15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Belajar Membaca Dan Menulis

Belajar Membaca Yang Menyenangkan Pada Anak

0 Comments

Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan semua hal yang terbaik bagi anak kita. Salah satunya adalah pendidikan. Bagi setiap anak, pendidikan dimulai dari orang tua. Salah satunya adalah belajar membaca. Awalnya, keterampilan membaca ini hanya akan diajarkan pada anak usia dasar saja.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kualitas pendidikan, keterampilan membaca ini mulai diajarkan pada anak – anak TK bahkan anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita semua terutama para orang tua tentang bagaimana mengajarkan supaya anak pintar membaca dengan baik agar anak bisa belajar sesuai dengan tahapan perkembangan daya pikirnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik tentu kita harus tahu bagaimana cara mengajarkan keterampilan membaca pada anak sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan.

Belajar Membaca Dan Menulis

Belajar Membaca Dan Menulis

Belajar Membaca Dan Menulis

Belajar membaca bagi anak merupakan salah satu cara bagi anak untuk berpetualang dan mengenal dunia sekitar. Mereka bisa mengetahui beberapa fenomena di sekitar mereka dan memiliki imajinasi yang lebih luas ketika berhasil membaca.

Oleh karena itu, memiliki kemampuan membaca sangatlah penting bagi setiap anak. Umumnya, anak akan mulai tertarik untuk membaca pada usia balita.

Hal ini tergantung bagaimana kebiasaan orang tua sehingga bisa membuat anak tertarik untuk membaca. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus tahu cara mengajarkan anak untuk bisa belajar dan berlatih membaca maupun menulis.

  • Membacakan cerita pada anak

Membacakan cerita pada anak

Membacakan cerita pada anak

Jika ingin anak tertarik untuk membaca, maka kita bisa mulai dengan membacakan beberapa cerita menarik untuk anak – anak. Misalnya saja saat anak akan tidur atau saat bermain. Kita bisa menggunakan buku cerita yang memiliki gambar menarik serta huruf yang besar.

Sehingga, anak – anak akan tertarik dengan buku bacaan yang digunakan. Akhirnya, anak akan tertarik untuk berlatih membaca. Berbagai macam pilihan buku dapat digunakan untuk mengajarkan anak bagaimana cara membaca dan menulis. Salah satu buku cerita yang bisa digunakan adalah buku cerita tentang hewan dan tanaman.

Mengapa? Hewan dan tanaman merupakan beberapa makhluk hidup yang ditemukan oleh anak di kehidupan sehari – hari. Mereka akan tertarik bagaimana cerita hewan dan tanaman tersebut. Sehingga, anak – anak juga akan belajar sedikit demi sedikit untuk membaca.

Hal ini tentu mempermudah bagi anak untuk mendapatkan keterampilan membaca yang baik. Saat membacakan cerita anak ini, kita juga bisa melibatkan anak dalam proses cerita tersebut.

Caranya dengan melemparkan pertanyaan tentang kelanjutan cerita yang dibaca. Hal ini akan mempermudah anak untuk merasa familiar dengan kata – kata yang tertulis dalam buku cerita tersebut.

  • Mengajarkan Anak untuk Mengeja Kata Sederhana

Mengajarkan Anak untuk Mengeja Kata Sederhana

Mengajarkan Anak untuk Mengeja Kata Sederhana

Kita juga bisa mengajarkan anak beberapa kata sederhana untuk dieja. Kata tersebut bisa berasal dari beberapa tulisan yang kita temukan di jalan maupun dengan menggunakan alat bantu tulis. Misalnya saja kata makan.

Kita bisa mengajarkan pada anak bahwa aktivitas yang sering mereka lakukan bisa ditulis dengan m – a – k – a – n. Kita juga perlu mengajarkan kepada anak tentang cara membaca kata tersebut dan mengucapkannya dengan benar.

Dengan cara ini, akan lebih familiar tentang bacaan dan tulisannya. Selain itu, kita juga bisa meminta anak untuk menirukan tulisan yang kita buat beserta ejaannya. Sehingga, anak bisa belajar tak hanya membaca tapi juga menulis.

  • Menggunakan Blok Huruf

Menggunakan Blok Huruf

Menggunakan Blok Huruf

Menciptakan suasana yang menyenangkan serta penuh dengan permainan bisa menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak tentang bagaimana cara membaca dan menulis.

