15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Memiliki Kosakata yang Tinggi

Bukan Anak Pintar Saja, Tapi Juga Cerdas

0 Comments

Anak pintar merupakan dambaan bagi setiap orangtua. Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang pintar karena anak pintar akan membanggakan orangtuanya. Namun tahukah Anda bahwa pintar belum tentu cerdas?

Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa pintar dan cerdas merupakan dua hal yang berbeda. Lalu apakah perbedaannya ?

anak pintar

anak pintar

Meski sering dianggap sama, namun pada faktanya pintar memiliki makna berbeda dengan cerdas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pintar bermakna pandai atau cakap. Artinya, anak pintar adalah anak yang memiliki ilmu. Ilmu diperoleh dari proses yang memerlukan usaha dan waktu.

Sedangkan  cerdas merupakan hal yang telah terbentuk sejak lahir. Kondisi ini dapat menentukan cara anak dalam menguasai suatu pengetahuan. Biasanya anak cerdas relatif lebih cepat dalam mempelajari sesuatu.

Meskipun pintar dan cerdas memiliki makna yang berbeda, namun keduanya merupakan hal yang sama baiknya. Lalu bagaimana cara orangtua dapat mengetahui bahwa sang buah hati memiliki sifat ini ? Berikut adalah ciri-cirinya :

Ciri Anak Pintar

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Anak pintar cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Karena itu, anak biasanya akan sering menanyakan hal yang membuatnya penasaran seperti “Itu apa?” , “Kenapa bisa seperti itu?”, dan semacamnya. Jika anak melakukan hal tersebut, Anda cukup mendukung dan mengembangkannya dengan menjawab setiap pertanyaan yang ia lontarkan dengan jawaban yang mudah ia pahami.

2. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Anak pintar selalu memiliki minat baca dan daya ingat yang kuat. Nantinya ia akan mampu menyimpan berbagai macam informasi yang telah ia terima untuk waktu yang lama. Dengan memiliki daya ingat yang kuat, anak akan lebih mudah memahami informasi yang dilihat atau didengarnya.

3. Memiliki Imajinasi yang Baik

Memiliki Imajinasi yang Baik

Memiliki Imajinasi yang Baik

Pernahkah Anda melihat buah hati Anda sedang berimajinasi bisa terbang layaknya burung ? Hal tersebut merupakan salah satu contoh bahwa buah hati Anda sedang berada dalam proses imajinasi. Dengan berimajinasi, anak akan menunjukan kreativitas mereka yang menunjukan bahwa anak tersebut memiliki imajinasi yang baik.

4. Memiliki Kosakata yang Tinggi

Memiliki Kosakata yang Tinggi

Memiliki Kosakata yang Tinggi

Ciri selanjutnya yang dapat menunjukan bahwa buah hati Anda pintar adalah memiliki kosakata yang tinggi. Anak pintar biasanya sudah mampu berkomunikasi dengan menggunakan kosakata yang tinggi. Namun, orang dewasa sering menganggap hal tersebut sebagai hal yang tak wajar diucapkan oleh anak seusia mereka.

Hal tersebut sebaiknya dihindari dan tidak boleh terjadi. Anak pintar memang biasanya sering mengucapkan kata-kata yang terkesan seperti orang dewasa sehingga kita hanya perlu memahami dan mendukungnya saja.

5. Mampu Berpikir Cepat

Mampu Berpikir Cepat

Mampu Berpikir Cepat

Anak pintar biasanya akan mudah memahami informasi yang ia terima karena ia mampu berpikir lebih cepat dari anak biasa pada umumnya. Hal tersebut menyebabkan anak Anda akan merespon sesuatu dengan lebih cepat pula.

Seiring berjalannya waktu, mereka juga akan semakin cepat dalam meraih perestasi belajarnya. Berbahagialah jika Anda melihat buah hati Anda menunjukan hal tersebut.

Game Pintar untuk Anak

Orangtua tentu harus mendukung anaknya untuk menjadi sosok anak yang diimpikan setiap orangtua. Dalam hal ini Anda tentu juga harus ikut berperan. Setiap anak tentunya suka bermain. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai cara untuk mendukung dan mendorongnya menjadi anak yang pintar.

Game atau permainan tidak hanya dapat menghibur tetapi juga bisa dijadikan sebagai media edukasi yang dapat mendukung  tumbuh kembangnya menjadi anak yang pintar dan dapat membanggakan orangtuanya.

Anda dapat melatih anak Anda dengan berbagai game atau permainan. Pilihlah permainan yang dapat menghibur serta mengedukasinya. Berikut beberapa permainan yang dapat Anda coba terapkan untuk mendukung anak Anda menjadi sosok anak yang pintar:

1. Bermain kartu

bermain kartu

bermain kartu

Bermain kartu bisa menjadi pilihan Anda untuk melatih buah hati tercinta menjadi sosok anak yang pintar. Pilihlah kartu dengan warna dan gambar yang beragam. Warna merupakan salah satu faktor yang dapat berperan penting pada perkembangan otak anak.

Bahkan beberapa warna-warna tertentu dapat merangsang kecerdasan otak dan ingatan anak. Diantara warna-warna tersebut adalah:

-Warna hijau karena warna ini dapat memberikan efek yang menenangkan sehingga anak Anda dapat lebih berkonsentrasi dalam mempelajari sesuatu.

