15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Mencari investor untuk modal usaha

Bagaimana Cara Mencari Investor Bagi Pemula?

0 Comments

Banyak pertanyaan mengenai cara mencari investor, Saat akan memulai suatu bisnis, masalah dana sering menjadi permasalahan yang cukup pelik. Tidak semua pengusaha mempunyai modal yang cukup untuk membangun usahanya sehingga mau tidak mau mereka mencari jalan lain untuk mendapatkan tambahan dana.

Salah satu cara yang kerap digunakan adalah dengan mencari investor yang mau menanamkan modal ke usaha tersebut dan sebagai balasannya investor akan mendapatkan bagian keuntungan dari usaha yang kalian jalankan dengan persentase tertentu sesuai dengan jumlah dana yang diinvestasikan.

Makna istilah investor

Secara sederhana investor merupakan orang-orang atau juga bisa lembaga yang melakukan investasi atau memberikan dana kepada suatu usaha yang dinilai berpotensi memberikan keuntungan. Istilah investor semakin dikenal luas oleh masyarakat seiring dengan semakin maraknya startup baru yang mulai mencari dana investor agar bisa berkembang.

Meskipun istilah investor erat kaitannya dengan bisnis atau usaha tapi makna investor sebenarnya lebih luas dan beragam. Hal ini karena di pasaran terdapat banyak sekali produk investasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Investor saham pemula

Cara Mencari Investor

Cara Mencari Investor

Salah satu jenis investor yang paling populer saat ini adalah investor saham pemula yang saat ini mulai merambah ke kalangan milenial. Investasi saham sendiri merupakan salah satu investasi jangka panjang yang bisa memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Namun, keuntungan yang besar juga diiringi dengan resiko yang besar pula. Oleh sebab itu, jika kalian ingin mulai belajar investasi saham sebaiknya kalian bergabung dengan komunitas investor saham pemula yang saat ini cukup banyak ditemukan di media sosial.

Cara menjadi investor

Perlu kalian ketahui investor sebenarnya bermacam-macam tergantung dari produk investasi yang kalian ambil. Ada investor yang lebih memilih menginvestasikan uangnya ke perusahaan-perusahaan rintisan (startup) namun ada pula yang menginvestasikan uangnya melalui pasar modal.

Jika kalian ingin menjadi investor secara resmi melalui investasi pasar modal caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan dokumen pribadi, mengisi formulir dan terakhir menyetorkan dana awal sebagai deposit melalui perusahaan sekuritas.

Perlu dipahami juga jika pemilihan perusahaan sekuritas menjadi salah satu hal terpenting karena perusahaan tersebut akan membantu kalian melakukan transaksi .

Manfaat pasar modal bagi investor

Dibandingkan dengan menginvestasikan dana ke perusahaan rintisan, banyak pihak yang lebih memilih menginvestasikan uangnya di pasar modal yang lebih terjamin keamanannya. Pasar modal sendiri sebenarnya adalah tempat jual beli berbagai produk investasi dan instrumen pasar modal.

Meskipun tidak semua orang bisa dan memahami cara kerja pasar modal tapi sebenarnya pasar modal memiliki manfaat yang sangat penting tidak hanya bagi investor tapi juga negara.

Bagi investor, pasar modal akan memberikan jaminan keamanan yang lebih baik, keuntungan yang lebih besar serta memperluas jaringan bisnis.

Sementara itu,  bagi negara pasar modal bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup penting serta memantau aktivitas usaha dan investasi yang terjadi di negara tersebut.

Contoh proposal untuk investor

Proposal merupakan salah satu langkah penting dalam mencari investor. Dengan proposal yang bagus, investor bisa memiliki gambaran tentang prospek usaha, potensi keuntungan dan produk/jasa  yang ditawarkan.

Perlu kalian ketahui tidak semua proposal investasi akan diterima oleh investor.

Oleh karena itu, kalian harus memastikan jika proposal yang kalian buat disukai oleh investor.

Berikut beberapa bagian yang penting dimasukan ke dalam proposal untuk menarik investor.

  1. Definisi proposal usaha

Bagian ini merupakan bagian pembuka dimana kalian akan memaparkan rencana usaha secara lengkap kepada investor.

Di bagian ini kalian harus menggambarkan usaha atau bisnis kalian seperti prospek usaha atau bisnis yang kalian geluti, cara menjalankan usaha tersebut, berapa biaya yang harus dikeluarkan serta kapan investor mendapat bagian keuntungan dan sebagainya.

