15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
menara eiffel

Mengenal Menara Eiffel Beserta Sejarah & Fakta Menariknya

0 Comments

Jika berbicara mengenai Perancis, hal pertama yang muncul di benakmu pastilah Menara Eiffel.

Tak heran memang mengingat menara paling terkenal di dunia ini merupakan landmark-nya Prancis terutama Kota Paris.

Pengenalan Menara Eiffel

menara eiffel

Source : assets.pikiran-rakyat.com

Menara Eiffel atau Eiffel Tower adalah sebuah menara yang terbuat dari besi yang dibangun dan berdiri dengan kokoh di Champ the Mars (ruang terbuka hijau) tepatnya di tepi Sungai Seine, Paris, Prancis.

Monumen satu ini memang dikenal sebagai ikon global Prancis yang sekaligus merupakan salah satu struktur paling terkenal di dunia.

Menara Eiffel memiliki ketinggian mencapai 324 meter atau 1.063 kaki jika dihitung dengan antenanya, ketinggian ini sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81 lantai.

Dengan ketinggiannya ini menjadikan Menara Eiffel sebagai bangunan tertinggi di Paris serta bangunan tertinggi kelima di Perancis.

Penamaan Menara Eiffel ini sendiri diambil dari nama perancangnya yaitu Alexander Gustav Eiffel, seorang arsitek dan insinyur struktur asal Prancis.

Menariknya, Gustav Eiffel pernah berkontribusi untuk merancang sistem rangka penopang Patung Liberti di Amerika Serikat.

Hal tersebut ia lakukan untuk menggantikan perancang awalnya yaitu Frederic Auguste Bartholdi.

Menara ini terbuat dari besi yang memiliki bobot hingga 7.300 ton serta jika dihitung dengan komponen non-besinya, menara ini kan mencapai bobot hingga 10.000 ton.

Menara Eiffel sering diberi perawatan secara rutin, setiap 7 tahun sekali, menara ini selalu dicat dengan 50 hingga 60 cat agar tidak terhindar dari karatan.

Pewarna yang digunakan memiliki tiga warna berbeda, yaitu pada bagian dasarnya diwarnai dengan warna gelap seperti coklat lalu pada bagian atasnya dicat dengan cat yang lebih terang seperti kelabu.

Pewarnaan ini dilaukan oleh tiga arsitek sekaligus yaitu Emile Nouguier, Maurice Koechlin, dan Stephen Sauvestre.

Menara ini tersusun atas tiga tingkatan lantai dengan 1.710 anak tangga yang dapat digunakan untuk menaiki menara ini.

Sejarah Menara Eiffel

menara eiffel

Source : img.okezone.com

Menara Eiffel atau yang dalam bahasa Prancis dikenal dengan La Tour Eiffel, dibangun pada tahun 1887 dan 1889 yang dahulunya digunakan sebagai pintu masuk Exposition Universelle.

Exposition Universelle ini adalah sebuah Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Prancis.

Pada awalnya, Gustav Eiffel sang perancang menara ini, berencana untuk membangun Menara Eiffel di Barcelona untuk Pameran Universal tahun 1888.

Tetapi terjadi penolakan dari para pihak yang bertanggungjawab di balai kota Barcelona karena menganggap bangunan ini aneh dan tidak cocok dengan kota itu.

Setelah penolakan tersebut, Gustav Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggungjawab atas Pameran Universal di Kota Paris dan disetujui.

Kemudian pada tahun 1889, setahun setelah penolakan tersebut, dibangunlah menara ini dengan bantuan tiga ratus pekerja.

Setelah proses pembangunanya selesai, menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.

Lalu dibuka secara resmi pada tanggal 6 Mei 1889 namun masih mendapat berbagai kritik dari masyarakat.

Bahkan sekitar 300 seniman di Paris yang membenci bangunan ini sempat menandatangani petisi yang mendeskripsikan menara ini sebagai bangunan yang tidak berguna dan mengerikan.

Setelah selesai dibangun, menara ini sempat mendapat gelar sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia, lho.

Namun pada tahun 1930 gelar tersebut diambil oleh Bangunan Chrysler di New York.

Sejak awal pembangunannya, menara ini memiliki izin berdiri selama 20 tahun atau sampai tahun 1909 setelah kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris.

Sehingga bangunan ini berencana akan diruntuhkan, namun setelah menara ini terbukti mendatangkan keuntungan dari segi komunikasi, menara ini tetap dibiarkan berdiri meski izinnya telah kadaluarsa.

