15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Masjid Menara Nabawi

Fakta Unik Menara Masjid Yang Tinggi Dan Megah

0 Comments

Menara masjid merupakan bangunan tinggi yang menjulang ke atas yang biasanya dilengkapi dengan pengeras suara berfungsi sebagai tempat untuk mengumandangkan adzan.

Adzan digunakan oleh para pemeluk agama Islam sebagai penyeru untuk mendirikan ibadah shalat.

Menurut Kappel Arhibald Cameron Creswell, seorang sarjana Inggris terkemuka yang mengkaji Arsitektur Islam mengatakan bahwa Masjid An-Nabawi atau yang dikenal dengan Masjid Quba yaitu masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah, pada awal perkembangannya tidak menggunakan menara untuk mengumandangkan adzan.

Melainkan adzan dikumandangkan di atap rumah Rasulullah SAW.

Menara sebenarnya berasal dari Bahasa Arab “Manara” yang berarti rumah api.

Itu karena pada zaman dahulu, menara yang berada di berbagai masjid di Wilayah Timur memanfaatkan menara sebagai sistem ventilasi pada iklim yang panas.

Biasanya, menara yang berada di masjid-masjid di Wilayah Timur ini digunakan sebagai sistem penyejuk udara alami dimana menara ini dilengkapi dengan jendela terbuka yang memungkinkan udara dingin masuk ke pusat ruangan dengan langit-langit tinggi atau kubah dimana panas terkumpul, sehingga menara ini akan membentuk udara dingin di lantai bawahnya.

Namun, di zaman modern seperti sekarang yang sudah mengenal teknologi ini, menara tidak lagi difungsikan sebagai sistem ventilasi karena telah hadirnya penyejuk udara modern seperti kipas angin maupun AC.

Sehingga biasanya menara ini digunakan sebagai simbol arsitektur Islam saja.

Ziggurat, monumen-monumen penting yang terbuat dari batu-bata lumpur dengan  tinggi beberapa tingkat yang berada di Mesopotamia yang sekarang lebih dikenal sebagai Negara Republik Irak adalah pelopor terbentuknya menara masjid.

Pada tahun 655 Masehi, pemerintahan Dinasti Muawiyyah yang dipimpin oleh Khalifah Muawiyyah bin Abu Sufyan mendukung pembangunan menara masjid untuk ‘menyaingi’ menara-menara di gereja salah satunya Ziggurat.

Namun, menurut Creswell sendiri, menara di dunia Islam pertama dibangun setelah 41 tahun wafatnya Nabi Muhammad SAW atau sekitar tahun 673 M di Damaskus, Suriah.

Masjid itu sendiri kini dikenal dengan nama Masjid Agung Umayya yang memiliki tiga menara dan dianggap sebagai tempat suci ke empat dalam Islam.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus

source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masjid Menara Kudus atau Masjid Al-Aqsa Manarat Kudus adalah masjid yang terletak di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia yang memiliki bentuk menara masjid yang unik.

Menara masjid ini berbentuk menyerupai candi atau bangunan keagamaan khas Hindu-Buddha.

Masjid ini memang sengaja didirikan oleh salah satu anggota Walisongo yakni Sunan Kudus sebagai bentuk pendekatan kultural (budaya) dalam berdakwah untuk menyebarkan agama Islam.

Ia melakukan pribumisasi agama Islam ditengah masyarakat yang hidup dalam pengaruh budaya Hindu-Buddha.

Menara masjid berbentuk candi ini sendiri menjadi simbol perdamaian dan persatuan bagi masyarakat Muslim dengan masyarakat pemeluk agama Hindu-Buddha.

Menara masjid kudus memiliki ketinggian 18 meter dan terdiri dari tiga bagian yakni puncak, badan, dan kaki bangunan berdiameter 10 meter yang dihiasi dengan ukiran khas Jawa-Hindu.

Di sekeliling bangunannya dihiasi dengan tiga puluh dua buah piring-piring bergambar yang terdiri dari dua puluh buah piring berwarna biru bergambar masjid, manusia, unta dan pohon kurma serta dua belas lainnya berwarna merah putih bergambar kembang.

Selain memiliki keunikan pada bentuk menaranya yang menyerupai candi, masjid ini juga memiliki batu perisai yang konon menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar berasal dari Masjid Al-Aqsa yang berada di Yerussalem,Palestina.

Masjid ini juga sering dikunjungi oleh para peziarah yang ingin berziarah ke maqam Sunan Kudus yang berada tepat di belakang Masjid Menara Kudus ini.

