15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
lembah adalah

Lembah Adalah : Lembah Cantik Indonesia

0 Comments

Lembah adalah – Kekayaan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, mulai dari gunung yang tinggi, hingga lembah yang landai pun semua ada disini.

Beberapa tempat tersebut memang cocok kamu datangi untuk berlibur sejenak dari sibuknya aktifitas yang telah kamu kerjakan.

Selain gunung yang dapat digunakan untuk mendaki, kamu juga dapat menjadikan lembah sebagai salah satu destinasi berliburmu.

Lembah adalah wilayah luas yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang terbentuk dari beberapa proses geologis seperti pengikisan tanah secara bertahap oleh air dan angin.

Beberapa lembah adalah paling populer di dunia bGrand Canyon dan Death Valley yang ada di Amerika Serikat.

Indonesia juga memiliki banyak lembah dengan keindahan yang dapat membuat kamu enggan untuk pulang.

Berikut beberapa lembah terindah yang ada di Indonesia yang dapat kamu jadikan destinasi berwisata.

Lembah Baliem

lembah adalah

Source : phinemo.com

Lembah Baliem berada di Kabupaten Jayawijaya, Papua tepatnya berada pada ketinggian 1.650 mdpl.

Meskipun tempatnya berada di daerah yang cukup terpencil, namun tempat ini memiliki keunikan yang tak akan dapat kamu temukan di tempat lain.

Banyak yang berasumsi bahwa dulunya ini lembah adalah sebuah danau, terbukti di tempat ini terdapat batu-batu granit yang menyembul dari tanah .

Selain itu, di tempat ini juga terdapat pasir putih yang bahkan terasa asin mirip dengan pasir yang ada di pantai.

Lembah Balem ini menjadi destinasi wisata favorit bagi para turis yang suka melakukan trekking atau wisata jalan kaki.

Di tempat ini kamu juga dapat menemukan masyarakat asli yaitu Suku Dani lengkap dengan rumah tradisional-nya yaitu Rumah Hanoi.

Di tempat yang menjadi pusat pendidikan agama Islam terbesar di Papua ini, jika beruntung kamu dapat menjumpai berbagai tradisi adat yang dilakukan oleh Suku Hanoi.

Tradisi tersebut diantaranya adalah tradisi mandi lumpur dan potong jari atau yang sering disebut dengan ikipalin.

Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan kesedihan atas kehilangan sanak keluarga.

lembah adalah

Source : cms.akurat.co

Selain itu, di lembah ini kamu juga dapat menyaksikan festival Lembah Balem yang merupakan acara perang antar Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali.

Perang antar suku ini tentunya aman untuk disaksikan karena memiliki makna positif bagi masyarakat Lembah Baliem.

Makna positif dari festival ini adalah ‘yogotak hubuluk motog hanaro‘ yang artinya harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini.

Untuk dapat menyaksikan festival ini, kamu harus datang pada sekitar bulan Agustus menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang akan berlangsung selama 3 hari.

Keunikan lain yang dimiliki lembah adalah adanya mumi berusia sekitar 300 tahun yang di simpan dalam pilamo (rumah laki-laki).

Mumi tersebut bernama Wim Motok Mabel yang merupakan panglima perang yang jasadnya dipercaya mampu mensejahterakan seluruh keturunannya di masa mendatang.

Lembah Harau

lembah adalah

Source : i2.wp.com

Jika di Lembah Baliem terdapat pasir, di Lembah Harau ini terdapat bentangan tebing batuan granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100-500 meter.

Menurut hasil survei tim geologi asal Jerman tahun 1980, jenis batuan yang ditemukan di daerah ini identik dengan batuan breksi dan konglomerat yang sering ditemukan di dasar laut.

Di Lembah Harau ini terdapat 6 air terjun, salah satunya adalah air terjun berunta-unta yang bernama Bunta Waterfall atau secara lokal disebut Sarasah Bunta.

Selain itu, beberapa air terjun yang ada di tempat ini juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai penyakit jika kita mandi atau membasuh muka di tempat ini.

