15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

10 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara dan Cara Memainkannya

0 Comments

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang masih menjaga tradisi dan kebudayaan daerahnya, salah satunya adalah alat musik tradisional Sumatera Utara.

Dengan beragamnya suku yang ada di Sumatera Utara, membuat provinsi yang berada di sebelah Utara Pulau Sumatera ini memiliki alat musik yang beragam.

Alat musik ini pada umumnya sering digunakan sebagai pendukung upacara adat, pengiring tari tradisional dan juga sebagai sarana hiburan.

Dengan beragamnya alat musik yang ada di Sumatera Utara ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan kesenian dan kebudayaan.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestariannya dengan senantiasa mempelajari, mengenalkan, menjaga dan tetap memainkannya agar tidak tergerus oleh perubahan jaman.

Berikut beberapa alat musik tradisional dari Sumatera Utara beserta cara memainkannya.

1. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Aramba

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : pintarnesia.com/

Aramba atau yang juga sering disebut dengan arumba adalah alat musik tradisional Sumatera Utara yang berasal dari Kabupaten Nias.

Menurut sejarahnya, alat musik arumba merupakan hasil dari pertukaran dengan budaya dari Jawa.

Oleh karena itu, bentuk arumba menyerupai alat musik tradisional budaya Jawa, yaitu gong dengan bentuk lingkaran dan terdapat tonjolan bulat kecil pada bagian tengahnya.

Alat musik ini terbuat dari bahan tembaga, kuningan, suasa dan nikel yang digantungkan dengan tali pada sebuah palang horizontal.

Arumba memiliki dua jenis ukuran yaitu ukuran kecil yang disebut Fatao dengan diameter 40 sampai 50 cm dan ukuran besar yang disebut Hongo dengan diameter 60 hingga 90 cm.

Uniknya, arumba berukuran kecil justru berbunyi keras dan arumba berukuran besar cenderung mengeluarkan suara yang berdengung seperti gong.

Cara memainkan arumba adalah dengan dipukul pada bagian tengahnya menggunakan alat dari kayu yang telah dibentuk sedemikian rupa.

Arumba biasa dimainkan sebagai alat pengiring saat upacara menanam padi, pernikahan, kematian, dan acara-acara penting lainnya.

2. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Hasapi

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : 1.bp.blogspot.com

Hasapi atau yang sering disebut pula dengan hapatan adalah alat musik yang berasal dari Sumatera Utara khususnya di daerah masyarakat Batak.

Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu dengan dua senar, bentuknya hampir menyerupai alat musik kecapi.

Tak heran sebagian orang menyebut alah musik ini dengan sebutan kecapi Batak.

Kayu yang digunakan biasanya adalah jenis kayu jior atau kayu dari batang pohon nangka yang memiliki berbagai kelebihan seperti mudah dibentuk, kuat dan tahan lama.

Alat musik ini termasuk ke dalam alat musik melodis dan ritmis yang cara memainkannya adalah dengan dipetik pada bagian senarnya.

Senar yang digunakan pada hasapi umumnya menggunakan senar gitar yang dikaitkan pada bagian ujung leher hasapi dan dilengkapi dengan stem untuk menyetel senarnya.

3. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Doli – Doli

Alat Musik Tradiisonal Sumatera Utara

Source : carabermainalatmusik.com

Alat music tradisional Sumatera Utara selanjutnya adalah doli-doli yang berasal dari Nias.

Sekilas doli-doli terlihat mirip dengan alat musik kolintang, hanya saja alat musik ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta bilah kayu yang dimilikinya tidak sebanyak kolintang.

Doli-doli terbuat dari kayu atau bambu yang dibuat dengan kecil dan disusun berjajar memanjang berdasarkan urutan ketinggian nada.

Cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang terbuat dari dua batang kayu.

Alat musik ini sering dimainkan sebagai pengiring nyanyian atau tarian tradisional bersama dengan diiringi alat musik lain seperti kendang.

4. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Druri Dana

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : takterlihat.com

Masih dari Nias, alat musik tradisional Sumatera Utara selanjutnya adalah druri dana.

Druri dana adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai garpu tala.