Lalu setelah itu, bangunan ini digunakan oleh militer untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Setelah selesai dibangun, menara ini telah dikunjungi oleh lebih dari 200 juta orang yang menjadikannya sebagai monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Fakta-Fakta Menarik Menara Eiffel

menara eiffel

Source : cdn1-production-images-kly.akamaized.net

1. Bisa tumbuh saat musim panas

Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm pada musim panas.

Hal ini dapat terjadi mengingat keseluruhan struktur bangunan ini terbuat dari besi yang dapat memuai bila terkena panas matahari saat musim panas.

Selain itu, puncak Menara Eiffel juga dapat bergeser dari matahari hingga 18 cm atau sekitar 17 inci.

Bukan karena magic, hal ini dapat terjadi karena adanya ekspansi termal (pemuaian) pada bagian yang menghadap matahari.

2. Memiliki laboratorium tersembunyi

menara eiffel

Source : cdns.klimg.com

Sang perancang, Gustav Eiffel juga membangun laboratorium meteorologi tersembunyi di lantai tiga Menara Eiffel.

Laboratorium ini ia gunakan bersama beberapa ilmuan Prancis lainnya untuk melakukan berbagai percobaan fisika, aerodinamika, bahkan membangun terowongan angin.

3. Dapat “bergoyang”

Meskipun kokoh, Menara Eiffel dapat bergoyang sedikit apabila hari tengah berangin.

Bahkan pada tahun 1999, angin ribut telah menyebabkan menara ini dapat bergerak sekitar 13 cm dari kedudukan aslinya.

4. Pernah dijual oleh penipu

Seorang penipu bernama Victor Lustig pernah menjual Menara Eiffel kepada dealer besi tua dengan harga yang tinggi.

Hal ini ia lakukan setelah membaca artikel tentang pemeliharaan menara ini yang terlalu tinggi dan langsung membuat dokumen palsu.

5. Hendak dihancurkan Hitler

menara eiffel

Source : imgsrv2.voi.id

Pada Perang Dunia II ketika Jerman menduduki Prancis, Adolf Hitler sempat memerintahkan Jendral Dietrich von Choltitz untuk menghancurkan Menara Eiffel dan bagian Kota Paris lainnya.

Namun perintah Adolf Hitler ttersebut ditolak.

6. Menggunakan 20 ribu lampu yang tidak boleh difoto

menara eiffel

Source : egindo.b-cdn.net

Dengan arsitektur menara yang terbilang unik dan megah ini, tak heran bila Menara Eiffel dilengkapi dengan 20 ribu lampu yang akan menyala pada malam hari.

Meski begitu, terdapat aturan dimana kamu dilarang mengambil dan mengunggah foto saat semua lampunya dinyalakan.

Aturan ini dibuat berdasarkan Undang-Undang Uni Eropa yang menyatakan bahwa desain pencahayaan ini merupakan sebuah karya seni.

Sehingga fotografer yang akan mengabadikan momen ini harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.

7. Berfoto dengan latar Menara Eiffel itu gratis

menara eiffel

Source : blog.frameatrip.com

Meskipun menara ini dilarang untuk diabadikan lewat foto atau video saat semua lampunya tengah dinyalakan, kamu dapat berfoto dengan latar Menara Eiffel saat siang hari.

Jika bagi sebagian tempat wisata menarik di dunia seperti monas mengharuskan orang untuk membayar sebelum mendekat, lain halnya dengan Menara Eiffel ini.

Meski saat akan menaiki menara ini untuk mencapai puncaknya kamu harus membayar hingga 17 Euro, kamu dapat berfoto dengan latar Menara Eifel secara gratis dari kedekatan.

8. Telah dicat hingga 18 kali

menara eiffel

Source : i0.wp.com

Sejak pertama kali dibangun, menara Eiffel sudah pernah dicat ulang hingga 18 kali bahkan dengan wana-warna yang berbeda.

Menara ini pernah dicat dengan warna merah kecoklatan, kuning ochre, cokelat gelap, serta warna cokelat bronze atau cokelat metalik yang kita kenal hingga saat ini.

Bahkan, karena luas menari yang mencapai 250 ribu meter persegi, membuat pengecatan pada menara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

9. Memiliki 3 lift di bagian atas bawah, tengah dan atas

 menara eiffel

Source : cdn.pixabay.com

Untuk bangunan setinggi ini, lift memang diperlukan untuk mengangkut pelawat ke atas dan ke bawah.

