15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
pemandangan gunung

Pemandangan Gunung Terbaik Indonesia

0 Comments

Sebagai salah satu negara yang terletak di tiga lempeng tektonik besar, yaitu Eurasia, Indo-Ustralia dan Pasifik, membuat Indonesia memiliki pemandangan gunung yang menawan.

Setidaknya ada sekitar ratusan gunung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari ujung Sabang sampai ke ujung Merauke.

Tanah air kita tercinta ini juga berada di jalur cincin api Pasifik (Ring of Fire) sehingga beberapa gunung di Indonesia merupakan gunung berapi.

Dari sekian banyaknya gunung yang tersebar di Indonesia, beberapa diantaranya merupakan gunung yang banyak dijadikan sebagai tujuan pendakian favorit.

Untuk kamu yang ingin sekedar menghilangkan penat dari lelahnya aktivitasmu, mendaki gunung bisa menjadi opsi yang tepat.

Dengan mendaki gunung, kamu dapat menikmati indahnya panorama alam yang dimiliki tanah air kita ini.

Dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya dapat kamu jadikan sebagai destinasi untuk kamu daki.

Berikut beberapa gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan terbaik.

Pemandangan Gunung Terindah di Indonesia

pemandangan gunung

Source : lh3.googleusercontent.com

Indonesia adalah salah satu negara yang dikarunia keindahan alam yang sangat memukau, mulai dari lautannya hingga ke pegunungannya semua ada di Indonesia.

Berikut adalah gunung-gunung dengan pemandangan terbaik yang ada di Indonesia.

1. Pemandangan Gunung Rinjani

Pemandangan gunung

Source : lh3.googleusercontent.com

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur yang memiliki ketinggian mencapai 3.726 m di atas permukaan laut (mpdl).

Gunung ini memang menjadi destinasi pendakian yang paling populer karena memiliki panorama alam yang sangat indah dan memukau.

Bahkan dengan keindahan yang dimilikinya ini membuat Gunung Rinjani digadang-gadang merupakan wisata trekking terbaik di Asia Tenggara.

Gunung Rinjani sering disebut sebagai gunung yang sangat lengkap.

Selain memiliki pemandangan sunrise yang menawan, kamu juga dapat menemukan banyak hal ketika mendaki di gunung ini.

pemandangan gunung

Source : superadventure.co.id

Gunung rinjani memiliki sebuh danau yang disebut dengan nama Danau Segara Anak.

Danau ini berada pada ketinggian 2003 mpdl serta merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia dengan luas mencapai 11,3 km2.

Menariknya lagi, di sekitar danau ini terdapat gunung lain yang lebih kecil yang sering disebut sebagai Anak Gunung Rinjani yang terakhir meletus pada tanggal 3 November 2015.

Di sekitar Gunung Rinjani juga terdapat padang savana yang dikenal sebagai Taman Nasional Gunung Rinjadi yang memiliki sekitar 500 spesies tanaman endemik.

Selain itu, jika beruntung saat mendaki gunung ini kamu dapat melihat Upacara Roah Asuhan Gunung yang kerap dilaksanakan penduduk sekitar sebagai permohonana terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Pemandangan Gunung Semeru

Pemandangan gunung

Source : lh3.googleusercontent.com

Gunung Semeru atau Gunung Mahameru adalah gunung yang terletak diantara dua wilayah yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Gunung ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian mencapai 3.676 mpdl.

Sama seperti Gunung Rinjani, Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi yang juga memiliki danau di kaki gunungnya.

pemandangan gunung

Source : katalogwisata.com

Bahkan danau yang ada di Gunung Semeru ini berjumlah tiga buah, yaitu Danau Ranu Pani, Danau Ranu Regulo, dan Danau Ranu Kumbolo.

Di dekat Danau Ranu Pani terdapat sebuah Desa yang merupakan desa tertinggi dengan ketinggian 2.100 mpdl.

Desa Ranu Pani dihuni oleh Suku Tengger, yaitu keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit yang sering menggelar ritual unan-unan.

Sedangkan Danau Ranu Kumbolo adalah danau yang menjadi ikon Gunung Semeru yang memiliki luas hingga 15 hektar.