Kita bisa mengajarkan anak untuk membaca dan menulis dengan menggunakan blok huruf. Setiap blok berisikan satu huruf. Selain itu, akan lebih baik jika blok huruf tersebut memiliki warna yang berbeda. Kita bisa minta anak untuk menyusun blok huruf tersebut berdasarkan kata yang kita ucapkan. Sehingga, anak akan mulai menganalisis dan mengenali berbagai macam kata dan ejaannya.

Cara ini terbilang cukup efektif dimana anak akan lebih berpikir tentang huruf apa saja yang ia kenali. Selain itu, anak tidak hanya mengenal tentang posisi huruf seperti yang ada di kartu huruf akan tetapi lebih fokus kepada bentuk huruf yang akan memudahkannya untuk membaca dan menulis.

Belajar Membaca Huruf

belajar membaca huruf

belajar membaca huruf

Belajar membaca bagi anak juga dapat dilakukan dengan mengenalkan huruf kepada anak. Huruf merupakan salah satu komponen penting dalam setiap bacaan. Banyaknya huruf yang harus dipahami oleh anak menjadi salah satu alasan mengapa huruf harus diajarkan terlebih dahulu.

Kita sebagai orang tua bisa mengenalkan satu per satu huruf sehingga daya ingat anak akan lebih baik. Dengan begitu, anak menjadi lebih familiar dengan huruf dan akan mudah untuk belajar dan berlatih membaca. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan huruf kepada anak.

  • Mengajarkan Huruf Satu Per Satu Persatu

Mengajarkan Huruf Satu Per Satu Persatu

Mengajarkan Huruf Satu Per Satu Persatu

Huruf alfabet yang berjumlah 26 huruf dengan berbagai macam bunyi yang dihasilkan menjadi salah satu tantangan bagi anak untuk mempelajarinya. Bagi seorang anak tentu akan merasa kesulitan jika harus mengenal huruf secara keseluruhan dalam waktu bersamaan.

Oleh karena itu, kita bisa mengajarkan anak satu per satu huruf dimulai dari huruf pertama hingga huruf paling akhir. Kita bisa membuat salah satu huruf dalam buku gambar dengan warna yang menarik. Selain itu, kita bisa mencontohkan kepada anak bagaimana huruf tersebut dibaca.

Kemudian, kita bisa minta anak untuk menggambar kembali huruf tersebut sambil mengucapkan bagaimana huruf tersebut dibunyikan. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah untuk membaca huruf. Belajar dan berlatih membaca huruf tentu membutuhkan suatu kesabaran yang lebih.

Kita bisa mengajarkan kepada anak 3 hingga 5 huruf sehari. Nantinya, setelah selesai huruf A hingga Z, kita bisa melakukan tes ulang untuk mengetahui sejauh mana anak bisa mengingat huruf yang telah mereka pelajari. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih terukur perkembangannya dan tidak bosan saat mempelajari huruf.

  • Mengajak Anak untuk Bernyanyi Lagu tentang Belajar Huruf

Mengajak Anak untuk Bernyanyi Lagu tentang Belajar Huruf

Mengajak Anak untuk Bernyanyi Lagu tentang Belajar Huruf

Kita juga bisa mengajarkan anak beberapa lagu yang bisa digunakan untuk belajar bagaimana cara membaca huruf. Lagu tersebut bisa berupa ABCDE dan beberapa lagu anak lain. Dengan menyanyikan lagu huruf, maka anak akan merasa lebih senang dan lebih cepat untuk belajar tentang huruf.

Saat menyanyikan tentang lagu huruf, kita bisa menunjukkan beberapa kartu huruf dengan warna huruf dan kertas yang berbeda. Hal ini akan membuat anak familiar dan lebih mengenal tentang huruf apa saja yang ada. Sehingga, ketika anak diminta untuk bernyanyi lagi tentang huruf tersebut mereka bisa menunjukkan huruf mana sesuai dengan yang mereka nyanyikan.

  • Membaca Huruf Secara Berulang – ulang dengan Beberapa Kata Familiar

Membaca Huruf Secara Berulang

Membaca Huruf Secara Berulang

Kita juga bisa mengajarkan anak tentang huruf dari beberapa kata yang ia temui saat bermain. Misalnya saja saat mengajaknya ke supermarket, kita bisa meminta anak untuk mengenali huruf yang ada di sekitar anak.