Jika dihitung jumlah kegunaan tahunan lift Menara Eiffel ini bahkan setara dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih daripada 103,000 km.

10. Terinspirasi dari kerangka tubuh manusia

menara eiffel

Source : indoshoping.files.wordpress.com

Selain dapat membuat orang kagum akan keindahan yang dimililkinya, Menara Eiffel juga merupakan sebuah keajaiban teknik.

Bangunan yang berdiri kokoh serta mampu menahan angin dan gunacangan paling kuat ini terisnpirasi dari kerangka tubuh manusia, yaitu tulang paha.

Seorang ahli anatomi, Hermann von Mever, yang mempelajari kerangka manusia pada awal tahun 1850-an ini, menemukan hal yang cukup menarik.

Dalam kedudukan tegak, tulang paha mampu menyangga berat tubuh manusia hingga seberat satu ton serta tulang ini terbentuk atas jeruji yang saling berhubungan.

Kemudian pada tahun 1866, seorang insinyur dari Swiss, Karl Cullman menemukan bahwa struktur tulang bertumpu pada rancangan yang amat baik.

Dimana jeruiji berbentuk sangkar ini mampu mengurangi dampak beban atau tekanan apapun yang dikenakan terhadap tulang.

Hal inilah yang menjadi inspirasi yang digunakan dalam arsitektur Menara Eiffel.

Aktifitas Menarik yang Dapat Dilakukan di dekat Menara Eiffel

menara eiffel

Source : cdn.yukepo.com

Selain menikmati indahnya pemandangan Kota Paris, saat menaiki menara ini kamu dapat merasakan sensasi yang mendebarkan dengan berjalan pada sebuah lantai kaca transparan.

Lantai kaca transparan ini terdapat pada lantai pertama Menara Eiffel tepatnya pada ketinggian 57 meter.

Namun, selain itu kamu juga dapat melakukan berbagai aktifitas menarik lainnya seperti beberapa aktifitas berikut ini.

1. Berfoto di spot foto menarik

menara eiffel

Source : 4.bp.blogspot.com

Berfoto kini telah menjadi hal yang paling penting ketika berkunjung ke tempat-tempat menarik seperti Menara Eiffel ini.

Di sekitar menara ini juga terdapat banyak spot foto yang menarik yang dapat kamu kunjungi dan abadikan lewat foto.

Seperti komidi putar yang akan sangat indah dan bercahaya pada malam hari, serta jembatan Pont de Bir-Hakeim yang dilengkapi patung batu monumental dengan relief tinggi.

2. Mengunjungi Musee de Quai Branley – Jacques Chirac

menara eiffel

Source : discoverfranceandspain.com

Tak jauh dari pusat Menara Eiffel, terdapat sebuah museum yang menampilkan seni adat dan budaya Afrika, Asia, Oceania, dan Amerika yang dapat kamu kunjungi.

Selain dapat menghilangkan stress, kamu juga dapat belajar banyak hal ketika mengunjungi museum ini.

3. Menikmati santapan di restoran Menara Eiffel

menara eiffel

Source : awsimages.detik.net.id

Menara Eiffel sendiri memiliki tiga lantai dimana dua dari tiga lantai tersebut digunakan sebagai sebuah restoran, yaitu restoran 58 Tour Eiffel dan La Jules Vernes.

58 Tour Eiffel adalah salah satu restoran mewah dunia yang berada di lantai satu Menara Eiffel yang memberikan suasana yang ramah keluarga.

Sedangkan La Jules Vernes adalah restoran yang berada di lantai dua Menara Eiffel yang menyajikan kuliner gourmet berkualitas dengan suasana lapangan terbuka.

Di dekat lantai dasar menara di Quai Branley terdapat Le Bistro Parisien yang cocok untuk tempat berkumpul bersama keluaga dan anak-anak.

Namun, jika kamu ingin mencoba sensasi lainnya, kamu dapat mengunjungi Champagne Bar di bagian puncak menara.

4. Melihat atraksi di dekat Menara Eiffel

menara eiffel

Source : arc-anglerfish-arc2-prod-bostonglobe.s3.amazonaws.com

Ketika berkunjung ke Menara Eiffel, kamu bisa menyempatkan untuk datang ke Aquarium de Paris.