-Warna oranye kerena warna ini dapat memberikan kesan yang hangat dan bersahabat sehingga warna ini dapat menimbulkan sifat sosial yang dapat mendorong kepercayaan diri anak.

-Warna kuning. Warna ini sering diartikan sebagai warna yang kerap menggambarkan kebahagiaan dan kegembiraan. Jika anak merasa bahagia dan gembira, ia akan lebih mudah berkonsentrasi sehingga anak akan lebih mudah menerima informasi yang ia berikan.

-Warna biru juga dapat memberikan efek yang menenangkan pada anak Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Preventative Cardiology, warna ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengontrol detak jantung yang dapat menurunkan rasa cemas dan perilaku agresif pada anak. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam memberikan informasi pada anak Anda.

2. Permainan yang melibatkan fisik

Permainan yang melibatkan fisik

Permainan yang melibatkan fisik

Permainan yang melibatkan fisik akan membuat anak Anda banyak bergerak. Selain dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulangnya, permainan fisik juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. Berbagai permainan yang melibatkan fisik pada umumnya dilakukan di luar rumah sehingga permainan ini dapat meningkat jiwa sosialisasi pada anak terhadap lingkungannya.

Ada begitu banyak jenis permainan yang dapat melibatkan fisik anak Anda. Salah satunya adalah bermain sepak bola. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat anak Anda banyak bergerak. Sehingga permainan ini akan menambah keterampilan fisik dan meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak.

Permainan ini juga akan menciptakan suasana kerjasama sehingga anak akan memiliki sikap tanggung jawab terhadap dirinya serta anggota kelompoknya.

3. Permainan Teka-Teki

Permainan Teka-Teki

Permainan Teka-Teki

Permainan lain yang dapat anda coba berikan untuk melatih anak Anda agar menjadi sosok anak pintar adalah permainan teka-teki. Jenis permainan ini dapat melatih daya pikir dan daya ingat anak.

Namun perlu Anda pilih berbagai permainan teka-teki untuk anak Anda. Jangan berikan permainan teka-teki yang terlalu sulit yang dapat membuat ana Anda berpikir terlalu keras karena anak akan merasa cepat lelah dan bosan.

Anda bisa mencoba permainan puzzle sebagai salah satu permainan edukatif ini. Puzzle merupakan permainan yang berupa kepingan-kepingan  kecil dari suatu gambar yang nantinya  harus anak Anda susun menjadi sebuah gambar yang utuh. Permainan ini dapat merangsang kemampuan berpikir anak dalam memecahkan suatu masalah.

4. Permainan aplikasi android

Permainan aplikasi android

Permainan aplikasi android

Di zaman serba modern seperti sekarang, Anda dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana edukasi pada anak. Anda bisa memberikan permainan aplikasi android untuk mendukungnya menjadi anak yang pintar. Namun Anda perlu membimbing dan memantau anak Anda dalam memainkan jenis permainan ini.

Salah satu contoh aplikasi permainan android yang boleh Anda coba terapkan pada anak Anda adalah aplikasi Khan Academy Kids. Permainan edukatif yang satu ini mencakup ribuan kegiatan yang interaktif untuk anak prasekolah juga untuk anak yang tengah berada di tingkat PAUD atau taman kanak-kanak.

Dalam aplikasi ini, anak-anak akan diajari untuk belajar membaca, menulis dan menghitung. Aplikasi memang cukup lengkap untuk anak Anda.

Aplikasi ini juga mengajarkan anak untuk berbahasa, diberi permainan yang akan mengembangkan jiwa social dan emosionalnya serta anak akan diajarkan untuk memecahkan masalah yang dikemas supaya anak akan menikmati proses belajar melalui aplikasi ini.

Anak Pintar Mengaji

Anak Pintar Mengaji

Anak Pintar Mengaji

Setiap orang yang memeluk Agama Islam pasti menginginkan anaknya pintar mengaji. Anak pintar mengaji merupakan suatu kebanggaan bagi setiap orangtua Muslim. Lalu bagaimanan cara orantua mengjarkan anaknya mengaji agar anak tidak mudah bosan ? Inilah beberapa cara membuat anak menjadi sosok yang pintar mengaji.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak Anda mengaji. Orangtua hanya perlu membuatnya menjadi suatu kegiatan yang lebih menarik agar anak menjadi lebih bersemangat. Caranya adalah Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mengakses video-video hafalan Al-Quran. Selain mudah, cara ini juga dapat melatih anak Anda beserta pelafalannya dengan benar.

Anda juga bisa melakukan metode lain seperti mengajak anak Anda untuk pergi mengaji ke sekolah-sekolah berbasis agama yang dapat mengajarkan anak Anda untuk mengaji. Melalui cara ini, anak akan mengikuti berbagai kegiatan yang membuatnya pintar mengaji seperti menghafal, membaca serta menulis.

Previous Post
Hati – Hati Saat Ingin Melakukan Pinjaman Online OJK
Wisata Cipanas Garut
Next Post
9 Keindahan Wisata Garut Yang Jarang Diketahui

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!