15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
alam indonesia

Mengagumi Keindahan dan Kekayaan Alam Indonesia

0 Comments

Jika berbicara mengenai kekayaan alam Indonesia memang tak akan ada habisnya.

Bagaimana tidak, Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang menawan yang tersebar dari ujung Sabang hingga ujung Merauke.

Keindahan alam Indonesia ini juga dapat membuat kamu terbayang-bayang untuk menginjakkan kaki secara langsung disana.

Dari mulai keindahan daratan hingga keindahan lautannya, semua ada di Indonesia.

Apalagi kita sebagai orang yang terlahir di bumi pertiwi ini,tak lengkap rasanya jika tak mengetahui kekayaan alam yang ada di Indonesia.

Supaya lebih mengenal dan mencintai tanah air kita ini, berikut kami berikan keindahan dan kekayaan alam Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Kekayaan Alam Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam, baik itu berupa sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.

1. Tambang Emas

alam indonesia

Source : goodnewsfromindonesia.id

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki wilayah dengan kandungan emas kualitas terbaik di dunia?

Tambang emas terbesar di dunia ternyata ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Mimika, Papua.

Ialah tambang Grasberg dengan kekayaan tambangnya yang diperkirakan mencapai nilai lebih dari 150 miliar dollar AS atau Rp 2.190 triliun.

Dari hal ini dapat diketahui bahwa Indonesia memiliki tanah dengan kandungan emas terbaik di dunia.

2. Tambang Batu Bara

alam indonesia

Source : http://oceanovision.com/

Selain tambang emas, Indonesia juga memiliki harta karun lainnya yaitu batu bara.

Batu bara adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam sektor pembangkit listrik.

Indonesia merupakan negara kelima yang memiliki pertambangan batu bara terbesar di dunia.

salah satu yang masuk ke dalam daftarnya yaitu perusahaan tambang batu bara PT Adaro Energy Tbk yang ada di Kalsel.

Selain itu, Indonesia merupakan negara pengekspor batu bata terbesar di dunia, dimana batu bara ini banyak di ekspor ke negara-negara di Asia dan Eropa.

3. Gas Alam

alam indonesia

Source : indopetronews.com

Indonesia benar-benar bak surga, dimana Indonesia ini memiliki beragam sumber daya alam yang banyak dibutuhkan umat manusia salah satunya adalah gas alam.

Indonesia adalah salah satu negara penghasil gas alam terbesar di dunia yang juga masuk ke dalam 10 besar negara perngekspor gas alam terbesar di dunia.

Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah Kalimantan Timur yang produksinya mencapai 607,15 juta TCF.

4. Hutan

alam indonesia

Source : siej.or.id

Selain sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti beberapa contoh di atas, Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu hutan.

Hutan Indonesia termasuk ke dalam tiga besar daftar hutan terbesar di dunia dengan total sekitar 99 juta hektar luas hutan yang membentang dari ujung barat hingga timur.

Seperti yang kita ketahui bahwa hutan ini berperan penting dalam kesimbangan lingkungan hidup.

5. Lautan

alam indonesia

Source : indonesia.travel

Letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera membuat Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas.

Bahkan dari total keseluruhan luas Indonesia yang mencapai 5.193.250 km, 62% luas tersebut adalah luas perairannya.

Tak heran Indonesia ini memiliki sumber daya alam laut berupa biota laut, tambang minyak lepas pantai, pasir besi, dan lain sebagainya.

Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia bahkan potensi laut Indonesia mencapai 6,4 juta ton per tahunnya.

6. Flora dan Fauna

alam indonesia

Source : dictio.id

Seperti yang telah disebutkan pada bagian atas, Indonesia memiliki kekayaan daratan maupun lautannya sehingga flora dan fauna di Indonesia ini sangat beragam.

Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara terbesar yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna setelah Brazil.

Dengan tanah subur yang dimiliki Indonesia ini, tak heran banyak ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur di kawasan Indonesia ini.

Bahkan dahulu Indonesia dijajah oleh negara lain karena menginginkan hasil tanaman Indonesia ini.

Tanaman Indonesia ini merupakan hasil dari pertanian, perkebunan, dan hasil hutan, seperti kelapa sawit, rempah-rempah, dan lain sebagainya.

Selain itu, Indonesia juga memiliki keanekaragaman fauna yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan.

Bahkan, Indonesia menjadi rumah bagi beberapa fauna langka yang ada di dunia, salah satunya adalah Komodo.

Baca juga Lembah Cantik di Indonesia

Keindahan Alam Indonesia

Setelah mengetahui kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, kini saatnya untuk mengenal keindahan alam Indonesia yang termasuk ke dalam cagar alam dan telah dikenal oleh dunia.

1. Puncak Jayawijaya

alam indonesia

Source : s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Puncak Jayawijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Cartenz Pyramid ini adalah gunung yang terletak di Papua yang memiliki ketinggian mencapai 4.884 mppdl.

Dengan ketinggiannya tersebut,  menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Indonesia serta tertinggi kedua di Asia setelah Gunung Hkakabo Razi di Myanmar.

Gunung yang termasuk ke dalam salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia (Seven Summit) ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki tempat-tempat lain di Indonesia.

Meskipun berada di negara beriklim tropis, namun Puncak Jayawijaya ditutupi dengan salju abadi yang membuat pemandangan gunung ini terlihat semakin menawan.

Tempat ini juga telah diterima sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1990.

2. Kawah Ijen

alam indonesia

Source : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Selain Puncak Jayawijaya, Indonesia juga memiliki tempat lain dengan keunikan yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia bahkan dunia, yaitu Kawah Ijen.

Kawah Ijen merupakan danau air asam terbesar di dunia yang memiliki luas mencapai 5.466 hektar dan dengan kaldera setinggi 300-500 meter.

Cagar alam ini memiliki fenomena alam langka yang hanya ada dua di dunia, yaitu fenomena blue fire (api biru) yang hanya dapat kamu saksikan di Islandia, Eropa dan di Kawah Ijen ini.

3. Pulau Komodo

alam indonesia

Source : ksmtour.com

Salah satu tempat populer di Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara adalah Pulau Komodo.

Pulau Komodo adalah satu-satunya daerah di dunia yang menjadi tempat tinggal dari hewan purba Komodo.

Terdapat sekitar 2.500 ekor komodo yang hidup di tempat yang telah dinobatkan sebagai New Seven Wonders of Nature atau situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2009 ini.

4. Taman Nasional Tanjung Puting

alam indonesia

Source : ksmtour.com/

Taman Nasional Tanjung Puting adalah suaka margasatwa yang terletak di Kalimantan Tengah yang memiliki luas hingga 415 ribu hektar dantelah dianggap sebagai cagar biosfer oleh UNESCO.

Tempat ini dikenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia dimana populasi orangutan di Tanjung Puting ini telah mencapai hingga 40 ribu ekor.

5. Danau Kalimutu

alam indonesia

Source : kelimutu.id

Tak kalah dengan tempat-tempat sebelumnya, tempat unik lain yang dimiliki Indonesia adalah Danau Kalimutu yang terletak di Pulau Flores.

Danau yang memiliki luas mencapai lebih dari 1 juta meter persegi ini memiliki danau dengan tiga warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.

Selain itu, menurut beberapa peneliti danau ini juga sering mengalami perubahan warna.

pemandangan gunung
Previous Post
Pemandangan Gunung Terbaik Indonesia
hutan adalah
Next Post
Fungsi Hutan dan Dampak Penebangan Hutan Adalah?

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!