15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
benua asia

Posisi Benua Asia dan Pembagian Wilayahnya

0 Comments

Benua Asia – Seperti yang kita tahu, dunia ini terbagi atas dua bagian, yaitu daratan yang biasa disebut dengan benua dan perairan yang biasa disebut dengan samudera.

Terhitung ada sekitar 5 samudera di dunia, dan tujuh benua di dunia termasuk benua Asia yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Benua Asia

benua asia

Source : notafra.id

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia yang memiliki luas wilayah sekitar 51 juta km persegi.

Jumlah tersebut sama dengan 8,7% dari total luas permukaan di bumi yang terdiri dari 30% luas daratannya.

Dengan total luasnya tersebut membuat benua ini ditinggali oleh sekitar 4,3 miliar orang atau sekitar 60% populasi manusia di dunia.

Benua Asia sendiri kerap dijuluki sebagai benua kuning.

Pasalnya, mayoritas penduduk yang mendiami benua ini berasal dari golongan atau ras mongoloid yang memiliki karakteristik kulit berwarna kuning langsat.

Penamaan Benua Asia sendiri menurut beberapa sejarawan berasal dari kata Fenisia (Bahasa lampau yang digunakan oleh orang Suria / Yunani Kuno), “asa yang berarti timur.

Orang Yunani menggunakan kata ini untuk menyebut wilayah yang berada di sebelah timur kerajaan bangsa mereka.

Posisi Benua Asia

benua asia

Source : static.sabda.org

Posisi Benua Asia sendiri sebagian terletak pada bagian bumi sebelah utara.

Benua ini merupakan satu daratan dengan Benua Eropa sehingga keduanya membentuk suatu benua raksasa yang dikenal dengan Eurasia.

Sedangkan secara astronomis, benua ini berada pada posisi 110 Lintang Selatan (LS) – 800 Lintang Utara (LU) dan 260 Bujur Timur (BT) – 1700 Bujur Barat (BB).

Baca juga Ketahui Garis Bujur dan Garis lintang

Letak astronomi tersebut menimbulkan beberapa dampak yang menjadikan Benua Asia :

  1. Terletak pada belahan bumi bagian utara, kecuali pada bagian selatan Kepulauan Indonesia di Asia Tenggara.
  2. Memiliki zona iklim lengkap yang dimiliki oleh semua iklim di dunia.

Seperti pada bagian selatan benua Asia memiliki ilkim tropis yang sebagian lagi memliki iklim muson, sedangkan pada bagian paling Utara beriklim kutub.

Kemudian antara bagian selatan dan utara memiliki iklim sedang dengan beberapa bagian lainnya  memiliki iklim sub tropis dan gurun.

  1. Memiliki panjang hingga 1750 atau hampir dari setengah keliling dunia.

Hal inilah yang menjadikan kedua ujung benua ini memiliki perbedaan waktu hingga 12 jam.

Jadi, apabila pada tepi paling barat Benua Asia sedang mengalami matahari terbit, maka pada tepi yang paling timur akan mengalami matahari terbenam.

  1. Berada di garis meridian, yaitu 1800telah memotong bagian ujung timur dari Benua Asia.

Hal ini menyebabkan sekitar 100  letak Benua Asia berada pada bujur barat, dan bagian yang terbesar dari benua Asia terletak pada bujur timur.

Adapun batas- batas wilayah yang dimiliki oleh Benua Asia adalah sebagai berikut.

  1. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik
  2. Sebelah Utara berbatasan dengan Daratan Eropa, Samudera Arktik
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Merah, Benua Afrika, dan Samudra Hindia
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia

Pembagian Wilayah dan Negara-Negara di Benua Asia

benua asia

Source : academia.co.id

Secara geografis, berbagai wilayah di benua Asia terbagi atas 5 kelompok wilayah, diantaranya yaitu  Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Asia Tengah.

Berikut penjelasan kelima kelompok wilayah tersebut :

· Asia Barat

benua asia

Source : 4.bp.blogspot.com

Meski letaknya yang berada pada bagian barat Benua Asia, namun wilayah Asia Barat sering disebut dengan wilayah Timur Tengah.

Bagian benua ini terbagi menjadi wilayah di Laut Tengah, seperti Arab Saudi, Palestina, Irak, Lebanon, Turki, dan lain sebagainya.

Asia Barat merupakan wilayah yang masih mengalami konflik di dunia, seperti perebutan wilayah yang terjadi antara Palestina dan Israel.

