rupiah.

3. Salim Ivomas Pratama

Perkebunan Kelapa sawit

Source : facsekuritas.co.id

Prusahaan Salim Ivomas Pratama didirikan pada tahun 1992 dan telah menjadi perusahaan terbesar dalam industry hulu dan hilir tanaman sawit di Indonesia.

Terhitung hingga tahun 2019, perusahaan ini telah memiliki lahan perkebunan kelapa sawit hingga 251 ribu ha pendapatan mencapai 13.650 milyar rupiah.

Di bisnis hilir, perusahaan ini telah memiliki hingga 26 pabrik perusahaan kelapa sawit yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Bahkan total kapasitas pengolahannya mencapai hingga 6,8 juta ton per tahun.

4. Dharma Satya Nusantara

perkebunan kelapa sawit

Source : vibiznews.com

Perusahaan Dharma Satya Nusantara merupakan perusahaan di bawah naungan Triputra Group yang telah memulai ekspansi ke bisnis kelapa sawit sejak tahun 1996.

Hingga tahun 2019, perusahaan ini telah memiliki lahan perkebunan mencapai lebih dari 112 ribu ha dengan 85,5 ribu ha untuk perusahaan dan sisanya untuk lahan plasma petani setempat.

Perusahaan ini telah memiliki pendapatan hingga 5.736 milyar rupiah dengan laba bersih mencapai 166 milyar rupiah.

5. PP London Sumatera Indonesia

perkebunan kelapa sawit

Source : cdn-2.tstatic.net

PP London Sumatera Indonesia atau yang biasa disingkat dengan Lonsum adalah perusahaan asal Inggris yang bergerak di industri perkebunan kelapa sawit yang didirikan sejak tahun 1906.

Perusahaan ini telah memiliki area perkebunan kelapa sawit seluas 95 ribu ha yang tersebar secara luas di Pulau Sumatera.

Pendapatan perusahaan ini mencapai hingga 3,69 milyar rupiah dengan laba bersih mencapai 2,52 milyar rupiah.

Kerajinan dari tempurung kelapa
Previous Post
Kreasi Menarik Kerajinan Dari Tempurung Kelapa
Manfaat Air Kelapa Hijau
Next Post
Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil, Bayi Serta Kesuburan

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!