15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
Affiliate Marketing

Definisi Affiliate Marketing : Keuntungan, Strategi, dan Jenis

0 Comments

Ingin mendapatkan penghasilan saat sedang tertidur? Affiliate marketing dapat mewujudkan keinginanmu tersebut!

Affiliate marketing adalah model bisnis yang meneraplan prinsip untuk menjual barang atau jasa berbasis komisi, sehingga memungkinkan kamu memperoleh uang kapan saja dan dimana saja.

Untuk kamu yang ingin mencoba menerapkannya, pelajari lebih lanjut beberapa materi berikut ini.

Apa Sich Affiliate Marketing Itu?

affiliate marketing

Source : geruna.id

Affiliate marketing adalah model bisnis dengan sistem membayar komisi untuk jasa seseorang setelah orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant melalui internet.

Jadi, posisi seorang affiliate (pengiklan) disini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual, maka ia membantu seorang merchant untuk memasarkan produk atas jasanya.

Setelah produk atau jasa tersebut terjual, barulah affiliate mendapatkan komisi dari penjualannya tersebut.

Singkatnya, affiliate ini adalah seorang salesperson yang melakukan promosi mengenai suatu produk atau jasa untuk menawarkannya kepada konsumen yang sesuai target pasar.

Siapa Saja Pelaku Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing

Source : akseleran.co.id

Pada umumnya, dalam sistem affiliate marketing terdapat tiga pihak yang saling berhubungan, yaitu :

1. Penjual

Penjual adalah orang yang memiliki produk atau jasa yang ingin dijual, seperti vendor, merchant, creator produk, atau retailer.

Penjual inilah yang biasa disebut sebagai brand atau creator yang memgang kepemilikan atas suatu produk yang akan diiklankan oleh affiliate marketing.

2. Affiliate

Affiliate atau pengiklan adalah individu atau perusahaan yang menjual produk atau jasa milik penjual dengan cara yang menarik untuk memengaruhi orang-orang agar membeli produk atau jasa tersebut.

Pada umumnya, affiliate sudah memiliki target pasar yang sangat spesifik, yang dibuat berdasarkan minat mereka.

3. Konsumen

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa konsumen adalah orang yang akan membeli produk atau jasa yang diiklankan oleh affiliate.

Konsumen ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting dalam affiliate marketing, karena dari merekalah penjual dan affiliate akan mendapat keuntungan.

Mengapa Affiliate Marketing Itu Penting?

Affiliate Marketing

Source : tamasia.co.id

Affiliate marketing ini memiliki banyak keuntungan bagi para penjual, sehingga mereka banyak memanfaatkan affiliate untuk perkembangan bisnis mereka.

Berikut beberapa keuntungan yang didapat saat penjual memanfaatkan jasa affiliate marketing ini.

1. Mendatangkan penjualan yang stabil

Dengan menggunakan jasa affiliate marketing ini dapat membuat penggunaan produk atau jasa oleh konsumen menjadi lebih konsisten.

Kondisi inilah yang membuat para penjual memanfaatkan jasa affiliate marketing agar penjualan dan bisnis mereka tetap stabil.

2. Memiliki resiko yang rendah

Bagi penjual suatu produk atau jasa yang baru memulai atau masih berskala kecil, affiliate marketing ini tentunya sangat cocok digunakan karena memiliki resiko yang rendah.

Resiko yang dimaksud adalah membangun tim marketing yang besar tanpa hasil yang jelas atau membangun strategi marketing yang belum tentu berhasil.

3. Meminimalisir biaya marketing

Keuntungan lain yang akan didapat para penjual produk atau jasa terutama yang masih baru memulai bisnisnya dan masih berskala kecil adalah meminimalisir biaya marketing.

Dibandingkan dengan teknik marketing lain, affiliate ini dapat lebih meminimalisir biaya marketing karena hanya memotong komisi atau bahkan cukup dengan memberikan sampel produk atau jasa.

Baca juga artikel Apa itu Freelace ? Keuntungan, Syarat, & Contohnya

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

affiliate marketing

Source : redcomm.co.id

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang affiliate, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan diri ke suatu web afilasi seperti beberapa e-commerce.

