15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Online Shop

Ketahui Kelebihan Online Shop dan Cara Membuatnya

0 Comments

Online Shop – Perkembangan informasi dan teknologi (IT) yang semakin pesat memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dengan bisnis.

Saat ini toko online atau online shop banyak dimanfaatkan sebagai peluang bisnis karena dirasa cukup menjanjikan.

Tak heran memang karena di jaman yang serba modern ini orang-orang lebih memilih segala sesuatu yang lebih instant seperti dengan berbelanja di toko online.

Tapi apa sich sebenarnya online shop itu?

Pengertian Online Shop

Online Shop

Source : goodnewsfromindonesia.id

 

Online shop atau toko online merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli berbasis digital melalui perantara device.

Singkatnya toko online ini merupakan tempat dimana kita dapat menjual produk maupun jasa dengan menggunakan jaringan internet.

Toko online ini mulai berkembang di Indonesia sekitar tahun 2000-an dan terus berkembang hingga saat ini.

Hal ini terbukti dari data Bank Indonesia yang menunjukkan adanya transaksi online shop di  Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Terhitung pada tahun 2019, angka transaksi toko online ini telah mencapai angka Rp. 8.204 triliun yang mana naik sekitar 135,8% dibandingkan dengan data tahun 2018.

Lalu kenapa hal tersebut dapat terjadi ?

Hal tersebut dapat disebabkan karena banyaknya manfaat dan kelebihan yang akan didapatkan dengan memanfaatkan bisnis online shop ini.

Kelebihan Online Shop

Online Sjop

Source : blog.anteraja.id

Berikut beberapa keuntungan atau kelebihan online shop bagi pembeli :

1. Pengalaman belanja menjadi  lebih praktis dan mudah

Toko nline ini memiliki metode transaksi jual beli yang lebih praktis dan efisien.

Pembeli akan lebih mudah melakukan proses memilih barang hanya dengan sentuhan jari.

Selain itu, proses transaksi juga sangatlah mudah dan efisien berkat tersedianya mobile banking.

2. Harga lebih murah

Umumnya harga yang ditawarkan oleh online shop lebih murah dibandingkan dengan harga produk yang dijual di toko-toko konvensional.

Hal ini dikarenakan toko online memiliki biaya operasional yang jauh lebih kecil.

Selain itu, di toko online ini kita dapat lebih mudah membandingkan harga suatu produk dari satu toko ke toko yang lain.

3. Hemat waktu dan ongkos

Dengan online shop ini kamu tidak perlu mengelilingi setiap toko untuk menemukan barang yang kamu butuhkan sehingga kamu akan lebih menghemat waktumu.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya operasi seperti untuk ongkos atau bensin kendaraanmu sehingga akan lebih menghemat uangmu.

Baca juga Cara Menghasilkan Uang dengan Kerja Online

4. Kesempatan mendapatkan promo jauh lebih besar

Sengitnya persaingan di dunia digital membuat toko online gencar melakuakn promosi dan diskon untuk menarik para pembeli.

Biasanya toko online ini memberikan promosi berupa potongan harga atau barang gratis yang diberikan apabila meiliki banyak koin yang telah diakumulasi.

Selain itu, jika ada event tertentu biasanya para penjual toko online ini akan memberikan kupon atau voucer kepada pembelinya.

Cara Membuat Online Shop

Online Shop

Source : jeda.id

Untuk kamu yang tertarik untuk memulai bisnis online shop, berikut adalah salah satu contoh cara membuat toko online di aplikasi e-commerce Shopee.co.id.

  1. Unduh aplikasi Shopee di App Store atau Play Store lalu masuk ke aplikasi tersebut dan klik tulisan “Daftar” lalu lakukan proses verifikasi hingga akun selesai dibuat.
  2. Klik menu “Saya” lalu klik “Mulai Jual” dan lengkapi profil shop online-mu melalui menu “Seller Centre”.
  3. Setelah kamu selesai melengkapi profil toko onlinemu dengan data, klik “Simpan”.
  4. Klik menu “Alamat Saya” untuk mengatur alamat toko onlinemu dan klik “Simpan”.
  5. Klik “Jasa Kirim” dan centang pilihan jasa kirim yang tersedia di kotamu kemudian klik “Simpan”.
  6. Cantumkan nomor rekening bank untuk pencairan dana penjualan pada menu “Kartu/Rekening Bank” lalu klik “Tambah Rekening Bank” dan “Lanjut”.
  7. Klik menu “Tambah Produk Baru” untuk mengunggah produk yang kamu jual di Shopee dan toko onlinemu telah siap kamu gunakan.