Di dekat danau ini terdapat sebuah tanjakan dengan kemiringan hampir 45 derajat yang berbentuk menyerupai hati sehingga sering disebut dengan Tanjakan Cinta.

Ketika telah mencapai puncak Gunung Semeru, selain dapat menikmati indahnya sunset, kamu juga dapat melihat Air Terjun Tumpak Sewu yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter.

3. Pemandangan Gunung Ijen

pemandangan gunung

Source : travelspromo.com

Masih di daerah Jawa Timur tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terdapat sebuah gunung bernama Gunung Ijen.

Gunung Ijen merupakan gunung berapi dengan ketinggian mencapai 2.386 mpdl yang letaknya berdampingan dengan Gunung Merapi.

Di gunung ini terdapat sebuah danau kawah yang merupakan danau air asam terbesar di dunia dengan luas sekitar 5.466 hektar dan dengan kaldera setinggi 300-500 meter.

Keunikan lain yang ada di Gunung Ijen adalah adanya fenomena alam langka yang hanya ada dua di dunia.

Fenomena alam tersebut adalah blue fire atau api biru yang hanya dapat kamu saksikan di Islandia, Eropa dan di Gunung Ijen, Jawa Timur ini.

Untuk dapat menyaksikan indahnya fenomena blue fire ini, kamu harus tiba di puncak Gunung Ijen pada sekitar pukul 02.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Blue fire tersebut merupakan gas hasil reaksi pembakaran dari senyawa belerang, sehingga ketika kamu menyaksikan fenomena ini kamu harus menggunakan masker agar tidak tercium bau belerang.

4. Pemandangan Gunung Bromo

pemandangan gunung

Source : tempatwisataunik.com

Selain Gunung Ijen, Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata pegunungan unggulan lainnya yaitu Gunung Bromo yang memiliki ketinggian mencapai 2.329 mpdl.

Gunung Bromo adalah gunung yang berlokasi di empat wilayah berbeda, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Gunung Bromo memang dikenal sebagai gunung yang memiliki panorama alam yang sangat indah karena memiliki sunrise yang menawan serta gumul pasir yang luas.

Di puncak Gunung Bromo, kamu akan dapat melihat kawah Bromo yang berdiameter 800 meer serta Bukit Teletubbies dan padang Savana.

Kamu juga dapat menaiki kendaraan seperti jeep serta kuda untuk menikmati keindahan lautan pasir di sekitar Gunung Bromo ini.

5. Pemandangan Gunung Kelimutu

pemandangan gunung

Source : kelimutu.id

Gunung Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dibandingkan dengan gunung-gunung yang disebutkan di atas tadi, Gunung Kelimutu memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 1.639 mpdl.

Nama Kelimutu sendiri berasal dari kata “Keli” yang berarti gunung dan “Mutu” yang berarti mendidih, ini karena gunung ini memiliki danau dengan air panas di kaki gunungnya.

Danau dikaki Gunung Kelimutu ini berjumlah sebanyak 3 buah yang terbentuk akibat letusan Gunung Kelimutu beberapa tahun silam.

Ketiga danau tersebut diberi nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau biru), Tiwu Ata Polo (Danau merah), dan Tiwu Ata Mbupu (Danau putih).

Uniknya, warna danau tersebut dapat berubah seiring waktu yang terjadi karena adanya perubahan aktivitas vulkanik, geologi, dan faktor luar lainnya yang dapat mempengaruhi kandungan air.

Sejak tahun 1915 hingga tahun 2011, danau ini tercatat telah mengalami perubahan warna hingga 44 kali.

Danau tersebut dianggap merupakan tempat keramat sehingga jika beruntung saat mendaki gunung ini kamu dapat menyaksikan berbagai upacara adat serta pemberian persembahan.

6. Pemandangan Gunung Patuha

pemandangan gunung

Source : travelspromo.com

Mungkin terasa asing saat kamu mendengar nama Gunung Patuha, namun kamu akan langsung mengetahhui lokasi gunung ini ketika kamu mendengar nama Kawah Putih.

