15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0

4 Cara Meningkatkan Minat Baca di Indonesia

0 Comments

Kita kita mendengan sebuah kata minat baca tentunya sering melihat atau mendengar istilah “Buku adalah jendela dunia”. Istilah ini bukan berarti Anda akan melihat jendela pada sebuah buku.

Melainkan ungkapan ini menggambarkan manfaat dari membaca.

Dengan belajar membaca, kita akan membuka dan memperluas wawasan dan pengetahuan kita.

Jika mendengar kata membaca, hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita pastinya adalah buku.

Ya, tidak salah memang karena buku merupakan benda yang dibuat untuk dibaca. Membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan namun sulit untuk dijadikan sebagai sebuah kebiasaan.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ke-27 Indonesia, Bapak Anies Baswedan, bangsa Indonesia memiliki tingkat minat baca yang rendah.

Sebelum membahas lebih jauh tentang minat baca, alangkah lebih baiknya mengetahui terlebih dahulu apa arti dari minat baca.

Pengertian Minat Baca

Pengertian Minat Baca

Pengertian Minat Baca

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata minat memiliki makna keinginan; gairah; kecenderungan hati yang tiggi terhadap sesuatu.

Dari makna ini dapat disimpulkan bahwa minat baca memiliki pengertian keinginan hati yang tinggi untuk melihat dan memahami sesuatu dengan membaca buku.

Berdasarkan studi yang dilakukan pada Maret 2016 lalu oleh Central Connecticut State Univesity, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara di dunia soal minat membaca. Ini berarti Indonesia berada diurutan kedua terbawah.

Kondisi ini merupakan sesuatu yang sangat memprihatinkan. Bangsa Indonesia masih belum menyadari pentingnya membaca. Membaca memiliki banyak manfaat sehingga membaca boleh Anda jadikan sebagai hobi yang memiliki manfaat positif.

Selain dapat menambah pengetahuan kita, membaca dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan konsentrasi Anda, menurunkan resiko stress dan depresi , meningkatkan kemampuan komunikasi serta lebih jauhnya dapat memperlambat proses penyebaran penyakit  Alzheimer, yaitu penyakit yang dapat menghancurkan memori dan fungsi mental lainnya.

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari membaca ini, Anda tentu harus mulai meningkatkan minat baca Anda. Nah, bagaimana cara meningkatkan minat baca seseorang ?

Cara meningkatkan minat baca

Cara meningkatkan minat baca

Cara meningkatkan minat baca

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan minat baca seseorang, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan motivasi

Meningkatkan minat baca harus dimulai dari dalam diri sendiri. Tanamkan motivasi semangat membaca pada diri Anda sendiri.

Ingatlah bahwa membaca memberikan banyak manfaat positif yang dapat meningkatkan kualitas diri kita serta akan memberi dampak positif pada hidup kita di masa yang akan datang sekalipun.

2. Memilih Tema yang Anda Minati

Meningkatkan minat membaca pada diri sendiri memang bukan perkara mudah. Awali proses ini dengan memilih tema yang Anda minati.

Dengan memilih tema yang diminati akan menghilangkan stigma bahwa membaca buku adalah hal yang membosankan.

Anda bisa mencobanya dengan membaca buku yang tak terlalu tebal dan memiliki cerita yang menarik seperti novel, dan sebagainya.

3. Luangkan Sedikit Waktu

Mulailah dengan meluangkan sedikit waktu yang Anda miliki untuk membaca.

Tanamkanlah dalam pikiran Anda bahwa dengan meluangkan sedikit waktu Anda untuk membaca dapat menjadi investasi bagi kehidupan Anda yang lebih baik lagi di masa depan.

4. Meningkakan Rasa Ingin Tahu

Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap buku apa yang akan Anda baca juga akan membantu meningkatkan minat baca dalam diri Anda.

Cobalah untuk mencari rekomendasi buku-buku menarik di internet atau dengan bertanya langsung kepada beberapa teman Anda.

Atau mungkin Anda bisa langsung pergi  ke perpustakaan untuk mencari dan melihat-lihat buku yang menarik untuk Anda baca yang dapat meningkatkan minat baca Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca

Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca

Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca

Meskipun banyak yang telah menyadari akan pentingnya membaca sebagai aktivitas penting dalam kehiudupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya tingkat minat baca beberapa orang masih sangat rendah.

Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi minat baca seseorang ? Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya :

 1. Terbatasnya sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana membaca yang memadai tentu sangat mendorong seseorang agar tertarik membaca.

Sarana dan prasarana tersebut dapat berupa tersedianya berbagai buku bacaan yang bervariasi, ketersediaan lokasi/tempat membaca seperti perpustakaan yang nyaman.

Namun, dengan terbatasnya sarana dan prasarana ini dapat menurunkan minat baca pada seseorang. Seperti contohnya di beberapa sekolah, beberapa fasilitas perpustakaannya masih terbilang sangat minim.

Sedikitnya ketersediaan buku bacaan serta ruang perpustakaan yang sempit dan kurangnya ventilasi udara sehingga kegiatan  membaca di perpustakaaan menjadi sangat tidak nyaman.

2. Faktor lingkungan

Lingkungan hidup disekitar kita merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan, karena secara tidak langsung lingkungan hidup sekitar kitalah yang dapat membentuk beberapa kebiasaan pada diri kita.

Misalnya lingkungan keluarga yang merupakan lingkungan terdekat kita.

Orangtua yang merupakan bagian dari keluarga harus menjadi motivator anak untuk terus meningkatkan minat bacanya.

Orangtua harus mendorong anaknya untuk membudayakan kebiasaan membaca dengan menjadi model yang baik, memberikan contoh dengan menerapkan kegiatan membaca, serta menyediakan buku-buku bacaan di rumah.

3. Kurangnya motivasi

Motivasi merupakan dorongan yang akan membuat seseorang tertarik untuk melakukan suatu kegiatan. Begitu juga dengan motivasi membaca.

Dengan kurangnya motivasi dalam membaca ,seseorang akan kehilangan dorongan atau semangatnya dalam membaca.

Maka dari itu, seseorang bisa memulai membaca dengan menemukan motivasi pada dirinya. Seperti tanamkan pada diri Anda bahwa dengan membaca, Anda akan menemukan lebih banyak pengetahuan yang sangat berguna.

4. Perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi memberikan banyak pengaruh baik maupun buruk. Di zaman yang serba modern ini, teknologi bisa membuat minat baca seseorang menjadi turun.

Seseorang biasanya lebih memilih sesuatu yang lebih instant seperti lebih memilih membaca sinopsis atau review-review singkat di sosial media daripada membaca keseluruhan buku.

Dengan adanya perkembangan teknologi juga akan memudahkan orang untuk melakukan copy paste.

Misalnya seorang pelajar membutuhkan ulasan dari sebuah buku, mereka hanya akan mengutip ulasan buku tersebut dengan melakukan copy paste saja sehingga merasa hal ini lebih menghemat waktu dan mengurangi minat baca seseorang.

Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa

pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa

pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa

Membaca merupakan jembatan ilmu. Artinya, dengan membaca seseorang akan diperkenalkan dengan berbagai ilmu pengetahuan yang lebih luas yang akan berguna untuk kehidupannya di masa mendatang.

Setiap orang memiliki tingkat minat membaca yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tingkat membaca tinggi, sedang dan ada pula yang memiliki tingkat minat membaca yang rendah.

Orang dengan tingkat membaca yang tinggi akan memiliki semakin banyak ilmu pengetahuan yang diterimanya.

Dari hal tersebut  dapat menunjukan bahwa minat membaca akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan banyak membaca seseorang akan menemukan lebih banyak hal menarik dari dalam buku yang sangat bermanfaat dalam prestasi belajarnya.

Jika seorang siswa ingin meningkatkan prestasi belajarnya. Ia dapat memulainya dengan  meningkatkan minat membacanya dengan membiasakan membaca diwaktu senggangnya.

Seperti membaca saat jam istirahat atau saat guru sedang tidak dapat menghadiri jadwal mengajarnya.

Dengan ini, siswa tidak akan menyia-nyiakan waktu emasnya yang berharga dan digantikan dengan mendapat banyak ilmu pengetahuan baru untuk dirinya yang menjadikannya anak pintar.

Previous Post
Apa itu Prestasi Belajar?
lomba mewarnai
Next Post
Ajaklah Anak Lomba Mewarnai Mencerminkan Kepribadiannya

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!