Ciri-Ciri Online Shop Penipu

Online Shop

Source : philnews.ph

Dengan semakin banyaknya orang-orang yang memakai toko online untuk memenuhi kebutuhannya, membuat beberapa oknum-oknum tak bertanggungjawab memanfaatkan situasi ini demi keuntungan mereka.

Oknum-oknum ini melakukan berbagai modus penipuan untuk mendapatkan uang dari customer mereka melalui berbagai media sosial seperti instagram.

Agar terhindar dari oknum penipu tersebut, setidaknya kamu harus mengetahui beberapa ciri online shop penipu di bawah ini.

1. Harga produk tidak wajar

Ciri online shop penipu yang pertama adalah harga produk yang tidak wajar.

Toko online penipu biasanya menawarkan produk mereka dengan harga yang relatif murah untuk menarik perhatian calon pembeli.

Oknum penipu ini memanfaatkan pemikiran calon pembeli yang tergiur dengan harga murah di bawah pasaran sehingga calon pembeli akan membeli produk tersebut tanpa pikir panjang.

2. Followers palsu

Pada umumnya, akun-akun media sosial milik online shop dengan followers banyak akan lebih dipercaya oleh para calon pembeli.

Padahal, ada beberapa toko online dengan followers banyak namun hasil beli followers pada jasa suntik follower, lho.

Untuk mengetahui apakah followers pada online shop tersebut asli atau tidak, kamu dapat memeriksa tanggal bergabung akun tersebut.

Sangat mencurigakan apabila akun yang baru bergabung namun telah memiliki banyak followers karena normalnya akun yang baru dibuat tidak akan mudah mendapatkan followers.

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa like dan komentar dipostingan toko onlinetersebut.

Apabila memiliki followers banyak namun mendapat sedikit like dan komentar, kamu harus berhati-hati dengan toko online tersebut.

3. Kolom komentar dinonaktifkan

Online shop penipu biasanya akan menonaktifkan akun media sosial mereka agar tidak dipenuhi oleh komentar buruk yang ditulis oleh korban-korbannya.

Mereka biasanya melakukan hal ini untuk menghindari kedoknya terbongkar.

Maka dari itu, kamu wajib curiga dengan akun media sosial yang menonaktifkan kolom komentar mereka.

4. Testimoni dan rekening yang mencurigakan

Testimoni akan dapat memberikan kepercayaan kepada calon pembeli untuk membeli produk dari suatu toko online.

Tapi kamu perlu berhati-hati karena banyak toko online yang sering memalsukan testimoni ini, seperti testimoni yang diberikan biasanya menggunakan foto dan kalimat milik orang lain.

Selain itu, mereka biasanya memberikan contoh testimoni dengan bahasa yang berlebihan namun tanpa penjelasan yang rinci.

Kamu juga perlu mengecek nomor rekening milik toko online tersebut melalui berbagai website yang menyediakan layanan ini.

Biasanya akan terlihat ada tidaknya laporan penipuan yang muncul dari laporan rekening tersebut.

5. Feed tidak menarik

Ciri-ciri online shop penipu yang terakhir adalah feed akun media sosial yang tidak menarik.

Pada umumnya, para penjual akan serius menggarap bisnis toko online mereka sehingga akan mengelola feed mereka sebaik mungkin.

Mereka juga biasanya memiliki logo, foto produk, dan feed yang dirancang dengan baik dan estetik agar dapat menarik perhatian calon pembeli.

Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan toko online, kamu dapat melaporkan nomor rekening toko online tersebut ke beberapa situs berikut ini :

  • id
  • go.id
  • kominfo.go.id
  • go.id
bisnis online
Previous Post
Sukses Bisnis Online dengan Strategi Yang Tepat
Food Blogger
Next Post
Food Blogger : Hobi Yang Menghasilkan

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!