Ya benar, Gunung Patuha adalah gunung yang terletak di Desa Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Gunung Patuha memiliki ketinggian sekitar 2.386 mpdl serta memiliki danau kawah yang berada di kaki gunungnya yang sering disebut dengan Kawah Putih.

Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki kawah berwarna putih yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 silam.

Dengan keindahan panorama alam yang dimilikinya ini, membuat Gunung Patuha dan Kawah Putih tak pernah sepi pengunjung.

Pemandangan Gunung Tertinggi di Indonesia

pemandangan gunung

Source : anekatempatwisata.com

Terdapat dua jalur pegunungan utama yang membuat Indonesia memiliki gunung-gunung yang sangat tinggi, jalur tersebut adalah jalur Sirkum Pasifik dan jalur Sirkum Mediterania.

Berikut daftar gunung tertinggi di Indonesia.

1. Pemandangan Gunung Jayawijaya

pemandangan gunung

Source : s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Gunung Jayawijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Puncak Jaya adalah gunung yang berada di kawasan Pegunungan Tengah Provinsi Papua.

Dengan ketinggian mencapai 4.884 mpdl, menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Indonesia serta gunung tertinggi kedua di Asia setelah Gunung Hkakabo Razi di Myanmar.

Gunung Jayawijaya termasuk dari salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia atau yang dikenal dengan Seven Summit yang dipopulerkan oleh Reinhold Meissner.

Keunikan lain yang dimiliki gunung ini adalah meskipun berada di negara yang beriklim tropis, Gunung Jayawijaya ditutupi dengan salju abadi dan gletser pada bagian puncaknya.

pemandangan gunung

Source : wisatakita.com

Sayangnya, gletser yang ada di Gunung Jayawijaya ini kini telah semakin menipis akibat pemanasan global dan dampak perubahan iklim.

Gunung yang memiliki nama lain Gunung Cartenz Pyramid ini termasuk ke dalam area Taman Nasional Lorenz yang diterima sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1990.

Gunung ini dikenal sebagai salah satu lokasi pendakian termahal di dunia yang rata-rata dipatok hingga Rp. 50 juta  oleh operator tur dalam negeri.

2. Pemandangan Gunung Puncak Mandala

pemandangan gunung

Source : upload.wikimedia.org

Masih di daerah Papua, terdapat Gunung Puncak Mandala yang memiliki ketinggian mencapai 4.760 mpdl.

Gunung yang berada di Kabupaten Bintang, Papua ini masih termasuk ke dalam jajaran pegunungan Jayawijaya sehingga pada bagian puncaknya juga ditutupi oleh salju.

Akibat pemanasan global membuat salju di gunung ini diperkirakan akan menghilang dalam beberapa tahun ke depan.

Gunung ini memiliki nama lain yaitu Juliana Top atau Puncak Julianan yang mana nama ini diberikan saat masa penjajahan Belanda.

3. Pemandangan Gunung Puncak Trikora

pemandangan gunung

Source :
upload.wikimedia.org

Selain keindahan Raja Ampatnya, Papua juga memiliki banyak gunung dengan pemandangan yang menawan salah satunya adalah Gunung Puncak Trikora.

Gunung Puncak Trikora ini terletak di Papua Barat dan merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.751 mpdl.

Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan yang dapat menambah keasrian tempat ini, diantaranya Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas.

Gunung ini dikenal dengan nama Wilhelmina Top atau Puncak Wilhemina pada zaman pemerintahan Belanda.

Gunung ini terbilang cukup sulit untuk didaki, bahkan Puncak Trikora ini disebut-sebut lebih sulit dibandingkan dengan Puncak Gunung Cartenz.

Meskipun begitu, nyatanya ada pendaki perempuan pertama yang berhasil menaklukan Puncak Trikora ini yaitu Mila Ayu Hariyanti.

4. Pemandangan Gunung Ngga Pilimsit

pemandangan gunung

Source : picture.triptrus.com/

Gunung tertinggi keempat di Indonesia diterima oleh Gunung Ngga Pilimsit atau yang dikenal dengan nama Gunung Idenberg.

