15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
bisnis online

Kerja Online : Cara Baru Menghasilkan Uang

0 Comments

Kerja online adalah salah satu cara yang dapat mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran di tengah pandemi.

Di era pandemi seperti sekarang ini, mencari pekerjaan memang terbilang sulit.

Bukan hanya orang yang akan mulai bekerja, orang yang tengah bekerja pada suatu perusahaanpun banyak yang dirumahkan bahkan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut data Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada awal munculnya pandemi yaitu pada bulan Februari 2020, jumlah pengangguran di Indonesia berada pada angka 6,9 juta orang.

Kemudian, pada akhir taun 2020 tepatnya pada bulan Agustus, jumlah pengangguran ini melonjak jumlahnya hingga mencapai 9,7 juta orang.

Hal ini telah mengakibatkan lumpuhnya sektor perekonomian di Indonesia sehingga diperlukan langkah-langkah komprehensif untuk menghindari bertambah besarnya angka pengangguran.

Kerja online adalah salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini.

Namun, apa itu kerja online ?

Kata online sendiri sebenarnya merupakan kata dari bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia dipadankan menjadi jaringan atau perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet.

Internet memang sudah sejak lama dikenal memiliki kelebihan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia salah satunya adalah dapat menambah peluang kerja pada masyarakat.

Kerja online ini memang memberikan banyak keuntungan sehingga banyak yang tergiur untuk mencobanya.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kerja online juga memiliki kelemahan dan kekurangannya juga.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kerja online yang harus kamu ketahui.

Keuntungan Kerja Online

Kerja Online

Source : cdn.popbela.com

 

1. Mengurangi biaya atau beban pengeluaran

Seperti yang kamu tahu, ketika bekerja apalagi bekerja di luar kota pastinya kamu harus memikirkan tempat tinggal seperti dengan ngekos atau mengontrak.

Ditambah lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti makan dan transportasi juga membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Nah, dengan bekerja online hal-hal tersebut tidak menjadi tanggungan tambahan, karena kamu akan bekerja di rumah.

2. Tak harus berpakaian rapi atau mengikuti tata tertib tertentu

Dalam kerja online, kamu tidak akan banyak melakukan interaksi langsung dengan seseorang karena yang terpenting adalah menyelesaikan pekerjaan kamu secara tepat waktu.

Sehingga saat melakukan kerja online kamu tidak harus berpakaian rapi atau bahkan berdandan bagi wanita saat sedang bekerja.

Kamu juga tidak perlu mengikuti tata tertib seperti pada perusahaan tertentu sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dan lebih fokus pada pekerjaanmu.

3. Membuat kamu memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kerja online dapat dilakukan dari mana saja karena hanya mengandalkan internet sebagai sarana utamanya.

Jadi, kamu dapat melakukan  kerja online ini di rumah sehingga kamu dapat memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga tercintamu.

4. Memungkinkan untuk menekuni pekerjaan lainnya secara nudah

Tidak seperti pekerjaan lain yang membutuhkan waktu yang penuh untuk bekerja, kerja online adalah pekerjaan freelancer sehingga kamu dapat menekuni pekerjaan lainnya secara mudah.

Orang yang bergelut di dunia kerja nline juga tak semua merupakan orang yang menganggur, tetapi ada juga orang yang telah memiliki pekerjaan karena kerja  online ini memberikan banyak kemudahan.

Kekurangan Kerja Online

Kerja Online

Source : 1.bp.blogspot.com

1. Mudah Bosan

Kerja online memang pekerjaan yang jarang melakukan interaksi langsung dengan orang, sehingga orang yang bekerja online biasanya hanya berhadapan dengan layar komputer atau laptop saja.

Misalnya kamu membuka bisnis online shop, kamu hanya akan berinteraksi dengan pelanggan di e-commerce saja.

Hal ini tentunya membuat hidup jadi monoton dan muncul rasa jenuh pada diri seseorang.

2. Kurang Fokus

Kerja online memang dapat dilakukan dimana saja bahkan di rumah.

Hal ini dapat menyebabkan orang yang bekerja online menjadi kurang fokus karena tidak terciptanya lingkungan yang nyaman seperti pada pekerjaan-pekerjaan di sebuah instansi.

