15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
anak durhaka

Kisah Anak Durhaka Dengan Hadist dan Do’a Untuk Anak

0 Comments

Kisah anak durhaka kepada orangtua memang sudah sering kita dengar.

Dari kisah-kisah tersebut, kita tahu bahwa dengan durhaka pada orangtua, hidupnya tidak akan berkah sebab ridha Allah SWT bergantung pada ridha orangtua.

Orangtua adalah sosok yang yang paling berjasa dalam hidup kita.

Tanpa perjuangan dan jasa mereka, kita tentu tidak akan dapat tumbuh dan berkembang sebaik seperti sekarang ini.

Tak hanya cerita Malin Kundang, berikut kisah anak durhaka pada orangtuanya serta hadist dan cara menasehati anak durhaka.

Kisah Anak Durhaka

anak durhaka

Source : 3.bp.blogspot.com

Akibat Anak Yang Memperlakukan Ibunya Sebagai Pembantu

Bagian 1

Pada zaman dahulu ada seorang anak yang selalu berlaku kasar kepada ibunya. Tak hanya suka teriak-teriak di depan ibunya, ia juga sering mencaci maki ibunya itu. Meskipun sering diperlakukan buruk oleh anaknya, ibunya yang telah tua itu selalu berdoa kepada Allah agar Allah dapat meringankan kekerasan dan kekejaman anaknya.

Dia menjadikan ibunya layaknya pembantu yang mengurusi segala kebutuhannya. Betapa sering air mata sang ibu mengalir di kedua pipinya. Ia selalu berdoa kepada Allah agar memperbaiki hati anaknya dan memberikan hidayah kepadanya.

Pada suatu hari, iamenemui ibunya dengan tatapan dan raut wajah tajam. Dia berteriak-teriak di depanibunya, “Apakah ibu belum menyiapkan makanan untukku?” bentaknya. Ibunya dengan segera mempersiapkan dan menghidangkan makanan untuknya. Akan tetapi ia malah melemparnya karena menurutnya makanan itu tidak enak.

Dia marah dan berkata, “Sungguh, aku seperti kena musibah, aku tidak tahu kapan aku bisa jauh diri darimu, wanita yang tua renta.” Mendengar perkataan tersebut, ibunya menangis seraya berkata, “Wahai anakku, takutlah kamu kepada Allah terhadapku. Tidakkah kamu takut kepada Allah? Tidakkah kamu takut akan murka dan kemarahan-Nya?”

Mendengar perkataan itu, ia malah semakin marah, ia memegang baju ibunya dan mengangkatnya. Ia mengguncang-guncang ibunya dengan kuat seraya menghardik, “Dengar, aku tidak mau dinasihati oleh wanita tua sepertimu. Bukan aku yang harus bertakwa kepada Allah.”

Lalu dia menjatuhlan ibunya hingga ibunya tersungkur. Tangis ibunya bercampur dengan tawa anaknya yang penuh dengan arogansi. “Ibu pasti akan mendoakan hal buruk untukku, kan? Ibu kira Allah akan mengabulkannya?” ucapnya sambil berjalan keluar rumah. Sementara sang ibu berlinangan air mata kesedihan. Ia tak henti menangis siang dan malam.

Bagian 2

Anaknya kemudian menaiki mobil miliknya sambil mendengarkan musik dengan suara yang keras, bergembira dan bersuka cita. Seolah tak tahu apa yang telah ia perbuat terhadap ibunya yang malang. Ia meninggalkan ibunya dalam keadaan bersedih hati sendirian, hatinya teriris, sedih yang sangat mendalam.

Ia menjalankan mobilnya dengan kecepatan tinggi. Tiba-tiba ada seekor rusa yang berlari ke tengah jalan. Ia terguncang dan kehilangan keseimbangan. Ia mencoba untuk menyeimbangkan mobilnya, namuan sayang, ia tak dapat menghindari kecelakaan.

Mobilnya menabrak tiang yang ada di pinggir jalan hingga mobilnya rusak parah. Terdapat potongan besi mobil masuk ke dalam perutnya, ia merasakan kesakitan yang teramat. Allah masih menangguhkan kematiannya seperti memberinya waktu untuk bertaubat. Setelah mengalami beberapa kali operasi, akhirnya Allah mencabut nyawanya sebelum ia sempat meminta maaf kepada ibunya.

Baca juga Cerita Fiksi : Ciri, Struktur, Unsur, dan Contohnya

Balasan Bagi Anak Durhaka Menurut Islam

anak durhaka

Source : asset-a.grid.id

Dari kisah tersebut, anak yang durhaka kepada orangtuanya akan mendapatkan kesusahan di dunia sebagaimana yang telah dijelaskan oleh hadist Rasulullah SAW berikut :

“Setiap dosa akan diakhiri hingga hari kiamat sesuai dengan kehendak Allah, kecuali dosa orang yang mendurhakai kedua orangtua. Sesungguhnya Allah akan mempercepat (balasan) terhadap orang itu di dalam hidupnya bahkan sebelum ia mati.” (H.R Al-Hakim).