Akan lebih baik jika dalam satu hari kita berfokus pada beberapa jenis huruf yang sama. Sehingga, anak tidak akan merasa bingung dengan banyaknya huruf yang harus ia pahami dan hafalkan.  Selain itu, anak juga bisa belajar dengan cara mengulang huruf yang ia telah kenal.

Hal ini kita bisa lakukan di setiap akhir pekan sebagai salah satu bentuk evaluasi dari pengajaran tentang huruf yang telah ia jalani. Dengan cara ini, akan lebih mudah bagi anak untuk belajar tentang huruf.

Belajar Membaca Anak TK

Belajar Membaca Anak TK

Belajar Membaca Anak TK

Belajar membaca bagi anak TK tentu berbeda dengan anak yang sudah SD. Kita perlu menciptakan kondisi yang kondusif dan meningkatkan minat baca bagi anak.

Sehingga, anak tidak akan merasa terbebani saat mereka ingin belajar bagaimana membaca. Berikut ini beberapa cara untuk mengajarkan anak TK cara membaca:

  • Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Membaca

Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Membaca

Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Membaca

Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak TK bagaimana cara membaca adalah memilih waktu yang tepat untuk belajar. Seperti yang kita ketahui, anak – anak di usia TK cenderung memilih untuk bermain. Selain itu, mood yang selalu berubah menjadi salah satu hal yang menjadi ciri khas anak TK.

Oleh karena itu, agar pembelajaran tentang membaca menjadi lebih optimal, kita harus menentukan kapan waktu yang tepat bagi anak untuk belajar dan berlatih membaca. Usahakan anak tidak dalam keadaan lelah, mengantuk, lapar, atau ingin bermain di luar.

Selain itu, jangan sampai waktu belajar dan berlatih membaca mengganggu waktu istirahat anak. Hal ini justru akan membuat anak tidak fokus dan pembelajaran menjadi tidak efektif.

  • Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Anak TK akan lebih mudah belajar cara membaca dengan suasana yang menyenangkan. Ibu bisa menciptakan beberapa permainan atau menyisipkan humor saat anak sedang belajar cara membaca. Selain itu, kita bisa memberikan penghargaan kepada anak jika anak bisa membaca dengan benar.

Kita juga harus menghindari untuk tidak memarahi anak saat mereka melakukan kesalahan dalam membaca. Hal ini justru akan membuat anak menjadi muak saat belajar bersama dengan orang tua. Sehingga, anak justru tidak akan mau membaca.

Kita bisa memberikan semangat kepada anak saat ia melakukan kesalahan. Dengan cara tersebut, anak akan lebih senang dan mudah dalam menerima pembelajaran.

  • Mengenalkan alfabet dan beberapa suku kata sederhana

Kita juga bisa mengenalkan anak tentang huruf yang ada di dalam alfabet serta beberapa suku kata sederhana. Untuk alfabet, kita bisa mengajarkan anak dengan lagu yang mudah dihafalkan.

Sementara suku kata sederhana, kita bisa membuat beberapa kartu permainan dan meminta anak untuk membaca suku kata tersebut. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih terbiasa saat membaca.

  • Mengajarkan Anak Beberapa Suku Kata yang Menggunakan Konsonan Mati

Kita juga bisa mengajarkan anak beberapa suku kata yang menggunakan konsonan mati semisal ng dan ny. Anak mungkin akan kesusahan baik untuk membaca maupun mengucapkannya. Oleh karena itu, kita bisa mengajarkannya secara berulang – ulang agar anak lebih terbiasa.

  • Mengajarkan Anak Beberapa Kata Utuh

Setelah anak bisa membaca beberapa huruf baik dengan konsonan hidup maupun mati, maka kita bisa mulai mengajarkan kepada mereka tentang beberapa kata utuh. Caranya adalah dengan meminta anak untuk mengeja kata tersebut. Lama kelamaan anak akan bisa mengeja kata tersebut secara utuh.

Kita juga bisa memberikan koreksi jika anak tidak membaca dengan benar. Setelah beberapa kali pengulangan, anak akan lebih mudah untuk membaca beberapa kata utuh.