  1.   Tujuan proposal

Tujuan dari pembuatan proposal ini sudah jelas untuk menarik investor agar bersedia menginvestasikan uangnya ke usaha kalian.

Oleh sebab itu buat proposal kalian seringkas dan sejelas mungkin agar calon investor mudah paham tujuan kalian.

Namun, selain itu, proposal bisnis juga bisa menjadi sarana publikasi yang bagus, alat untuk membuat rencana bisnis dan terakhir untuk memberikan gambaran tentang bisnis kalian kepada calon investor.

Karena proposal investasi yang diajukan bukan hanya dari 1 orang saja maka proposal yang kalian buat harus terlihat berbeda namun tetap menarik.

Biasanya investor akan memberikan dana pinjaman jika usaha yang kalian miliki dinilai memiliki prospek yang jelas dan memiliki kepengurusan yang jelas sehingga lebih transparan dalam pengelolaannya.

Oleh karena itu, ide bisnis yang bagus belum tentu akan diterima oleh para investor.

Agar lebih mudah dibaca investor, sebaiknya kalian susun proposal kalian dengan rapi dan sistematik agar selain enak dibaca dan mudah dipahami.

Selain itu, jangan lupa sertakan keterangan tentang seberapa besar prospek usaha kalian ke depan dengan menggunakan analisa ekonomi agar lebih valid.

Mencari investor untuk modal usaha

Mencari investor untuk modal usaha

Mencari investor untuk modal usaha

Mencari investor yang mau menanamkan dana ke usaha kalian sebenarnya susah-susah gampang.

Hal ini dikarenakan untuk dapat disetujui investor kalian harus mampu meyakinkan investor jika usaha yang kalian jalankan memiliki prospek yang bagus serta berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar.

Jika usaha kalian sudah berjalan dan mampu menghasilkan keuntungan maka investor juga akan mudah diyakinkan namun sebaliknya jika usaha kalian belum berjalan apalagi menghasilkan keuntungan maka sulit untuk menyakinkan investor.

Nah, oleh sebab itu di artikel ini kalian akan diberi panduan bagaimana mendapatkan investor dengan cepat. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

  1.   Mengajukan proposal yang berkualitas.
  2.   Melakukan presentasi dengan baik dan tidak bertele-tele.
  3.   Menjelaskan resiko usaha yang dijalankan dengan rinci.
  4.   Membuat strategi usaha yang menarik.
  5.   Mengikuti berbagai kompetisi serta pameran baik di dalam maupun di luar negeri.
  6.   Membuat daftar calon investor potensial.
  7.   Membuat laporan keuangan yang baik dan benar.
  8.   Membangun reputasi serta kepercayaan konsumen terhadap perusahan.

Kisah sukses investor saham di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffet? Beliau merupakan salah satu orang paling tajir di bumi yang kekayaannya diperoleh dengan investasi.

Kisah suksesnya telah menginspirasi banyak sekali investor muda khususnya di Indonesia untuk mulai berinvestasi dan mengumpulkan keuntungan. Salah satu yang paling terkenal adalah Lee Kong Heng yang saat ini kerap dijuluki sebagai Warren Buffet Indonesia.

Julukan ini tidak disematkan begitu saja karena investor satu ini memang terkenal jeli dalam mengambil keuntungan di pasar modal khususnya investasi saham.

Meskipun awalnya Lo Kheng Hong terbilang terlambat untuk berinvestasi (beliau berinvestasi mulai usia 30 tahunan) tapi analisanya dalam memantau pergerakan saham terbilang jempolan.

Beliau dikenal sebagai investor yang hobi membeli saham perusahaan yang undervalued dan kemudian menjualnya dengan harga tinggi.

Dari berbagai cerita dan keterangan di atas, sebenarnya siapa saja bisa menjadi investor asalkan memiliki dana yang cukup serta informasi yang memadai.

Namun, jika kalian masih terhitung pemula tapi ingin berinvestasi maka disarankan untuk belajar lebih dulu. jika sudah paham maka selanjutnya kalian bisa memulai berinvestasi dengan modal kecil terlebih dulu baik melalui pasar modal maupun usaha rintisan.

cara investasi emas di pegadaian
Previous Post
3 Cara Investasi Emas Di Pegadaian Tanpa Ribet
perhitungan bunga kartu kredit
Next Post
Apa Saja Syarat Membuat Kartu Kredit? 

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!