15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
mudik lebaran

Informasi Seputar Mudik Lebaran 2021

0 Comments

Mudik lebaran memang telah menjadi tradisi yang tak dapat dihilangkan dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka pemeluk agama Islam.

Mudik sendiri ialah suatu kegiatan yang dilakukan para perantau atau pekerja untuk pulang ke kampong halamannya dengan maksud bertemu keluarga dan kerabat.

Namun, tahukah kamu bahwa mudik dan pulang kampong merupakan dua hal yang berbeda?

Lho kok bisa?

Agar lebih faham mengenai arti keduanya simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Mudik Lebaran dan Pulang Kampung

mudik lebaran

Source : non-indonesia-distribution.brta.in

Ungkapan mudik dan pulang kampung merupakan dua hal yang berbeda ini disampaikan langsung oleh Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal ini beliau katakan langsung dalam video wawancara yang dilakukan oleh Najwa Shihab dalam acara talkshow-nya, Mata Najwa tahun 2020 lalu.

Ketika itu Presiden Jokowi menegaskan terdapat adanya pelarangan mudik.

Namun, Najwa Shihab menyampaikan fakta di lapangan dimana sudah sebanyak 900 ribu perantau mudik ke kampung halamannya.

Menurut Presiden Jokowi, hal tersebut bukanlah mudik melainkan pulang kampung dimana mereka yang bekerja di Jabodetabek memilih pulang ke kampung halamannya setelah pekerjaannya selesai.

Terdapat perbedaan antara mudik dan pulang kampung, yaitu mudik dilakukan ketika hari lebaran sedangkan pulang kampung dilakukan sebab seseorang bekerja di Jakarta dan keluarganya di kampung.

Mengenai pernyataan Presiden Jokowi ini, seperti yang kami kutip dari situs Kumparan melalui pernyataan Profesor Kutabi, seorang ahli bahasa dan budaya di Lembaga Pengetahuan Indonesia (LPI), sebenarnya tidak ada yang salah mengenai pernyataan tersebut.

Ini karena bahasa merupakan suatu hal yang dinamis, sehingga istilah yang maknanya bereleasipun dapat berubah artinya sebagaimana kata mudik dan pulang kampung.

Meskipun keduanya merupakan sinonim, namun terdapat perbedaan.

Sebab, dalam bahasa tidak dapat diartikan kata atau kalimat secara literal, melainkan harus secara konteks keseluruhan.

Namun, masyarakat sendiri sering menyimpulkan bahwa mudik ini merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman untuk melaksanakan hari raya bersama keluarga setelah melaksanakan ibadah puasa.

Larangan Mudik Lebaran Tahun 2021

Mudik lebaran

Source : radioidola.com

Terlepas dari benar atau salahnya pernyataan Presiden Jokowi di atas, yang terpenting adalah kita sebagai Warga Negara Indonesia yang baik selalu mematuhi peraturan pemerintah.

Karena sejatinya peraturan tersebut dibuat semata-mata agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama.

Berbicara mengenai larangan mudik, untuk mudik lebaran tahun 2021 ini, pemerintah resmi melakukan pelarangan mudik kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut telah diumumkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Yang diumumkan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Larangan mudik tersebut akan berlaku mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Uniknya, mudik lebaran 2021 ini sempat dilarang dimana pemerintah melalui Menhub Budi Karya Sumadi sempat menyatakan pemerintah tidak akan melarang mudik kepada masyarakat.

Hal ini tentunya menuai berbagai respon dari masyarakat Indonesia.

Mereka mengungkapkan rasa kekecewaan mereka atas kelabilan pemerintah yang memberi mereka harapan.

Mereka yang sebelumnya berharap dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman kini harus menelan pil pahit karena adanya pelarangan mudik lebaran 2021 ini.

Tips Mudik Lebaran di Tengah Pandemi

mudik lebaran

Source : statik.tempo.co

Sama seperti tahun sebelumnya, pemerintah Indonesia masih melarang kegiatan mudik untuk tahun 2021 sekarang semenjak adanya pandemi Covid-19 ini.

Namun, untuk mudik lebaran 2021 ini pemerintah memberikan sedikit kelonggaran, dimana larangan mudik hanya berlaku dari tanggal 6 hingga 17 mei 2021 saja.