Alat musik ini termasuk ke dalam alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang-goyangkan

Baca juga Makanan Khas Sumatera Utara & Resep Makanannya

5. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Garantang

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : andromeda21.com

Garantung adalah alat musik melodi dari Batak Toba yang terbuat dari bilah bambu atau kayu yang disusun hingga memiliki lima bilah nada.

Kayu  tersebut dibuat sebanyak 7 bilah lalu digantungkan di atas kotak yang berfungsi sebagai resonator.

Alat musik yang termasuk ke dalam golongan xylophone ini, dimainkan dengan cara dipukul dengan dua buah stik yang diposisikan dengan kedua tangan.

Tangan kiri memainkan melodi dan ritme, sedangkan tangan kanan memukul dua bagian sekaligus yaitu bagian tangkai dan wilahan garantang.

6. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gordang

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : ik.imagekit.io

Gordang adalah alat musik yang beraal drai masyarakat Batak – Mandailing yang memiliki bentuk menyerupai gendang pada alat musik Jawa.

Alat musik ini terbuat dari kayu pilihan yang bagian tengahnya dihilangkan dan ditutupi dengan kulit lembu yang telah dikeringkan.

Gordang termasuk ke dalam alat musik membarnophone yang cara memainkannya dengan cara dipukul.

Gordang pada umumnya dimainkan beramai-ramai dengan dibuat hingga sembilan jajar gordang, sehingga sering disebut juga sebagai gordang sambilan.

7. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Sarune

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : elnuha.net

Sarune adalah alat musik yang berasal dari masyarakat Batak Toba yang masih satu golongan dengan serunai yang terbuat drai logam atau kayu.

Sarune memiliki dua jenis, yaitu sarune etek (Shawn) dan sarune bolon (shawm) yang memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan tersebut adalah sarune etek termasuk ke dalam instrument pembawa melodi reed tunggal, sedangkan sarune bolon merupakan instrument pembawa melodi reed ganda.

Alat musik ini termasuk ke dalam kelompok aerophone yang memiliki 5 lobang yang empat diantaranya berada di bagian atas dan satu lainnya di bagian bawah.

Cara memainkannya adalah dengan ditiup dengan teknik circular breathing atau pernafasan mellingkar.

Baca juga 10 Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

8. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Gendang Singanaki

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : pdbifiles.nos.jkt-1.neo.id

Gendang singanaki adalah alat musik tradisional dari masyarakat Batak Karo yang terbuat dari bahan kayu dan kulit binatang.

Gendang singanaki memiliki dua bagian gendang, yaitu gendang penganaki yang ukurannya agak lebih besar serta gendang gerantung atau enek enek yang ukurannya lebih kecil.

Gendang singanaki memiliki ukuran gendang yang ramping dan kecil yang cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan penabuh.

Dalam sebuah ansambel musik Gendang Lima Sendalanen, alat musik ini berfungsi sebagai pembawa ritme yang dimainkan bersama dengan alat musik tiup sarune.

Alat musik ini sering dimainkan dalam upacara-upacara adat yang berhubungan dengan religi, ritual-ritual, serta hiburan seperti pesta muda mudi atau gulo guli aron.

9. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Ole – Ole

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : dictio.id

Ole-ole aalah alat musik tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari bahan-bahan sederhana.

Ole-ole terbuat dari batang tanaman padi yang resonatornya terbuat dari daun enau atau daun kelapa yang masih muda.

Alat musik ini termasuk ke dalam pembawa melodi reed tunggal yang cara memainkannya adalah dengan ditiup dan akan mengahasilkan suara yang terdengar keras.

10. Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Odap

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Source : 3.bp.blogspot.com

Odap merupakan alat musik dari  masyarakat Batak Toba yang merupakan gendang dengan dua sisi yang berfungsi sebagai pembawa ritme variable.

Alat musik ini terbuat dari kayu nangka dan kulit lembu yang dilengkapi dengan tali pengkita dari rotan.

Odap termasuk ke dalam kategori membranofon yang dimainkan dengan cara dijepit dengan kaki lalu dipukul menggunakan alat pemukul.

Pakaian Adat Sumatera Utara
Previous Post
Beragam Pakaian Adat Sumatera Utara
Tempat Wisata di Sumatera Utara
Next Post
Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!