Masjid Menara Nabawi

Masjid Menara Nabawi

Source: https://2.bp.blogspot.com/

Masjid menara Nabawi merupakan masjid yang letaknya berada di tengah-tengah kota Madinah, Arab Saudi.

Masjid yang  menjadi salah satu dari tiga masjid yang disunnahkan untuk dikunjungi  oleh para jamaah haji ini sebenarnya pada awalnya merupakan rumah atau tempat tinggal Rasulullah SAW setelah hijrah ke Madinah.

Dalam sejarahnya, masjid ini telah mengalami banyak perubahan.

Salah satu perubahan yang menjadi ciri perkembangan masjid ini adalah menara masjidnya.

Pada awal pembangunannya, masjid ini tidak memiliki menara.

Namun di masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik pada tahun 706 Masehi, ia membangun empat menara di empat sudut dengan ketinggian sekitar 27 meter dan lebar empat meter.

Setelah mengalami beberapa perkembangan, menara masjid ini kemudian dilakukan oleh kerajaan Arab Saudi yang saat itu dipimpin oleh Raja Abdul Aziz.

Raza Abdul Aziz melakukan perbaikan pertama pada tahun 1950 Masehi dengan mengganti tiga menara menjadi dua menara baru di sudut Utara yang masing-masing memiliki ketinggian 70 meter.

Dua menara baru tersebut masing-masing memiliki empat lantai yang setiap lantainya dirancang dengan bentuk yang berbeda-beda.

Masjid ini terus mengalami perbaikan hingga saat ini memiliki 10 menara dengan tinggi masing-masing 103 meter dan dapat menampung kapasitas hingga satu juta jamaah bahkan Raja Salman yang saat ini menjabat sebagai Raja Arab Saudi berencana melakukan perluasan untuk melayani umat Muslim di seluruh dunia.

Menara masjid tertinggi di Indonesia

Menara masjid tertinggi di Indonesia

Source: https://umma.id/

Indonesia merupakan negara dengan populasi ummat Islam terbanyak di dunia.

Tak heran kita dapat menjumpai banyak masjid Indonesia yang megah.

Indonesia juga memiliki banyak masjid unik.

Salah satunya adalah Masjid Agung Medan yang memiliki menara masjid tertinggi di Indonesia.

Tinggi menara masjid ini mencapai 199 meter yang menjadikannya sebagai masjid dengan menara tertinggi pertama di Asia dan ketiga di dunia.

Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2018 ini memiliki total bangunan seluas 14.388 meter persegi memiliki tiga lanatai dan lapangan parkir yang luas serta terdapat juga gedung serbaguna seluas 6.676 meter persegi.

Menara Masjid Modern

menara masjid modern

Source: adnankazmaoglu.com

Menara masjid modern biasanya mengikuti arsitektur bangunan masjidnya yang juga mengusung konsep modern.

Salah satu masjid yang memiliki konsep modern ini adalah Masjid Cyberjaya yang berada di Sepang, Malaysia.

Masjid yang dibangun pada 2006 ini sebenarnya memiliki nama asli Masjid Haji Raja Fisabilillah, seorang pejuang Bugis dari Pulau Penyengat, Indonesia.

Masjid ini memiliki menara modern yang terbuat dari lempengan kayu yang dicat warna cokelat dan memiliki panjang sekitar 27 meter dan lebar 5 meter yang dijadikan sebagai titik fokus pada masjid modern ini.

Masjid Cyberjaya menerapkan konsep modern yang ramah lingkungan dimana masjid ini memakai ventalasi alami dan panel surya sebagai sumber eergi listriknya.

Masjid ini juga memiliki fasilitas lain seperti lift, aula, dan taman bermain anak-anak.

Baca juga artikel tentang proposal pembangunan masjid

Menara Masjid Sederhana

menara masjid sederhana

source: https://1.bp.blogspot.com/

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga bisa dijadikan sebagai ikon kebanggaan daerahnya karena bentuk dan keunikannya.

Meskipun banyak masjid megah yang telah dibangun, namun desain masjid yang sederhana dan minimalis masih sering diterapkan diberbagai masjid di dunia.

Masjid yang menerapkan desain sederhana ini dapat dilihat dari menara masjid sederhananya.

Beberapa masjid yang menerapkan desain ini adalah Masjid Arcapita di Bahrain dengan menara masjid hanya berbentuk persegi panjang setinggi 50 meter, atau Masjid Penzberg di Jerman dengan sebuah menara setinggi 13 meter dan masjidnya yang bermaterial batu alam dinding berwarna pasir pantai.

Cara Menghafal dengan Cepat
Previous Post
Ini Cara Cepat Menghafal Dalam Sekejap
proposal pembangunan masjid
Next Post
Proposal Pembangunan Masjid

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!