15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Cara Menghafal dengan Cepat

Ini Cara Cepat Menghafal Dalam Sekejap

0 Comments

Menghafal bukan sesuatu yang asing ditelinga setiap orang terutama pelajar. Kamu mungkin teringat ketika masih sekolah sering menghafalkan beberapa mata pelajaran. Namun beberapa orang masih menerapkan cara cepat menghafal ini untuk mempelajari hal yang baru atau untuk setiap mata pelajaran di sekolah.

Menghafal merupakan bagian dari proses belajar. Menghafal adalah suatu usaha yang dilakukan dengan meresapkan sesuatu ke dalam pikiran untuk kemudian diingat. Meskipun ada bermacam-macam cara prestasi dalam belajar.

3 Tips Cara Cepat Menghafal

Cara Cepat Menghafal

Cara Cepat Menghafal

Bagi sebagian orang menghafal merupakan perkara yang sulit. Oleh karena itu, Kamu membutuhkan beberapa tips agar proses menghafal Kamu akan berlangsung dengan nyaman dan agar tidak mudah lupa yang harus Kamu lakukan sebelum mulai menghafal .

1. Segarkan dirimu

Sebelum menghafal sesuatu, ada baiknya Kamu harus membuat diri Kamu segar terlebih dahulu. Ini akan memudahkan setiap pelajaran yang Kamu hafalkan agar lebih cepat menyerap.

Kamu bisa melakukan proses menghafal saat Kamu dalam keadaan yang segar seperti sesudah mandi. Kamu juga harus mengisi perut Kamu terlebih dahulu.

Karena jika Kamu dalam keadaan lapar, hal tersebut akan mengganggu konsentrasi menghafal Kamu.

2. Pilih waktu yang tepat

Kamu juga harus mengetahui waktu menghafal yang tepat untuk diri Kamu. Temukan waktu paling efektif agar proses menghafal Kamu menjadi lebih optimal.

Untuk beberapa orang, menghafal di waktu pagi akan menjadi pilihan waktu yang tepat karena di waktu ini kondisi tubuh dan pikiran seseorang sedang dalam keadaan bersih dan belum banyak digunakan setelah beristirahat pada malam harinya.

3. Menumbuhkan motivasi

Tips selanjutnya yang dapat Kamu terapkan agar proses menghafal Kamu menjadi lebih cepat adalah dengan menumbuhkan motivasi di dalam diri Kamu sendiri.

Doronglah diri Kamu dengan motivasi yang dapat memberi Kamu semangat menghafal. Seperti mengingatkan pada diri Kamu bahwa menghafal suatu pelajaran adalah sesuatu yang akan berguna untuk Kamu di masa depan.

Cara Menghafal dengan Cepat

Cara Menghafal dengan Cepat

Setelah mengetahui beberapa tips agar proses menghafal Kamu menjadi lebih nyaman, terdapat beberapa cara menghafal dengan cepat, berikut beberapa diantaranya :

1. Mengulang-ulang

Cara menghafal dengan cepat yang pertama adalah dengan mengulang-ulang informasi atau pelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca atau mendengarkan informasi atau pelajaran tersebut dengan terus diulang secara terus menerus.

Dengan melakukan hal tersebut, secara tidak langsung otak Kamu akan semakin mengenali dan terbiasa dengan informasi tersebut.

2. Menuliskan informasi

Cara cepat menghafal yang selanjutnya adalah dengan menuliskan informasi. Setelah membaca bagian yang harus Kamu hafalkan, Kamu harus menuliskan kembali informasi atau pelajaran yang tengah Kamu hafalkan.

Hal ini dapat membuat ingatan Kamu semakin terasah karena otak akan memvisualkan hafalan Kamu melalui tulisan yang telah Kamu buat tersebut.

3. Membaca dengan keras dan lantang

Cara ini mungkin terdengar konyol namun cara ini cukup ampuh untuk Kamu coba saat akan melakukan proses menghafal. Cobalah membaca informasi atau pelajaran yang harus Kamu hafalkan dengan keras dan lantang. Cara ini sering diterapkan oleh beberapa orang.

Cara Kreatif Untuk Menghafalkan Perkalian

Ilmu hitung merupakan salah satu ilmu yang paling utama yang diajarkan oleh setiap sekolah. Salah satu bagian dari ilmu tersebut adalah perkalian. Perkalian adalah hal utama yang harus setiap siswa kuasai.

Bagi siswa pintar mungkin akan lebih cepat dalam belajar perkalian. Namun, seringkali siswa mengeluh karena sulitnya proses menghafal perkalian ini. Untuk itu Kamu harus mengetahui cara yang harus dilakukan untuk menghafalkan perkalian agar Kamu tidak merasa terbebani.