Gunung ini termasuk ke dalam jajaran Pegunungan Maoke yang berada di Provinsi Papua.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.717 mpdl dan berhasil ditaklukan pertma kali oleh seorang pendaki gunung dari Austria yaitu Heinrich Harrier pada tahun 1962.

Gunung Ngga Pillimsit memiliki panorama alam yang sangat mempersona karena gunung ini dikelilingi oleh tebing bebatuan bersalju abadi atau limestone.

Selain itu, di gunung ini juga terdapat sebuah danau bernama Danau Idenberg yang disebut-sebut sebagai danau misterius karena terkadang airnya snagat penuh atau bahkan hilang.

Pemandangan Gunung Berapi di Indonesia

pemandangan gunung

Source : assets-a1.kompasiana.com

Berada di jalur cincin api Pasifik membuat Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang bahkan beberapa diantaranya masih aktif hingga saat ini.

Terhitung ada sekitar 127 gunung api aktif di Indonesia yang jumlahnya merupakan yang terbanyak di dunia.

Dari banyaknya gunung api tersebut, berikut beberapa gunung berapi paling aktif di Indonesia

1. Pemandangan Gunung Anak Krakatau

pemandanga gunung

Source : ilmugeografi.com krakatau

Gunung paling aktif pertama di Indonesia adalah Gunung Anak Krakatau yang berada di Perairan Selat Sunda, Lampung.

Gunung ini dilaporkan terakhir meletus pada tanggal 10 April 2020 yang menyemburkan abu vulkanis setinggi 500 meter di bawah permukaan laut.

Gunung ini pernah mengalami letusan dahsyat pada tahun 1823 dan menjadi yang terkuat sepanjang sejarah dengan level 6 skala Volcanic Explosivity Index (VEI).

Letusan tersebut bahkan berkekuatan 21.547 kali daya ledak bom atom yang meleburkan Hiroshima yang letusannya terdengar hingga ke Singapura dan Australia.

2. Pemandangan Gunung Merapi

pemandangan gunung

Source : imgsrv2.voi.id

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia dan yang paling sering mengalami erupsi.

Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.968 mdpl ini terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung ini telah aktif sejak kurun waktu 10.000 tahun yang lalu yang terakhir mengalami letusan dahsyat pada tahun 2010 yang menewaskan sang juru kunci, Mbah Marijan.

Gunung Merapi berpotensi memiliki potensi kebencanaan paling tinggi karena gunung ini sering mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali.

Selain itu, gunung ini juga dikelilingi oleh pemukiman yang padat penduduk.

Terhitung sejak tahun 1958, Gunung Merapi telah mengalami hingga 68 kali letusan.

3. Pemandangan Gunung Kelud

pemandangan gunung

Source : travelmaker.id

Gunung berapi selanjutnya adalah Gunung Kelud  yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Magelang, Jawa Timur.

Sejak tahun 1.000 M, gunung ini telah meletus sebanyak 30 kali dengan letusan terbesarnya berkekuatan hingga level 5 skala VEI.

Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2014 dan dianggap lebih dahsyat dari letusan yang terjadi pada tahun 1990.

Akibat dari letusan ini adalah adanya hujan abu vulkanik tebal hingga ke wilayah Solo dan Yogyakarta yang menelan 4 korban jiwa dan ratusan ribu orang mengungsi.

4. Pemandangan Gunung Sinabung

pemandangan gunung

Source : wowkeren.com

Gunung Sinabung adalah gunung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Krao, Sumatera Utara yang memiliki ketinggian mencapai 2.460 mdpl.

Sejak tahun 1600, gunung ini tidak pernah tercatat meletus,namun tiba-tiba meletus setelah 400 tahun tepatnya pada 27 Agustus 2010.

Gunung ini telah mengalami beberapa kali letusan dan letusan palling dahsyat yang terjadi adalah pada tahun 2013 yang meluncurkan awan panas hingga 1.5 km.

Dan terakhir mengalami letusan pada 3 Januari 2021 yang memuncratkan kolom abu setinggi 500 meter ke langit.

undangan pernikahan
Previous Post
Inspirasi Undangan Pernikahan Unik dan Menarik
alam indonesia
Next Post
Mengagumi Keindahan dan Kekayaan Alam Indonesia

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!