3. Ketergantungan pada perangkat teknologi dan juga listrik

Kerja online tentunya sangat berhubungan erat dengan perangkat teknologi seperti komputer, laptop, dan lain lain serta listrik yang menjadi sumber daya utamanya.

Semua itu adalah modal utama dalam kerja online, sehingga ketika terjadi kerusakan hal tersebut dapat menghambat pekerjaanmu.

Baca juga Food Blogger : Hobi Yang Menghasilkan

Meskipun memiliki kekurangan, namun kerja online juga memiliki banyak keuntungan sehingga banyak orang yang tertarik dengan jenis pekerjaan satu ini.

Untuk kamu yang akan memulai kerja online, sebaiknya pilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatmu sehingga pekerjaan yang kamu geluti ini dapat memberikan kenyamanan bagi kamu.

Berikut beberapa contoh kerja online yang dapat kamu coba dan terbukti menghasilkan.

Kerja Online Sampingan Tanpa Modal

Kerja online

Source : st2.depositphotos.com

Modal khususnya keuangan seringkali menjadi kendala dalam memulai suatu bisnis atau usaha.

Beberapa kerja online berikut ini tidak mengharuskan kalian untuk membayar modal awal, kerja online berikut ini hanya membutuhkan keahlian yang kamu punya.

Selain dapat menambah pemasukanmu, kerja online yang mengandalakan keahlianmu ini juga dapat mengasah dan mengembangkan bakatmu.

1. Freelance Writer dan Copywriter

Kerja Online

Source : thebalancesmb.com

Jenis pekerjaan satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi menulis.

Saat ini banyak website atau media online yang membutuhkan jas freelance writer, lho.

Kamu dapat mendapat pekerjaan ini dengan hanya mengunjungi media online yang kamu tahu karena biasanya media online tersebut membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi freelance writer.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba menjadi seorang copywriter yang banyak dibutuhkan oleh para perusahaan yang diiklankan secara online pula.

Copywiter adalah pekerjaan menulis teks bertujuan untuk mengiklankan sebuah produk perusahaan.

2. Desain Grafis

Kerja Online

Source : netcampus.co.id

Untuk kamu yang punya bakat mendesain gambar, tipografi, ilustrasi seperti karikatur, kemampuanmu juga dapat menghasilkan uang, lho.

Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan adalah dengan mempromosikan kemampuan kamu tersebut ke media sosial seperti instagram, facebok, dan lain lain.

Desain grais ini banyak digunakan oleh perusahaan penerbit ataupun media cetak dan elektronik untuk mempromosikan suatu produk melalui desain-desain yang kamu buat.

3. Penerjemah

Kerja Online

Souce : literasinusantara.com

Untuk kamu yang mahir berbahasa asing, tak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan satu ini.

Apalagi untuk kamu yang memiliki sertifikasi TOEFL dan IELTS, banyak para perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasamu ini.

Hal yang sering diterjemahkan pada umumnya adalah paper, abstrak skripsi, jurnal, komik daring, subtitle film, dan masih banyak lagi.

4. Fotografer

Kerja Online

Source: krishnalearningcenter.com

Buat kamu yang hobi dan jago fotografi, hobimu ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Terlebih lagi bila kamu juga jago dalam hal editing saturation atau coloring, hal ini dapat menjadi nilai lebih karena foto-foto yang kamu hasilkan akan lebih berkualitas.

Kamu hanya perlu memanfaatkan kemampuanmu ini dengan hanya bermodalkan kamera dan promosikan melalui akun media sosialmu.

Banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa seperti ini untuk kebutuhan periklanan mereka seperti media online, Koran, majalah, dan lain lain.

5. Guru Private Online

Kerja Online

Source : cdn-2.tstatic.net

Jika biasanya guru private datang ke rumah klien, di era pandemi seperti ini banyak orangtua yang lebih memilih guru private yang mengajar anak mereka secara online seperti melalui video call.

Untuk kamu khususnya yang memiliki gelar, tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan satu ini.

6. Bermain Game Online

Kerja Online

Source : pede.id

Ya, kamu tak salah dengar, bermain game online juga dapat menjadi suatu profesi, lho.

Jika biasanya kamu mendengar bahwa bermain game itu hanya membuang-buang waktu, kamu juga harus tahu bahwa dengan bermain game juga dapat menghasilkan pendapatan.