Untuk kamu yang akan melakukan mudik sebelum tanggal dilarangnya mudik, berikut kami berikan beberapa tips untuk melakukan mudik aman di tengah pandemi Covid-19.

1. Mudik Sebelum Tanggal 6 Mei 2021

mudik lebaran

Source : st3.depositphotos.com

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk agar mudik mu tidak terhalang adalah dengan melakukan mudik sebelum tanggal 6 Mei, tepat sebelum pelarangan mudik dimulai.

Mnurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, sebelum tanggal tersebut tidak akan ada penyekatan mudik.

2. Ketahui Wilayah Diperbolehkan Mudik

mudik lebaran

Source : media-origin.kompas.tv

Masih mengenai pelonggaran mudik lebaran 2021, pemerintah juga menetapkan beberapa wilayah di Indonesia yang termasuk aglomerasi untuk mendapat izin mudik.

Beberapa wilayah aglomerasi tersebut antara lain:

No. Wilayah Nama Wilayah
1 Medan, Binjal, Deli Serdang, dan Karo.
2 Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
3 Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Cimahi, dan Kab. Bandung Barat.
4 Semarang, Kendal, Demak, Unggaran, dan Purwodadi.
5 Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul.
6 Kota Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.
7 Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan.
8 Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros.

3. Pilih Moda Transportasi yang Nyaman

mudik lebaran

Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Untuk melakukan kegiatan mudik, kamum pastinya memerlukan transportasi.

Apalagi untuk kamu yang akan melakukan perjalan jauh yang dapat memakan waktu hingga berjam-jam lamanya, kamu harus memilih moda transportasi yang nyaman.

Ada banyak pilihan moda transportasi yang dapat kamu gunakan.

Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, yang terpenting adalah kenyamanan kamu agar selamat sampai tujuan.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya menyempatkan waktu untuk beristirahat dalam perjalanan.

Jangan sampai lupa untuk selalu memeriksa kendaraan pribadimu terlebih dahulu sebelum melakukan keberangkatan.

4. Utamakan Kesehatan dan Keselamatan

mudik lebaran

Source : cdn-asset.jawapos.com

Yang terpenting dari melakuakn kegiatan mudik tentunya adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan kamu dan keluargamu.

Apalagi di era pandemic seperti sekarang ini, tubuh tentunya memerlukan perawatan ekstra.

Pastikan kondisi badanmu sehat sebelum  memutuskan untuk melakukan kegiatan mudik.

Dan jangan abaikan protokol kesehatan selama perjalanan, mulai dari memakai masker, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Syarat Melakukan Mudik Lebaran 2021

mudik lebaran

Source : pict-a.sindonews.net

Berdasarkan Surat Edaran Satgas No. 13 Tahun 2021, terdapat beberapa syarat bagi masyarakat tertentu yang akan melakukan mudik selama masa larangan (6-17 Mei 2021).

Beberapa syarat tersebut seperti yang kami kutip dalam situs Tribunnews.com, antara lain:

Pelaku perjalanan Persyaratan yang harus dibawa
Pegawai instansi pemerintahan/Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) / Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), prajurit TNI, dan anggota Polri print out surat izin tertulis dari pejabat setingkat Eselon II yang telah dilengkapi tanda tangan basah/ tanda tangan elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan
Pegawai swasta print out surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tanda tangan basah atau tanda tangan elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan
Pekerja sektor informal print out surat izin tertulis dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan
Masyarakat umum nonpekerja print out surat izin tertulis dari kepala desa/lurah yang dilengkapi tanda tangan basah/tanda tangan elektronik kepala desa/lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Terdapat beberapa ketentuan dalam menggunakan surat ijin perjalanan atau surat ijin keluar/masuk (SIKM) ini.

Beberapa ketentuan tersebut seperti SIKM ini hanya berlaku secara individual, berlaku untuk satu kali perjalanan pergi-pulang, dan bersifat wajib bagi pelaku perjalanan berumur 17 tahun ke atas.

Apabila ketentuan tersebut dilanggar, akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, hingga sanksi kurungan dan pidanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebaran 2021
Previous Post
Merayakan Lebaran 2021 Sesuai Sunnah Rasul
ketupat
Next Post
Resep Membuat Ketupat dengan Sayur Padang dan Opor Ayam

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!