Tentu saja karena pekerjaan ini termasuk kerja online sehingga akan berhubungan dengan internet dan web afilasi.

Kemudian kamu akan mendapatkan link afilasi yang harus kamu promosikan di website, blog, media sosial, atau platform-platform lainnya.

Lalu kamu akan mendapatkan komisi dari pembeli yang akan membeli produk atau jasa yang dipromosikan tadi.

Sistem pembayarannya sendiri dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu per sale, per lead, atau per klik.

Apa Saja Strategi Yang Diperlukan Dalam Affiliate Marketing?

affiliate marketing

Source : i1.wp.com

Berikut beberapa strategi yang kamu perlukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa agar lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

1. Menulis Konten Berkualitas

Strategi pertama yang kamu perlukan dalam affiliate marketing adalah menulis konten berkualitas.

Konten berkualitas tentunya akan menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menjalankan kerjasama.

Ini karena, konten berkualitas akan lebih mudah menarik perhatian para pembaca atau calon pembeli serta akan menaikkan traffic website.

Aspek-aspek tersebutlah yang nantinya akan menentukan seberapa banyak komisi yang akan kamu dapatkan dari program afilliate marketing ini.

Selain itu, dengan menulis konten yang berkualitas, tentunya hal tersebut akan membuat para penjual yang memanfaatkan jasamu ini lebih terjamin.

2. Menerapkan SEO

Dengan mengoptimasi SEO, peringkat postingan yang kamu buat akan menuai hasil yang bagus di mesin pencarian, sehingga akan menaikkan traffic website.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO ini, seperti menggunakan keyword yang benar, mengoptimasi konten, dan melacak kenaikan traffic website.

3. Menggunakan media sosial

Selain website, media sosial juga dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa karena sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness (BA).

Dengan menggunakan media sosial ini, kamu akan dapat menjangkau lebih luas cakupan audiens sehingga akan mendatangkan lebih banyak traffic.

4. Upselling

Upselling adalah teknik penjualan yang digunakan agar pelanggan dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan harga yang lebih mahal.

Teknik upselling ini dilakukan dengan memberi penjelasan kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang dijual ini layak dibelli dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Jenis-Jenis Affiliate Marketing

affiliate marketing

Source : affiliatemarketcap.com

1. Influencer

Influencer seperti selebriti, pakar dalam bidang tertentu, atau pegiat media sosial memiliki kemampuan untuk memengaruhi keputusan pembelian masyarakat.

Umumnya mereka yang banyak followers sehingga akan lebih mudah untuk mengarahkan konsumen agar mau membeli produk penjual melalui interaksi yang mereka lakukan dengan para followers-nya.

2. Blogger

Blogger ini ada banyak macamnya, beberapa diantaranya adalah penulis blog dan youtuber.

Blogger ini dianggap lebih handal dalam meningkatkan konversi penjualan karena mampu mempromosikan produk tersebut dengan cara yang menarik dan atraktif.

Mereka biasanya melakukan uji coba terhadap suatu produk lalu memberi ulasan dengan pemahaman khusus dan lebih mendalam sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut.

3. Website

Website memang dirancang untuk mendatangkan traffic dalam jumlah tinggi sepanjang waktu serta untuk mendapatkan banyak audiens.

Situs-situs seperti ulasan barang hingga e-commerce memasarkan sebuah produk atau jasa dengan metode pemasangan banner dan link affiliate.

4. Email marketing

Meskipun termasuk cara yang tradisional, namun masih banyak affiliate yang menggunakan email untuk mempromosikan produk merchant yang akan mereka jual.

Affiliate dapat mencoba berbagai stragtegi seperti dengan promosi langsung atau newsletter untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka promosikan.

5. Media massa

Jenis affiliate marketing yang terakhir adalah media massa.

Meskipun membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal, media massa memiliki kemampuan untuk mendatangkan calon pembeli dalam jumlah besar.

Freelance
Previous Post
Apa itu Freelance? : Keuntungan, Syarat, & Contohnya
sebuah dongeng
Next Post
Cerita Malin Kundang l Cerita Rakyat Terpopuler

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!