Selain itu, terdapat beberapa balasan yang akan diterima jika anak durhaka kepada orangtuanya, antara lain :

·  Shalatnya tidak diterima

Meskipun ia melakukan ibadah shalat, namun amalan shalat anak yang durhaka tidak akan diterima Allah sebelum ia bertobat dan meminta maaf kepada kedua orangtuanya. Hal ini sesuai dengan hadist berikut.

“Allah tidak akan menerima shalat orang yang benci kepada kedua orangtua yang tidak menganiayanya” (H.R Abu Hasan bin Makruf).

· Dijauhkan dari kenikmatan surga

Balasan bagi anak yang durhaka selanjutnya adalah dijauhkan dari kenikmatan surga. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Nasa’i dan Ahmad berikut.

“Ada tiga macam manusia yang Allah haramkan untuk masuk surga, yaitu pemabuk berat, anak yang durhaka kepada kedua orangtuanya, dan dayyuts (orang yang membenarkan kekejian dalam keluargannya, yang merelakan istri dan anak perempuannya untuk selingkuh),”

· Tidak mendapatkan ridha dari Allah

Salah satu yang dapat menghalangi ridha Allah adalah perbuatan durhaka kepada orangtua. Hal ini sesuai dengan hadist berikut.

“Ridha Allah tergantung kepada ridha orang tua, serta murka Allah-pun tergantung kepada murka kedua orangtua” (HR Al-Hakim).

Do’a Menyadarkan Anak Durhaka

Berikut do’a yang dapat orangtua amalkan agar anak tidak tidak nakal, berhati lembut, dan berbakti kepada orangtua.

· Doa’a agar anak berhati lembut

Amalkan Q.S Ali Imran : 200 berikut ini

anak durhaka

Source : i.ytimg.com

· Do’a untuk melembutkan anak yang keras kepala

Amalkan QS Asy-Syura : 19 berikut ini

anak durhaka

Source : i.pinimg.com

· Do’a menangani anak yang nakal

Amalkan QS Ibrahim : 40 berikut ini

anak durhaka

Source : risalahmuslim.id

· Do’a agar anak taat terhadap perintah Allah SWT

Amalkan QS Al Baqarah : 128 berikut ini

anak durhaka

Source : 1.bp.blogspot.com

· Bacakan do’a ini saat anak tertidur

Baca QS Al Fatihah, ayat kursi, QS Al Insyirah dan 5 ayat pertama QS Toha berikut ini lalu tiupkan kepada kepala anak saat sedang tidur.

anak durhaka

Source : i.pinimg.com

Hukum orangtua yang menyakiti hati anaknya

anak durhaka

Source : makassar.terkini.id

Islam memang mewajibkan seorang anak untuk berbakti kepada orangtuanya dengan tidak menyakiti hati orangtua dan selalu berbuat baik kepadanya.

Akan tetapi bukan hanya anak saja yang harus menjaga hati orangtuanya, melainkan orangtua juga harus menjaga hati anaknya.

Terdapat sebuah riwayat yang mengisahkan tentang orang yang durhaka terhadap anaknya sendiri.

Seseorang menemui Umar bin Khathab untuk menceritakan sikap anak durhaka lalu Umar memanggil anak tersebut untuk menegur tentang apa yang sudah anak tersebut perbuat.

Lalu anak itu bertanya kepada Umar, “Wahai Amirul Mukminin, bukankah anak juga mempunyai hak atas orangtuanya?”

Umar membenarkan perkataan anak tersebut serta menjelaskan bahwa seorang anak memiliki hak untuk memilih calon ibu yang baik untuk dirinya, diberi nama yang baik serta diajari Al-Quran.

Kemudian anak tersebut berkata, “Wahai Amirul Mukminin, ayahku tidak pernah melakukan semua perbuatan itu untukku.

Ibuku adalah seorang wanita berkulit hitam bekas budak beragama Majusi.

Ia menamakanku Ju’lan yang berarti tikus atau curut, dia juga tidak mengajariku satupun huruf Al-Quran.

Umar lalu memandangi orangtua tersebut sembari berkata, “Kamu datang mengadukan kedurhakaan anakmu, padahal nyatanya kamulah yang telah durhaka kepadanya sebelum ia mendurhakaimu.

Kamu bahkan telah berbuat buruk kepadanya sebelum ia berbuat buruk kepadamu.”

Orangtua yang menyakiti hati anak serta menelantarkan anaknya tersebut berarti orangtua tersebut telah berbuat dosa kepada anaknya.

Rasulullah SAW bersabda, “Seseorang dikatakan telah cukup berbuat dosa jika ia membiarkan orang-orang yang telah menjadi amanah untuknya. (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Sebagai orangtua, tentunya tidak boleh memperlakukan anak seenaknya sebab orangtua juga memiliki tanggung jawab atas berbagai penyebab lainnya di dunia.

cerita fiksi
Previous Post
Cerita Fiksi : Ciri, Struktur, Unsur, dan Contohnya
Next Post
Inspirasi Foto Prewedding Yang Unik dan Menarik

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!