Belajar Membaca Anak SD

Belajar Membaca Anak SD

Belajar Membaca Anak SD

Belajar membaca bagi anak SD juga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Sebagai orang tua, kita perlu untuk menciptakan kondisi dan keadaan yang menyenangkan bagi anak. Sehingga, anak akan lebih mudah untuk membaca dan memiliki prestasi belajar yang bagus di sekolahnya.

  • Menggunakan Media Bergambar

Kita sebagai orang tua bisa membuat beberapa media bergambar yang bisa digunakan untuk membantu anak dalam belajar dan berlatih membaca. Media bergambar ini berisi beberapa gambar dan tulisan yang bisa dibaca dan dihafalkan oleh anak.

Sehingga, anak akan lebih mudah untuk menghafalkan beberapa kosakata. Kita juga bisa menggunakan beberapa warna pada beberapa kosakata tersebut sehingga anak tidak akan mudah merasa bosan.

  • Menggunakan video dan buku cerita bergambar menarik

Menggunakan video dan buku cerita bergambar menarik

Menggunakan video dan buku cerita bergambar menarik

Bagi anak usia SD, mereka lebih tertarik pada sesuatu yang bergerak dan bergambar. Oleh karena itu, kita bisa memberikan beberapa video tentang belajar dan berlatih membaca bagi anak.

Dengan begitu anak akan lebih tertarik. Selain itu, setiap akan tidur, kita bisa meminta anak untuk belajar dan berlatih membaca buku cerita yang ia miliki. Sehingga, mereka akan lebih cepat membaca dengan baik.

Belajar Membaca Al Quran

Belajar Membaca Al Quran

Belajar Membaca Al Quran

Belajar membaca Al Quran merupakan sebuah kewajiban bagi semua orang muslim. Untuk dapat membaca Al Quran, seseorang harus belajar sejak kecil karena bacaan yang ada di dalam Al Quran berbeda dengan apa yang ada di dalam alfabet. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mengajarkan anak cara membaca Al Quran sejak dari kecil.

  • Membiasakan Anak untuk Mendengarkan Al Quran

Membiasakan Anak untuk Mendengarkan Al Quran

Membiasakan Anak untuk Mendengarkan Al Quran

Kita sebagai orang tua bisa memberikan stimulus kepada anak agar terbiasa dengan bacaan Al Quran. Salah satu caranya adalah dengan memperdengarkan Al Quran dalam setiap aktivitas. Sehingga, anak tidak akan merasa asing dengan bacaan Al Quran karena mereka sudah terbiasa mendengarkannya.

  • Mengajak Anak Saat Orang Tua Mengaji dan Memberikan Pemahaman Tentang Kewajiban Mengaji

Mengajak Anak Saat Orang Tua Mengaji

Mengajak Anak Saat Orang Tua Mengaji

Kita juga perlu menyadari bahwa orang tua merupakan teladan bagi anak. Sementara itu, mengaji merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua bisa mencontohkan tentang kewajiban mengaji dengan cara mengajak anak saat orang tua akan mengaji.

Hal ini akan menanamkan pemahaman bahwa mengaji juga merupakan kewajiban bagi mereka. Sehingga, anak akan memiliki keinginan untuk belajar mengaji sama seperti orang tua mereka.

  • Mengajarkan Anak – Anak Huruf Hijaiyyah

Mengajarkan Anak – Anak Huruf Hijaiyyah

Mengajarkan Anak – Anak Huruf Hijaiyyah

Al Quran ditulis dengan menggunakan Bahasa Arab yang memiliki huruf hijaiyyah. Sehingga, kita perlu mengajarkan anak apa saja jenis huruf hijaiyyah dan bagaimana cara pengucapannya. Hal ini merupakan tahap yang penting karena huruf hijaiyyah harus diucapkan dengan benar.

  • Mulai dari Iqro’ hingga Al Quran

Mulai dari Iqro’ hingga Al Quran

Mulai dari Iqro’ hingga Al Quran

Kita bisa mengajarkan anak – anak untuk membaca Al Quran mulai dari yang mudah yaitu dengan menggunakan Iqro’ sampai ke level yang lebih sulit yaitu Mushaf Al Qur’an. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa kaget karena mereka membaca sesuai dengan tingkat kemampuan yang mereka miliki.

Pengusaha Muda Sukses
Previous Post
Ini Lho Rahasia Pengusaha Muda Sukses Dunia
Masjid 99 Kubah
Next Post
19 Masjid Indonesia Yang Paling Megah dan Bersejarah

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!