Beberapa game seperti PUBG, Mobile Legend, DOTA 2, dan lainnya adalah yang paling banyak dimanfaatkan para gamers untuk menghasilkan uang.

Caranya, kamu dapat mengikuti berbagai turnamen, mengumpulkan berlian,  membuat konten di youtube, menjual item-item unik dn langka atau menjual akunmu.

7. Membuka jasa pembuatan website

Kerja Online

Source : jmc.co.id

Untuk kamu yang mahir dalam hal teknologi terutama anak IT, tak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa pembuatan website.

Saat ini, banyak wirausahawan atau perusahaan-perusahaan yang banyak memanfaatkan website untuk kebutuhan informasi dan promosi produk mereka.

8. Web software engineer

Kerja Online

Source : insights.dice.com

Web software engineer biasanya merupakan orang-orang yang berasal dari lulusan pendidikan teknik informatika.

Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang tugasnya untuk menganalisis keinginan pengguna komputer serta mendesain aplikasi software pada komputer.

Kerja Online yang Bermodalkan HP

kerja online

Source : investasi.online

Beberapa jenis pekerjaan online memang banyak memanfaatkan kamera ataupun laptop.

Namun, tahukah kamu bahwa beberapa pekerjaan online juga ada yang hanya bermodalkan HP-mu ?

Saat ini, HP memang seperti sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki setiap orang untuk berbagai kebutuhan termasuk kerja online.

Berikut beberapa kerja online yang hanya bermodalkan HP  dalam proses pengerjaannya.

1. Dropshipper

Kerja Online

Source : idcloudhost.com

Dropshipper adalah pekerjaan yang sekilas hampir mirip dengan reseller yang mana pekerjaan ini dilakukan dengan menjual barang dari supplier ke pembeli.

Bedanya, bisnis dropship lebih praktis dan fleksibel dibandingkan dengan reseller.

Jika reseller harus membeli terlebih dahulu produk yang akan dijual, dropship ini bisa dilakukan tanpa modal sama sekali karena hanya mengandalkan metode pemasaran.

Pekerjaan ini dapat dilakukan melalui HP-mu dengan hanya mencari pembeli yang akan membeli produknya, lalu semua proses pengemasan dan lainnya akan diurus oleh supplier.

Beberapa e-commerce yang menyediakan jasa dropshipper adalah Tokopedia, Shopee, dan lain lain.

2. Social Media Influencer

Kerja Online

Source : nancy-rubin.com

Media sosial juga dapat menjadi wadah untuk mendapatkan uang dengan mudah, salah satunya adalah dengan menjadi seorang influencer.

Influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh dimasyarakat seperti pada instagram, twitter, dan lainnya.

Social media influencer sebenarnya tidak perlu memiliki jumlah fllowers yang banyak, selama akun media sosialmu aktif kamu juga dapat memanfaatkan hal itu untuk menghasilkan uang.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti suatu campaign tertentu dengan memanfaatkan hashtag atau dengan menggunakan aplikasi seperti “Partipost”.

3. Customer Service Online

Kerja Online

Source : backoffice-blog.printerqoe.com

Customer service adalah seseorang yang bekerja sebagai humas suatu perusahaan untuk melayani pelanggan atau klien dari segala jenis bisnis, baik itu bisnis offline maupun bisnis online.

Sebenarnya, customer service online juga sama dengan customer service pada umumnya, hanya saja pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah melalui media sosial atau aplikasi khusus dari perusahaan.

Baca juga Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol dan Cara Mengembangkannya

4. Survey Online

Kerja Online

Source : images.squarespace-cdn.com

Survey online merupakan sebuah pekerjaan yang mengharuskan kamu mengisi sebuah survey sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Cara mengikutinya juga terbilang mudah dimana kamu hanya perlu melakukan regitrasi untuk menjadi member lalu kumpulkan poin atau reward sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan uang.

5. Mystery Shopper

Kerja Online

Source : 4.bp.blogspot.com

Mystery shopper adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu menjadi seorang “agen rahasia” yang bertugas untuk mencoba berbagai produk yang menggunakan jasamu ini.

Kamu akan diperintahkan untuk memberikan ulasan mengenai sebuah produk seperti bagaimana kualitas suatu barang, seberapa cepat barangnya sampai, dan lain sebagainya.

6. Bisnis Barang Bekas

Kerja Online

Source : elshinta.com

Berbisnis barang bekas juga dilakukan hanya dnegan menggunakan HP, lho.

