15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
cara jual rumah cepat

Tugas Penting Seorang Fotografer Adalah :

0 Comments

Fotografer Adalah – Pada dasarnya seorang fotografer adalah profesi dimana seseorang mengambil dan membuat sebuah foto untuk ditayangkan atau di abadikan.

Fotografi menjadi aktifitas yang semakin populer di kalangan masyarakat apalagi dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi, siapapun dapat menjadi fotografer dadakan dan inilah tugas penting seorang fotografer adalah :

Setelah munculnya berbagai media sosial seperti Instagram, para generasi millennial semakin mahir mengabadikan momen mereka dengan sebuah foto.

Tak jarang hal tersebut membangkitkan semangat para millennial untuk lebih mendalami seni fotografi agar dapat mengikuti jejak karir para fotografer terkenal.

Namun, apa itu fotografer?

Fotografer adalah orang yang berkerja dalam seni mengambil sebuah momen dalam bentuk foto menggunakan kamera atau peralatan fotografi lainnya.

Untuk kamu yang hobi memposting foto di media sosial, berikut kami berikan trik untuk mengedit foto ala fotografer serta pengenalan beberapa fotografer asal Indonesia yang terkenal.

Tips Edit Foto Ala Fotografer Adalah?

fotografer adalah

Source : krishnalearningcenter.com

Untuk kamu khususnya para millenials, memposting foto di media sosial telah menjadi keperluan yang tak boleh terlewatkan.

Simak langkah-langkah mengedit foto ala fotografer berikut ini agar foto yang kamu hasilkan dapat menjadi  lebih menarik dan dapat mengundang lebih banyak like dan komen.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa proses editing akan terlihat lebih sempurna jika foto yang kamu ambil, dihasilkan dengan komposisi dan cahaya yang seimbang.

1. Memotong Foto

fotografer adalah

Source : befunky.com

Salah satu pekerjaan penting seorang fotgrafer adalah saat memotret, terkadang kita tak sengaja menangkap bagian yang tidak diperlukan.

Hal ini dapat diakali dengan teknik cropping untuk membuang bagian foto yang tidak ingin digunakan.

Untuk menerapkannya, kamu bisa mengikuti aturan rule of third yang biasa dijadikan sebagai acuan komposisi dalam foto yang muncul ketika akan memulai proses cropping.

Garis-garis ini dapat membantu kamu untuk melihat perbandingan sisi foto agar terlihat lebih proporsional.

2. Luruskan Horizon

fotografer adalah

Source : ik.imagekit.io

Terkadang kita secara tidak sengaja memotret foto dengan posisi yang miring dan tidak sesuai dengan objek sesungguhnya.

Kamu dapat memanfaatkan teknik level atau straighten ketika proses mengedit untuk meluruskan dan mengatur posisi foto tersebut.

3. Atur  Pencahayaan dan Kontras

fotografer

Source : data:image

Ketika memotret, kamu pasti kerap menggunakan mode auto/otomatis yang terkadang membuat foto yang dihasilkan memiliki cahaya yang tidak sesuai keinginan.

Kamu dapat mengeditnya dengan mengatur tingkat kecerahan (exposure) dan perbedaan cahaya (contrast) pada foto sesuai dengan kebutuhanmu.

Perlu diingat, jangan terlalu berlebihan ketika menggunakan teknik ini karena jika tingkat kecerahan terlalu tinggi, foto akan menimbulkan efek noise (titik yang mengganggu).

4. Seimbangkan Shadow and Highlight

fotografer

Source : i.ytimg.com

Jika exposure dapat mencerahkan keseluruhan foto, teknik shadow dan highlight dapat kamu gunakan untuk mengatur pencahayaan pada bagian yang kamu butuhkan saja.

Terkadang dalam sebuah foto yang kita hasilkan, pencahayaan untuk setiap objek akan berbeda, namun tak usah khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan kedua teknik ini.

Teknik shadow dapat kamu gunakan untuk menerangkan area yang cukup gelap atau berbayang, sedangkan highlight dapat kamu gunakan untuk mengurangi cahaya di area yang terlalu terang.

5. Atur Warna

fotografer

Source : dzakifadhblog.files.wordpress.com

Dengan mengatur warna, foto hasil jepretanmu akan terlihat lebih menarik.

Kamu dapat menambahkan tone warna kebiruan, kekuningan, ataupun menjadikannya hitam putih dengan mengatur color balance.

Selain mengaturnya secara manual, kamu juga dapat memanfaatkan fitur filter yang telah disediakan dalam beberapa aplikasi seperi VSCO atau Lightroom agar lebih praktis.

6. Hilangkan Objek Yang Mengganggu

Fotografer

Source : http://2.bp.blogspot.com/

Satu lagi hal penting seorang fotografer adalah : dalam memotret foto, apalagi memotret di area yang ramai terkadang kita secara tidak sengaja memotret objek yang tidak diinginkan yang dapat mengurangi estetika.

