15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
keajaiban dunia

7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur Masuk Gak Ya?

0 Comments

Sejak kecil kita telah diperkenalkan dengan 7 keajaiban dunia yang salah satunya berada di Indonesia, yaitu Candi Borobudur.

Tapi tahukah kamu bahwa Candi Borobudur ini telah lama bukan menjadi bagian dari Seven Wonders of The World atau yang lebih dikenal sebagai 7 keajaiban dunia?

Kenapa ya?

Kenapa Candi Borobudur Tidak Masuk 7 Keajaiban Dunia?

keajaiban dunia

Source : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Pada tahun 2.000, salah satu yayasan di Swiss melakukan campaign untuk menentukan 7 keajaiban dunia baru.

Seperti yang kami kutip dari jurnal Britannica, campaign ini diikuti oleh sekitar 100 koresponden dari  seluruh dunia yang kemudian melakukan voting untuk memperbaharui 7 keajaiban dunia tersebut.

Lalu, hasil voting tersebut diumumkan pada tahun 2007 yang dalam isinya Candi Borobudur tidak termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia.

Beberapa orang memang menyayangkan Candi Borobudur tidak masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunnia.

Padahal, Candi Borobudur telah secara resmi diakui sebagai candi Buddha terbesar di dunia sejak tahun 2012 oleh Guinness World Record.

Bukan tanpa alasan, ini karena bangunan yang memiliki arsitektur unik ini adalah candi Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur tersusun dari kurang lebih 55.000 m3 batu yang dipahat yang bila disusun berderet akan mencapai panjang 2.900 meter.

Kini, Candi Borobudur masuk ke dalam The Forgoten Wonder of The World bersama dengan beberapa peninggalan bersejarah dunia lainnya.

The Seven Woders of The World atau 7 keajaiban dunia pun kini telah berganti menjadi New Seven Wonders of The World.

Berikut ketujuh peninggalan bersejarah dunia yang termasuk ke dalam New Seven Wonders of The World.

7 Keajaiban Dunia Yang Baru

1. Chichen Itza (Meksiko)

keajaiban dunia

Source : cdn.britannica.com

Chicken Itza adalah salah satu sisa dari peninggalan Suku Maya Meksiko, yaitu suku yang dikenal sebagai pemuja Dewi Matahari yang sering melakukan berbagai ritual keagamaan.

Peninggalan sejarah ini terletak di Semenanjung Yucatán dan telah masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO setelah ditemukan pada tahun 1841.

Bangunan yang berbentuk hampir seperti piramida ini dikelilingi oleh empat buah tangga yang setiap tangganya memiliki 91 anak tangga.

Kemudian pada bagian puncaknya terdapat satu anak tangga, sehingga jika dijumlahkan mencapai 365 buah amal tangga.

Konon, bangunan arkeolog bersejarah ini di dalamnya terdapat sebuah sumur yang dulunya digunakan untuk pengorbanan.

Baca juga Mengenal Menara Sejarah Eiffel Beserta Fakta Menariknya

2. Patung Kristus Penebus (Brasil)

keajaiban dunia

Source : amorpost.com

Siapa yang tak mengenal Patung Kristus Penebus ini?

Patung ini merupakan patung Yesus Kristus terbesar di dunia yang terletak di Rio de Janeiro, Brazil.

Selesai dibangun pada tahun 1931, patung dengan tinggi mencapai 38 meter dan dengan tangan sepanjang 28 meter ini menjadi simbol umat Kristen dan simbol kebanggan Kota.

Patung ini digadang-gadang merupakan monumen buatan manusia terindah yang ada di dunia.

Karena berlokasi di Gunung Corcovado yang berada di ketinggian 710 m, maka jika kamu berkunjung ke patung bersejarah ini harus memilih waktu terbaik.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Desember hingga Fenruari dimana suku pada waktu tersebut cenderung lebih kering sehingga kamu tak akan terhalang oleh kabut.

3. Colosseum (Italia)

keajaiban dunia

Source : upload.wikimedia.org

Colosseum merupakan amfiteater berbentuk oval yang mirip dengan stadion yang dibuat untuk berbagai pertunjukan pada zaman dahulu seperti pertandingan gladiator pada masa Romawi Kuno.

Colosseum merupakan satu-satunya bangunan yang masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia baru yang berada di Eropa Selatan.

