15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Daun Kelapa

Daun Kelapa : Ciri-Ciri dan Manfaatnya

0 Comments

Daun kelapa adalah salah satu bagian dari pohon kelapa yang juga memiliki banyak kegunaan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Terdapat beberapa jenis kelapa yang ada di dunia ini, beberapa diantaranya adalah kelapa hijau dan kelapa sawit yang dapat dengan mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai sejuta manfaat dari pohon kelapa, kami jelaskan kembali sedikit mengenai pohon kelapa.

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang merupakan anggota dari keluarga Arecaceae yang termasuk ke dalam genus Cocos yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Kelapa memang dikenal sebagai pohon kehidupan karena seluruh bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan tak terkecuali dengan bagian daunnya.

Karena itulah, dalam artikel kali ini kami akan secara spesifik menjelaskan mengenai daun kelapa berikut dengan manfaatnya bagi manusia.

Ciri-Ciri Daun Kelapa

Daun Kelapa

Source : 1.bp.blogspot.com

Berikut beberapa ciri dari daun kelapa muda dan kelapa sawit.

1. Ciri-Ciri Daun Kelapa Muda

Daun kelapa muda biasa disebut dengan janur.

Janur memiliki bentuk yang hampir sama dengan daun pada kelapa hijau biasa, hanya saja memiliki sedikit perbedaan.

Jika daun pada kelapa yang sudah tua berwarna hijau, daun pada kelapa muda ini masih berwarna hijau kekuning-kuningan.

Selain dari warna tersebut, ciri-ciri lainnya masih sama dengan daun pada kelapa tua dimana daun ini memiliki daun tunggal dengan pertulangan menyirip yang menopang tiap helaian.

Meskipun sedikit lunak, daun ini tumbuh tegak dengan panjang sekitar 3-4 meter yang bertoreh sangat dalam sehingga terlihat seperti daun majemuk.

2. Ciri-Ciri Daun Kelapa Sawit

Sekilas daun pada kelapa sawit terlihat mirip dengan daun pada kelapa biasa, dimana daun pada kelapa sawit ini memiliki pertulangan yang menyirip.

Hanya saja dengan daun yang tersusun secara majemuk yang berjumlah 40 hingga 55 daun.

Daun pada kelapa sawit dapat tumbuh dengan panjang sekitar 3-5 meter (10-16 ft) serta daunnya memiliki warna hijau tua dengan warna sedikit lebih muda pada bagian pelepahnya.

Manfaat Daun Kelapa

Daun Kelapa

Source : cdn.pixabay.com

Daun kelapa yang biasa dianggap sebagai limbah ini juga memiliki beberapa manfaat baik itu untuk dijadikan beberapa barang atau bagi kesehatan.

1. Ketupat

Ketupat yang banyak ditemukan pada hari raya ini terbuat dari daun pada kelapa yang masih muda yang telah dipisahkan dari tulangnya.

Proses pembuatannya adalah dengan menggunakan teknik menganyam yang dibuat menjadi bentuk kepal bersudut tujuh.

2. Atap Daun Kelapa

Selain daun rumbia dan daun ilalang, daun kelapa juga banyak dimanfaatkan sebagai alternatif pembuatan atap rumah pada zaman dahulu.

Beberapa rumah adat di Indonesia juga banyak memanfaatkan daun ini sebagai atap rumah mereka.

Beberapa diantaranya seperti Rumah Adat Sulah Nyanda milik Suku Baduy dan Rumah Adat Hanoi milik Suku Dani.

Baca juga Rumah Adat Sumatera Utara

Pembuatan atap dari salah satu bagian dari pohon kehidupan ini tergolong lebih mudah dan lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis daun lain.

Cara membuatnya adalah dengan mengeringkan daun yang telah mengering untuk selanjutnya dianyam dengan rapi agar lebih kuat.

Selain dipakai oleh rumah-rumah tradisional, kini rumah dengan desain modernpun banyak yang memanfaatkan jenis daun ini sebagai pengganti genteng pada atap rumah mereka.

Ini karena atap dari daun ini akan memberikan kesan alami yang menjadikan seluruh bangunan memiliki suasana yang hangat.

3. Kerajinan dari Daun Kelapa

Daun kelapa juga dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang selain memiliki nilai guna, kerajinan ini juga akan mengasah keterampilan senimu.