Di tempat yang berada di seberang sungai dari menara di les jardins de Trocadero  ini, kamu dapat melihat pertunjukan ikan hiu dan ikan tropis.

Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Musee d’Orsay dan menikmati koleksi kesenian Prancis yang terdapat di stasiun kereta Beaux-Arts yang diubah menjadi museum.

Menara Eiffel Yang Ada di Indonesia

Keindahan Menara Eiffel memang membuat siapa saja ingin melihatnya bahkan rela untuk terbang ke Paris Prancis.

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan menara ini tapi belum memiliki kesempatan untuk pergi ke Prancis, jangan khawatir karena Indonesia memiliki miniatur Menara Eiffel untuk kamu jadikan pilihan.

Lalu dimana saja tempat-tempat di Indonesia yang memiliki replika Menara Eiffel ini ?

1. Merapi Park Jogja

menara eiffel

Source : gudeg.net

Merapi Park adalah sebuah tempat wisata yang berada di Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Untuk kamu yang ingin melihat Menara Eiffel versi Indonesia, kamu bisa coba untuk berkunjung ke tempat satu ini.

Selain Menara Eiffel, di tempat ini kamu juga dapat melihat beberapa replika landmark terkenal yang ada di dunia sehingga kamu akan merasakan seperti tengah berkeliling dunia.

2. Small World Purwokerto

menara eiffel

Source : 1.bp.blogspot.com

Sama seperti Merapi Park yang ada di Yogyakarta, Purwokerto juga memiliki tempat yang dapat membuat kamu seolah-olah tengah berkeliling dunia.

Tempat tersebut adalah Small World Purwokerto yang berlokasi di Jl. Raya Baturaden Barat, Karangmangu, Purwokerto, Jawa Tengah.

Di tempat ini juga terdapat beberapa replika dari landmark terkenal di dunia termasuk Menara Eiffel.

3. Museum Angkut Batu

menara eiffel

Source : i.misteraladin.com

Museum Angkut Batu adalah sebuah museum transportasi dan tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

Museum in idigadang-gadang merupakan yang terbesar di Asia, lho.

Kamu juga dapat melihat replika Menara Eifel yang dilengkapi dengan lampu yang menyala sehingga terlihat megah.

4. Putri Kayu Palembang

menara eiffel

Source ; data:image

Palembang juga memiliki replika Menara Eiffel yang indah tepatnya di Punti Kayu yang berada di Kec. Alang-Alang Lebar, Palembang Sumatera Selatan.

Uniknya, tempat ini berada di hutan pinus sehingga kamu dapat merasakan suasana sgar nan asri ketika mengunjungi tepat ini.

Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan waterpark dan kebun binatang mini sehingga dapat kamu jadikan sebagai salah satu destinasi wisata menarik.

5. Little Europe Lampung

menara eiffel

Source : cdn-image.hipwee.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah dibuat sebagai replika Eropa yang berada di Kota Bandar Lampung.

Di tempat ini terdapat miniature Menara Eiffel beserta dengan bangunan-bangunan yang dicat dengan warna-warna cerah yang dapat membuat kamu enggan untuk menurunkan kameramu.

Lukisan Raksasa Dekat Menara Eiffel

menara eiffel

Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Tahukah kamu bahwa terdapat lukisan raksasa dekat Menara Eiffel ?

Lukisan tersebut berada di halaman Champ de Mars yaitu ruang terbuka hijau besar yang terletak di antara Menara Eiffel di sebelah Barat Laut serta Ecole Militaire di sebelah Tenggara.

Lukisan raksasa ini diberi nama “Beyond The Walls” karya pelukis jalanan Prancis, Saype yang dipamerkan pada Jumat, 14 Juni 2019 lalu.

Lukisan ini menggambarkan tangan-tangan raksasa yang saling bergandengan.

Lukisan ini dibuat dengan mengecat rumput di taman Champ de Mars dengan menggunakan cat yang ramah lingkungan.

Lukisan raksasa ini memiliki luas mencapai 15 ribu meter persegi dan meliputi lahan seluas lebih dari 600 meter.

Proyek lukisan raksasa ini sebenarnya merupakan bentuk dukungan kepada organisasi amal penyelamat migran, yaitu SOS Mediterranee yang akan dibuat di 20 kota di seluruh dunia.

lembah adalah
Previous Post
Lembah Adalah : Lembah Cantik Indonesia
seni arsitektur
Next Post
Seni Arsitektur : Jenis, Konsep, dan Desainnya

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!