Jika kamu memiliki barang bekas yang akan dijual, kamu dapat menjualnya di berbagai aplikasi kemudian kamu hanya tinggal menunggu pembeli yang akan membeli barang tersebut.

7. Social Media Evaluator

Kerja Online

Source : econsultancy.imgix.net

Pada dasarnya, social media evaluator adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan iklan-iklan yang tayang di media sosial.

Kamu dapat mengikuti pekerjaan ini dengan mengunduh aplikasi Appen yang akan mengirimkan 20 iklan dan pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu jawab.

Kerja Online Input Data

kerja online

Source : manggale.com

Pekerjaan yang dapat kamu pilih selanjutnya adalah kerja onlie input data atau data entry.

Mungkin jenis pekerjaan ini terdengar asing ditelingamu, namun naytanya pekerjaan ini telah ada sejak tahun 1890-an silam.

Kerja online input data adalah jenis pekerjaan kelrikal atau bersifat administrasi yang tugasnya untuk memindahkan data yang berbentuk fisik menjadi data yang berbentuk digital.

Data berbentuk fisik tersebut biasanya adalah data yang berasal dari sebuah formulir, non dokumen atau rekaman suara.

Untuk kamu yang ingin mencoba pekerjaan input data, kamu dapat mengunjungi situs-situs ini  baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

Beberapa situs tersebut diantaranya adalah freelancer.co.id, prohect.co.id, sribulancer.com, sribu.com, freelancer.com, upwork.com, dan situs-situs lainnya.

Dalam pekerjaan input data, ada beberapa keterampilan yang harus kamu kuasai antara lain :

1. Kemampuan pengetikan yang cepat

Kemampuan mengetik yang cepat adalah keterampilan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang yang akan bergelut di dunia input data.

Pasalnya, perusahaan yang memberikan pekerjaan ini biasanya memberikan tugas untuk diinput data dengan jumlah yang besar dan dengan kurun waktu yang singkat.

Rata-rata perusahaan yang memanfaatkan pekerjaan ini membutuhkan pegawai input data yang dapat mengetik hingga 30-40 kata dalam satu menit dengan 10 jari.

2. Mengerti cara pengoperasian komputer

Keahlian berikutnya adalah pengoperasian komputer sebagai alat utama untuk melakukan pekerjaan input data termasuk mengenai software dan hardware-nya.

Software seperti Spreadsheet, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan database serta dasar-dasar trouble shoot pada hardware juga dapat berguna saat terjadi kendala pada komputer.

3. Mengerti bahasa Inggris dasar

Komputer adalah alat yang menggunakan bahasa Inggris dalam pemrograman utamanya, sehingga daam mengoperasikan computer kamu harus mengerti bahasa inggris minimal dasar-dasarnya.

Bahasa Inggris juga dapat kamu temukan saat memasukkan input data sehingga kamu harus mengetahui dasar-dasar bahasa Inggris agar kemampuan menulismu tidak terhambat.

4. Memiliki konsentrasi yang tinggi

Pekerjaan satu ini adalah pekerjaan yang sifatnya terus menerus serta menghabiskan banyak waktu dengan pekerjaan yang sama.

Oleh karena itu, orang yang bekerja input data harus memiliki konsentrasi yang tinggi, ketelitiasn, serta kesabaran.

Peran dan Tugas Kerja Online Input Data

kerja online

Souce : tabbayun.com

 

Seperti yang telah kamu tahu, kerja online input data adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk memasukkan data ke software berbasis data.

Namun, kerja online input data juga memiliki peran dan tugas lainnya antara lain :

  1. Memeriksa hasil input data untuk memastikan keakuratan data yang telah dimasukkan tersebut.
  2. Menguji sistem database baru dan pembaruan software.
  3. Menanggapi permintaan informasi dari anggota yang berwenang.
  4. Mempersiapkan dan menyortir dokumen untuk input data.
  5. Membuat cadangan data untuk melengkapi rencana kontingensi.
  6. Memperbaiki perbedaan dalam informasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut untuk dokumen yang tidak lengkap.
Manfaat Air Kelapa Hijau
Previous Post
Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Ibu Hamil, Bayi Serta Kesuburan
bisnis online
Next Post
Sukses Bisnis Online dengan Strategi Yang Tepat

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!