· Asia Timur

benua asia

Source : 1.bp.blogspot.com

Sama halnya dengan wilayah Asia Barat yang memiliki sebutan, wilayah Asia Timur ini juga memiliki sebutan, yakni wilayah Timur Jauh.

Hal ini dikarenakan orang Eropa menganggap letak geografis Asia Timut yang kurang tergapai dan terlalu jauh dari Eropa.

Bagian wilayah Asia timur terdiri dari negara-negara yang berada di Samudera Pasifik atau sebelah timur Benua Asia.

Adapun negara yang termasuk kelompok ini diantaranya Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Tiongkok, Tibet, Taiwan, dan Mongolia.

· Asia Selatan

benua asia

Source : 1.bp.blogspot.com

Wilayah Asia Selatan terdiri dari negara-negara yang terletak di negara Himalaya yang mencakup India, Nepal, Pakistan, Bhutan, dan Bangladesh.

Kemudian sebagian negara-negara di Samudera Hindia seperti Kepulauan Maladewa atau Maldive, Sri Langka, Afganistan, dan Iran.

· Asia Tenggara

benua asia

Source : 2.bp.blogspot.com

Kelompok wilayah Benua Asia selanjutnya adalah wilayah Asia Tenggara yang ditempati oleh Indonesia.

Selain itu, negara-negara lain yang termasuk ke dalam wilayah ini adalah negara-negara yang tergabung ke dalam ASEAN (Association of South East Asian Nations).

Adapun negara-negara tersebut adalah Malaysia,Indonesia, Singapura, Brunei, Filiphina, Timor Leste, Kamboja, Vietnam, Thailand, Laos dan Burma.

· Asia Tengah

benua asia

Source ; superadventure.co.id

Kelompok wilayah terakhir dari Benua Asia adalah Asia Tengah.

Negara-negara yang termasuk ke dalam wilayah ini merupakan bagian wilayah pecahan dari uni soviet atau Rusia seperti negara Uzbekistan, Kazakhstan, Tajikistan, Krgyzstan, Georgia, dan Turkmenistan.

Iklim dan Flora Fauna di Benua Asia

benua asia

Source : dosenpendidikan.co.id

Seperti yang telah disebutkan pada bagian atas, Benua Asia ini memiliki zona iklim yang ada di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut :

Iklim tropis, iklim sub-tropis, iklim sedang, iklim dingin, iklim darat, iklim mediteran, iklim kutub, dan iklim pegunungan.

Secara garis besar, iklim-iklim tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Pada bagian selatan benua Asia dengan ilkim tropis.

Iklim ini memiliki kawasan yang tertutup oleh hutan hujan tropis dengan pohon-pohon yang memiliki daun lebar dan heterogen.

Ada pula hutan musim dengan sedikit pohon-pohon yang homogen serta hewan yang hidup di iklim tropis basah, antara lain sejenis kera, badak, dan banteng.

  • Pada bagian beriklim muson dan bagian paling Utara beriklim kutub terdapat tanaman yang berdaun jarum dengan hutan campuran hutan cemara atau conifer.

Namun, pada daerah sepanjang pantai Laut Arktik merupakan daerah yang tidak ditumbuhi pohon, melainkan sejenis lumut atau yang dikenal dengan hutan tundra.

Hewan yang dapat hidup di daerah tersebut seperti hewan caribou atau sejenis rusa, beruang, dan serigala.

Antara bagian selatan dan utara yang beriklim sedang dengan beberapa bagian lainnya  beriklim sub tropis dan gurun atau kering.

  • Pada daerah dengan iklim tersebut, dapat dijumpai tumbuhan gurun dengan masa tumbuh yang singkat seperti kaktus berduri.

Hewan yang dapat hidup di wilayah dengan iklim ini, antara lain hyena, singa, unta, dan keledai yang kebanyakan mampu menyimpan cadangan makanan sendiri.

Kemudian, pada daerah sekeliling gurun yang memiliki curah hujan lebih besar, biasanya ditumbuhi oleh padang rumput kering

Pada daerah yang sedikit lembab, terdapat hutan sabana dengan beberapa hewan seperti rusa, zebra, jerapah, yak, zebu, banteng, kuda, harimau, serigala, singa, dan jaguar.

 

letak geografis indonesia
Previous Post
Letak Geografis Indonesia Beserta Dampaknya
pergantian musim
Next Post
Penyebab Terjadinya Pergantian Musim

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!