Tak usah khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan brush healing untuk menghilangkan objek tak diinginkan yang masuk frame foto bidikanmu.

7. Menambahkan atau Mengganti Elemen Foto

fotografer

Source : i.ytimg.com

Foto ini bisa diibaratkan sebagai kanvas yang dapat kamu kreasikan.

Kamu dapat menambahkan objek lain dalam fotomu atau mengganti sebuah objek dengan sesuatu yang dirasa lebih menarik, seperti mengganti efek langit, menggabungkan dua foto, menambahkan objek.

Kamu dapat memanfaatkan berbagai aplikasi seperti MIX, lalu menggunakan fitur ‘magic sky’ untuk mengganti tampilan langit dengan efek seperti sunset, sunrise,milky way, atau bahkan aurora.

Fotografer Terkenal Indonesia

Setelah mengetahui cara mengedit foto agar terlihat seperti hasil jepretan fotografer professional, tak lengkap rasanya jika tak membahas beberapa fotografer yang ada di Indonesia.

Fotografer-fotografer asal Indonesia berikut ini bahkan telah dikenal hingga keluar negeri dengan hasil jepretannya yang menawan, lho.

1. Rio Wibowo

fotografer

Surce : lh3.googleusercontent.com

Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan nama Rio Motret adalah salah satu fotografer terkenal di Indonesia.

Fotografer yang telah berkarir selama lebih dari 12 tahun lamanya ini, dikenal sebagai salah satu wedding terbaik andalan para selebriti Indonesia.

Saking populernya, Rio Wibowo bahkan telah menarik perhatian hingga lebih dari 70 ribu pengunjung ketika ia menyelenggarakan pameran tunggal berjudul “Alkisah” di salah satu mal di Jakarta.

Baca juga Inspirasi Foto Prewedding Yang Unik dan Menarik

2. Nicoline Patricia Malina

fotografer

Source : pbs.twimg.com

Nicoline Patricia Malina adalah seorang fotografer fashion yang paling terkenal di Indonesia.

Fotografer satu ini mendirikan sebuah creative artist management pada tahun 2013 lalu dengan nama NPM Photo yang jasanya telah banyak digunakan oleh klien dari berbagai negara di Asia dan Eropa.

Selain itu, ia juga kerap berbagi ilmu lewat The Class by NPM untuk membentuk dan memotivasi para calon fotografer yang ingin terjun ke dalam industri fotografi fashion.

Keahlian yang dimilikinya ini telah membuatnya mendapatkan berbagai penghargaan seperti, Iconique Societas Excellence in Fashion Photography, Young Photographer of The Year 2009 dari ELLE Style Award, dan lain sebagainya.

3. Arbain Rambey

fotografer

Source : 2.bp.blogspot.com

 

Arbain Rambey adalah seorang jurnalis fotografi / redaktur foto dari Harian Kompas yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.

Arbain telah mendapatkan banyak penghargaan nasional maupun internasional melalui kepiawaiannya dalam menghasilkan sebuah foto.

Kecintaannya akan dunia fotografi kerap membuatnya ditunjuk sebagai juri dan panelis di berbagai perhelatan dan kompetisi fotografi.

4. Jimmy Iskandar

fotografer

Source : 1.bp.blogspot.com

Jimmy Iskandar merupakan fotografer asal Indonesia keturunan Tionghoa yang telah menjadi pelopor foto kanvas dan juga merupakan aktor utama di era foto hitam putih, berwarna, dan era foto digital.

Fotografer yang telah didaulat sebagai fotografer resmi di KTT Non Blok 10 beberapa tahun silam ini telah dipercaya untuk memotret 5 Presiden RI.

Presiden-presidentersebut diantaranya adalah Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, ia juga sering melayani pemotretan pejabat negara lainnya.

5. Davy Linggar

fotografer

Source : awsimages.detik.net.id

Fotografer terkenal Indonesia berikutnya adalah Davy Linggar.

Dengan Kepiawaiannya dalam membuat karya fotografi ini, ia kerap mendapatkan penghargaan, seperti Anugerah Fotografi Indonesia.

Ia juga dipercaya untuk menjadi ambassador dari salah satu brand kamera paling bergengsi di dunia, yaitu Leica.

Pada tahun 2015 lalu, ia membuat karya dengan menggunakan kamera analog large format, tanpa campur tangan digital sama sekali yang kemudian dipamerkan dalam pamerannya yang berjudul “FILM”.

Baca juga Pentingnya Bulan Madu dan Destinasi Bulan Madu Romantis

bulan madu
Previous Post
Pentingnya Bulan Madu dan Destinasi Bulan Madu Romantis
undangan pernikahan
Next Post
Inspirasi Undangan Pernikahan Unik dan Menarik

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!