Berikut adalah cara kreatif untuk menghafalkan perkalian :

1. Lakukan secara bertahap

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan untuk menghafalkan perkalian adalah dengan melakukannya secara bertahap. Mulailah dari yang termudah hingga Kamu memahami konsepnya.

Lalu, jika sudah terbiasa dengan konsepnya, Kamu akan lebih mudah menghafalkan perkalian ke level yang lebih sulit lagi.

2. Lakukan koreksi

Setelah mencoba menghafal dengan melakukannya secara bertahap. Hal selanjutnya yang harus Kamu coba adalah dengan melakukan koreksi atas usaha Kamu dalam menghafal.

Kamu boleh meminta bantuan keluarga atau teman Kamu untuk melakukan koreksi atas hasil hafalan Kamu. Sebelum melakukannya, cobalah untuk mengulangi hafalan Kamu terlebih dahulu.

3. Coba dengan latihan

Cobalah tes hasil hafalan perkalian Kamu dengan melakukan latihan. Cobalah asah dengan mencoba mengerjakan beberapa soal. Dengan melakukan hal ini, Kamu juga akan melihat sejauh mana kemampuan hasil menghafal kamu .

Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat

Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat

Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat

Selain perkalian, salah satu pelajaran yang sering orang hafalkan adalah bacaan Al-Quran. Bagi setiap ummat Muslim, membaca Al-Quran adalah bagian dari ibadah yang selain dapat mendatangkan pahala juga dapat memberikan keberkahan.

Dengan membaca Al-Quran, kita akan mendapat pedoman serta tuntunan untuk menjalani kehidupan. Allah SWT akan menjanjikan beberapa hal bagi orang yang sering membaca Al-Quran seperti menambah kenikmatan dalam hidup, mendapat pertolongan Allah, mendapatkan tempat tertinggi di surga, mendapatkan syafaat dan mendapat beberapa manfaat dan keutamaan lainnya.

Sebagaimana yang telah Rasulullah SAW ajarkan, dengan membaca Al-Quran seseorang akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan tersebut akan Allah lipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan untuk setiap satu huruf Al-Quran yang telah dibaca. Nah, gak kebayang kan banyaknya pahala bagi orang yang menghafalkannya ?

Oleh karena itu banyak orang yang berusaha untuk menghafalkannya. Ada beberapa cara yang dapat membuat hafalan Al-Quran Kamu menjadi lebih cepat dan tidak mudah lupa. Beberapa diantaranya adalah metode 3T+1M. Talqin, Tafahum, Tikrar dan Muraja’ah.

Talqin

Menurut bahasa talqin berarti mengajar atau memahami secara lisan. Dalam hal menghafal Al-Quran, cara ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh yang dapat membuat proses cara cepat menghafal bacaan Al-Quran Kamu menjadi lebih cepat.

Kamu hanya perlu mendengarkan bacaan Al-Quran yang seseorang bacakan untuk kemudian Kamu ikuti.

Sebaiknya Kamu melakukan hal ini dengan seorang ustadz atau hafidz (penghafal Al-Quran) agar jika Kamu melakukan kesalahan dalam membacanya akan langsung diikoreksi dengan bacaan yang benar.

Tafahum

Tafahum berarti memahami arti dari bacaan Al-Quran. Cara ini memang cukup sulit untuk dilakukan karena Kamu perlu mengetahui memahami arti bacaan  Al-Qurannya. Tapi Kamu boleh mencobanya dengan membaca terlebih dahulu bacaan Al-Quran beserta dengan artinya.

Tikrar

Tikrar berarti mengulang-ulang bacaan Al-Quran sampai Kamu menghafalnya. Caranya adalah dengan membaca bacaan yang akan Kamu hafalkan lalu ulangi bacaan tersebut beberapa kali sampai Kamu menghafalnya.

Cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk diterapkan dalam hal menghafal karena dengan mengulang-ulang bacaan tersebut, otak akan lebih terbiasa dengan bacaannya sehingga Kamu akan lebih cepat dalam menghafalkannya.

Muraja’ah

Muraja’ah adalah kegiatan mengulang kembali pelajaran atau hafalan. Setelah berhasil menghafalkan bacaan Al-Quran, Kamu sebaiknya rutin melakukan muraja’ah. Hal ini dilakukan agar bacaan yang telah Kamu hafalkan terus teringat dengan baik dipikiran Kamu.

Itulah beberapa cara cepat menghafal menghafal bacaan Al-Quran dengan cepat dan tidak mudah lupa. Selamat mencoba.

lomba mewarnai
Previous Post
Ajaklah Anak Lomba Mewarnai Mencerminkan Kepribadiannya
Masjid Menara Nabawi
Next Post
Fakta Unik Menara Masjid Yang Tinggi Dan Megah

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!