Bangunan ini dibangun di bawah Kaisar Vespasian yang dimulai pada abad 72 Masehi dan selesai pada masa pemerintahan puteranya, Kaisar Titus, pada abad 80 Masehi.

Bangunan yang terbuat dari batuan, marmer, dan pasir ini hingga kini merupakan contoh gedung pertunjukan dengan arsitektur terbaik di dunia.

Dengan bangunannya yang memiliki tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Colosseum mampu menampung hingga 50 ribu orang.

4. Tembok Besar (China)

keajaiban dunia

Source : assets-a1.kompasiana.com

Pembangunan Tembok Besar dimulai sekitar abad ke-5 atau sekitar tahun 220 Sebelum Masehi pada masa kekuasaan Dinasti Ming.

Bangunan ini berfungsi untuk menghalau penyerbu ke utara, keluar dari China.

Namun orang-orang Mongol di bawah arahan Kublai Khan berhasil menembus tembok ini pada abad ke-13.

Mereka kemudian mendirikan area pemukiman dan perdagangan di kawasan yang sekarang bernama Beijing, di bawah arahan Kublai Khan.

Dengan bangunan yang membentang sepanjang 8.852 kilometer atau sekitar 4.000 mil, menjadikan Tembok Besar sebagai salah satu bangun terpanjang yang dibuat oleh manusia.

UNESCO menyatakan bahwa tembok besar ini merupakan contoh menawan dari gabungan seni arsitektur, teknologi, dan seni China kuno.

Dilaporkan sekiar 10 juta orang dari seluruh dunia mengunjungi bangunan bersejarah ini setiap tahunnya.

5. Machu Picchu (Peru)

keajaiban dunia

Source : disk.mediaindonesia.com

Machu Picchu merupakan sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Colombus yang berada di atas lembah Urubamba di Peru.

Suku Inca-lah yang membangun bangunan ini pada abad ke-15, namun pembangunannya tak selesai akibat adanya invasi Spanyol pada abad ke-16.

Nama Machu Picchu sendiri diambil drai bahasa Quechua, Machu Pikchu yang berarti Gunung Tua.

Bangunan ini sering pula disebut sebagai Kota Inca yang hilang .

Sayangnya Machu Picchu masih sulit untuk dikunjungi karena letaknya yang berada di tempat yang sulit dijangkau, yaitu di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut.

Sehingga, beberapa orang yang berhasil mengunjungi situs sejarah ini biasanya menggunakan helicopter atau dengan melakukan pendakian ke Pegunungan Andes.

Baca juga Destinasi Pariwisata Prioritas dan Honeymoon Indonesia

6. Petra (Yordania)

keajaiban dunia

Source : velvetescape.com

Petra merupakan bangunan bekas pemukiman zaman pra-sejarah yang terletak di daerah gurun barat daya Yordania, antara Laut Mati dan Laut Merah.

Selama masa Yunani dan Roma kuno, area ini dikenal sebagai perhentian kafilah yang mengembara antara Mediterania dan Timur.

Kemudian pada abad ke-7 Masehi, kafilah meninggalkan area ini, namun bangunan berbahan batu pasir yang ada di sekitarnya masih berdiri dengan gagah.

Petra menjadi semakin banyak dikenal masyarakat dunia setelah bangunan ini diperlihatkan di film’Indiana Jones and the Last Crusade’ (1989).

7. Taj Mahal (India)

keajaiban dunia

Source : upload.wikimedia.org

Bangunan yang masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia baru yang terakhir berada di benua Asia, yaitu Taj Mahal.

Taj Mahal menjadi bangunan simbol cinta dimana bangunan ini dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan pada 1632 sebagai monumen untuk istrinya, Mumtaz Mahal.

Struktur yang sangat indah, dianggap sebagai pencapaian arsitektur Indo-Islam tertinggi yang selesai dibangun pada tahun 1648, dan ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada 1982.

Bangunan berbahan dasar marmer putih ini memiliki luas mencapai 42 hektar dimana pada bagian makamnya diberi tulisan kaligrafi arab dengan Kristal dan desain bunga yang menawan.

letak geografis indonesia
Previous Post
Destinasi Pariwisata Prioritas Indonesia Serta Untuk Honeymoon
lingkungan alami
Next Post
Mengenal Lingkungan Alami dan Buatan

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!