Seperti Sarasah Aie Luluih yang dipercaya dapat mengobati jerawat dan membuat awet muda, serta di Sarasah Murai yang dipercaya dapat mempercepat datangnya jodoh.

lembah adalah

Source : travelspromo.com

Lembah yang berada di Sumatera Barat ini memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California.

Dengan 300 lokasi panjat tebing yang terdapat di lembah adalah salah satu tempat bak surga bagi pecinta panjat tebing.

Dinding batuannya memiliki kecuraman mencapai 90 derajat dengan ketinggian mencapai 150 hingga 20 meter.

Selain itu, pagar tebing cadas yang curam tersebut menciptakan relief cantik sehingga menjadi daya tarik bagi para fotografer.

Lembah Tepus

lembah adalah

Source : content-images

Pulau Jawa juga memiliki beberapa lembah salah satu yang terkenal adalah Lembah Tepus yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat.

Berbeda dengan lembah-lembah sebelumnya, lembah satu ini dapat kamu jadikan sebagai alternatif untuk berenang.

Itu karena lembah adalah memiliki kolam renang yang airnya berasal dari sumber air alami sehingga mandi disini dapat membuat badan dan pikiranmu menjadi lebih segar.

lembah adalah

Source : seringjalan.com

Selain itu, air di kolam ini juga sangat jernih hingga batuan di dasar kolamnya pun dapat terlihat.

Terdapat dua kolam berbeda, yaitu kolam khusus untuk anak-anak dan orang dewasa.

Lembah yang berada di ketinggian 900 mdpl ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir, mushola, toilet, dan warung yang menyiadakan camilan.

Untuk dapat memasuki tempat ini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah saja.

Lembah Sungai Indus

Lembah adalah

Source : 3.bp.blogspot.com

Selain lembah-lembah yang ada di Indonesia tadi, terdapat pula Lembah bernama Lembah Sungai Indus yang menurut para arkeolog pernah memiliki peradaban yang berlangsung di zaman Chalcolithicum.

Zaman ini berlangsung pada tahun 3.000-500 SM, dimana Peradaban Sungai Indus ini dialiri oleh lima anak sungai, yaitu Yellum, Ravi, Chenab, Beas, dan Suttly (Punjab).

Wilayah yang berada di Pakistan ini memang cukup subur sehingga memungkinkan untuk adanya peradaban sangat tinggi.

Dari fosil-fosil yang ditemukan di wilayah ini, dapat diketahui bahwa wilayah ini ditempati oleh dua tipe penduduk dari bangsa Dravida yang merupakan suku asli dari India.

Tipe pertama adalah penduduk asli berkarakteristik kulit gelap, bertubuh pendek, hidung pesek dan lebar, serta bibir tebal menonjol.

Penduduk asli ini masih dapat ditemui sebagai masyarakat kasta rendah India.

Sedangkan tipe kedua adalah penduduk seketurunan dengan suku Mediteranian berkarakteristik kulit lebih terang, tubuh langsing, hidung mancung, dan bermata lebar.

Lembah adalah

Source : 3.bp.blogspot.com

Keberadaan dua kota yang kemungkinan dibangun oleh bangsa asli Dravida bernama Mohenjorado dan Harappa ini mendukung adanya peradaban terbesar ini.

Para ahli meyakini  bahwa pusat peradaban Mohenjodaro terletak di Lembah Indus di timur Sungai Indus, tepatnya di provinsi Sindu Pakistan.

Sedangkan kota Harappa berada di provinsi Punjabi, India.

Penduduk peradaban Lembah Sungai Indus ini hidup menetap dengan hidup melalui sektor agraris, pedagang, dan pengrajin.

Mereka juga telah menganut sistem kepercayaan dimana mereka menyembah Dewi Matahari yang dianggap sebagai sumber dari seluruh penciptaan.

Mereka juga telah mengenal sistem petapaan.

Dari penggalian yang dilakukan di Harappa dan Sungai Indus ini ditemukan beberapa bukti sejarah dan kebudayaan.

wisata telaga
Previous Post
Wisata Telaga Unik Yang Ada di Indonesia
menara eiffel
Next Post
Mengenal Menara Eiffel Beserta Sejarah & Fakta Menariknya

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!