Ditangan-tangan kreatif, daun ini dapat dibuat menjadi berbagai jenis barang bahkan dapat menghasilkan pundi-pundi uang seperti tikar, topi, mainan anak, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh kerajinan yang sering dibuat adalah burung mainan dari daun kelapa.

Selain sebagai mainan anak, ternyata burung mainan yang terbuat dari daun pohon kehidupan ini sering dijadikan sebagai rewangan yaitu simbol pernikahan adat jawa.

4. Hiasan pernikahan

Seperti yang kita tahu, janur kuning yang diletakkan di tepi jalan digunakan sebagai penanda tempat pernikahan ini adalah salah satu contoh barang yang memanfaatkan kegunaan jenis daun ini.

Selain itu, penggunaan hiasan dari daun kelapa muda (janur) seperti kembang mayang pada pernikahan adat jawa digunakan sebagai simbol sepasang pengantin ini memiliki makna filosofis.

5. Sapu Lidi

Tulang pada daun kelapa yang biasa disebut lidi banyak dimanfaatkan sebagai alat kebersihan salah satunya adalah sapu lidi.

Pembuatannya pun cukup mudah yaitu hanya dengan memisahkan bagian tulang dari daunnya, lalu satukan dan rapikan, dan ikat pada bagian atasnya hingga menjadi sapu lidi.

6. Tusuk Sate

Siapa yang suka makan sate ?

Makanan khas Indonesia yang pernah menduduki daftar makanan terenak di dunia versi CNN ini adalah olahan dari daging yang ditusuk menggunakan tusukan laalu dibakar.

Tusuk yang biasa digunakan selain terbuat dari bambu ada juga tusuk yang bahannya sama dengan pembuatan sapu lidi yaitu bagian tulang dari daun kelapa.

7. Pakan ternak

Daun ini juga banyak digunakan sebagai alternatif pakan ternak seperti kerbau atau sapi.

Biasanya daun  yang digunakan adalah daun  sawit yang telah dipisahkan dari tulangnya serta dicampur dengan pelepah kelapa.

8. Anyaman Daun Kelapa

Daun kelapa memang banyak dimanfaatkan menjadi berbagai barang yang proses pembuatannya dengan cara dianyam.

Anyaman dari bahan ini banyak dibuat menjadi kerajinan yang memiliki berbagai bentuk seperti balase (kantong), topi, dan masih banyak lagi.

Teknik menganyam ini adalah suatu teknik yang proses pembuatannya adalah dengan menyilangkan atau menjaringkan daun dengan bentuk memanjang ini menjadi berbagai bentuk.

Baca juga Kreasi Unik Resep Es Kelapa Muda

Manfaat Daun Kelapa bagi Kesehatan

Daun Kelapa

Source : novriadi.com

Tak hanya dapat dimanfaatkan menjadi berbagai barang untuk memenuhi kebutuhan manusia, daun ini memiliki khasiat yang dapat membantu penyembuhan penyakit, lho.

Beberapa khasiat daun kelapa bagi kesehatan antara lain :

1. Menekan darah tinggi

Darah tinggi seringkali menjadi penyakit yang paling sering menyerang beberapa orang, yang akan menjadi cikal bakal beberapa penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung.

Ramuan dari daun ini dipercaya dapat menekan darah tinggi.

Caranya yaitu cukup dengan merebus 10 tangkai daun ini dengan beberapa bahan lain seperti daun siirh, daun ciplukan, gambir, daun salam, dan daun suji.

Lalu saring air rebusan tersebut dan minum secara rutin setelah makan.

2. Mengobati sakit kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang terjadi jika hati tidak dapat secara efisien memproses sel darah merah saat dipecah yang akan menimbulkan gejala menguningnya kulit dan putih mata.

Penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan ramuan yang terbuat dari salah satu bagian kelapa yaitu daunnya.

Caranya yaitu bakar daun jenis kelapa gading muda hingga menjadi abu lalu campurkan dengan satu butir ayam kampung dan minum secara rutin sekali sehari selama tiga hari berturut-turut.

Es Kelapa Muda
Previous Post
Kreasi Resep Es Kelapa Muda Beserta Manfaatnya
Kerajinan dari tempurung kelapa
Next Post
Kreasi Menarik Kerajinan Dari Tempurung Kelapa

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!