15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
adat istiadat

Mengenal Adat Istiadat dan Norma Adat

0 Comments

Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki adat istiadat yang beragam.

Setiap daerah di Indonesia memiliki adat istiadat dengan ciri khas yang dimiliki masing-masing yang mampu menarik perhatian wisatawan dan peneliti asing.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada sensus penduduk 2010, terdapat sekitar 1.331 kelompok suku yang ada di Indonesia.

Dari keseluruhan suku tersebut, adat istiadat yang mereka miliki memiliki keunikan tersendiri yang bahkan bisa dibilang ekstrim.

Misalnya Suku Dayak di Kalimantan yang memiliki adat istiadat memenggal kepala musuh untuk dikeringkan atau diawetkan yang biasa disebut dengan Kayau atau Ngayau.

Agar dapat lebih memahami mengenai adat istiadat yang ada di Indonesia, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Adat Istiadat

adat istiadat

Source : yuksinau.id

Secara etimologi, kata adat berasal dari bahasa Arab عادات, bentuk jamak dari عادَة (adah) yang berarti cara atau kebiasaan.

Dalam hal ini, adat dapat diartikan sebagai perbuatan yang dilakukan secara berulang kali sehingga menjadi kebiasaan yang harus dipatuhi oleh setiap masyarakat pada suatu lingkungan.

Secara umum, adat istiadat merupakan tata kelakuan yang harus dihormati oleh setiap masyarakat agar terciptakan ketertiban di suatu daerah.

Adat istiadat terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat atau hukum yang mengatur adat dan bahkan berbentuk sebagai sebuah sanksi adat.

Berdasarkan bentuknya, adat istiadat terbagi menjadi dua, taitu adat tertulis dan adat tidak tertulis.

Meskipun tidak tertulis, adat istiadat tetap memiliki pengaruh yang kuat dan mengikat kepada masyarakat yang juga memiliki sanksi untuk para pelanggarnya.

Macam-Macam Adat Istiadat

adat istiadat

Source : superradio.id

  • Adat Yang Nyatanya Adat

Adat ini merupakan adat yang dapat diibaratkan tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan, dipindahkan tidak layu, serta dibasuh akan habis air.

Maksudnya, adat ini merupakan seluruh ketetapan yang telah ada di alam dan memiliki sifat-sifat yang tak akan berubah.

Contohnya seperti penggundulan hutan akan menjadi penyebab banjir, melakukan kejahatan akan mendapatkan hukuman, kebaikan akan membuahkan kebahagiaan, dan lain sebagainya.

  • Adat Yang Diadatkan

Adat yang diadatkan maksudnya adalah seluruh ketentuan yang telah berlaku didalam masyarakat yang menurut Datuk Nan Duo dikodifikasikan berdasarkan sifat benda-benda yang berada di alam.

Benda-benda yang dimaksud adalah benda yang berguna untuk mengatur kehidupan bermasyarakat yang berkaitan dengan hal-hal seperti ketertiban, perekonomian, dan sosial budaya.

  • Adat Yang Teradat

Adat yang teradat adalah adat yang terbentuk atas hasil musyawarah dalam kehidupan bermasyarakat.

Adat ini didasari dari setiap kelompok masyarakat yang memiliki aturan dan tata cara yang berbeda terhadap kelompok masyarakat lainnya.

  • Adat Istiadat

Adat istiadat merupakan kebiasaan maupun hal-hal yang disukai oleh masyarakat setempat.

Seperti ketika melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olah raga, dan kegiatan lainnya dalam wilayah tertentu.

Contoh Adat Istiadat di Indonesia

  • Adat Sekaten

    adat istiadat

    Source : blogkulo.com

Adat sekaten merupakan adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat suku Jawa untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Umumnya, adat sekaten ini sering dilakukan di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta yang kemudian akan dihadiri oleh masyarakat untuk menyaksikan berbagai kegiatan.

Berbagai kegiatan yang sering dilaksanakan misalnya iring-iringan atau pawai hasil bumi masyarakat sekitar yang akan diarak oleh orang dalem dan prajurit Keraton.

  • Adat Rambu Solo

    adat istiadat

    Source : 4.bp.blogspot.com

Rambu Solo merupakan upacara kematian yang dilakukan oleh masyarakat Tana Toraja dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Upacara ini biasanya dilakukan selama 2 sampai 3 hari atau bahkan bisa sampai dua minggu untuk kalangan bangsawan yang dilakukan pada siang hari saat matahari condong ke arah barat.

Masyarakat akan berkumpul di sebuah tempat yang dinamakan rante, yaitu sebuah padang rumput luas untuk menyaksikan musik suling, nyanyian, lagu dan puisi, tangisan dan ratapan.

Serta untuk mengiring jenazah ke kuburan yang berada di atas tebing bukit batu yang tinggi, karena mereka percaya semakin tinggi kuburan maka akan semakin cepat roh sampai ke dalam agama Alok.

  • Adat Ngaben

    adat istiadat

    Source ; claraprilli.files.wordpress.com

Ngaben merupakan upacara pembakaran mayat yang dilakukan oleh masyarakat Bali yang dipercaya akan membuat roh menjadi dan dapat beristirahat dengan tenang.

Upacara ini diselenggarakan dengan biaya yang cukup mahal karena upacara ini melibatkan banyak orang dan keluarga wajib mendirikan panggung  pembakara yang tidak murah.

Uapacara ini terbilang wajib sehingga keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi biasanya menunggu cukup lama agar upacara ngaben ini dapat dilakukan secara bersama-sama.

  • Adat Kebo-Keboan

    adat istiadat

    Source : imgcdn.rri.co.id

Adat kebo-keboan adalah tradisi yang sering digelar oleh masyarakat di Banyuwangi, Jawa Timur khususnya suku Osing untuk memohon kesuburan tanah dan hasil panen yang melimpah.

Tradisi yang digelar setiap tanggal 10 Muharram atau Suro ini dimulai dengan mengarak orang yang kerasukan roh gaib untuk dibawa ke rumah kebudayaan kebo-keboan.

  • Adat Tatung

    adat istiadat

    Source : lensakalimantan.files.wordpress.com

Tatung merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Singkawang, Kalimantan Barat untuk meramaikan Cap Go Meh Singkawang.

Tradisi ini dilakukan layaknya debus, dimana orang yang memainkannya harus melakukan beberapa ritual untuk menjaga kesaktian mereka.

Norma Adat Istiadat

adat istiadat

Source : 2.bp.blogspot.com

Norma adat merupakan pedoman yang mengatur tingkah laku seseorang dalam masyarakat yang ditetapkan atas adat istiadat yang ditetapkan dalam suatu masyarakat.

Oleh karena itu, norma adat sering juga dikaitkan dengan norma kesusilaan.

Norma adat bertujuan untuk mengatur bagaimana seseorang bertindak dalam bermasyarakat agar tidak dianggap menyimpang dan mencoreng nama baik suatu masyarakat.

Norma adat ini memiliki tiga ciri utama, yaitu :

  1. Bersumber dari kebiasaan turun temurun yang sudah mengakar dari suatu kelompok masyarakat.
  2. Bersifat tidak kekal dan dapat berubah seiring berjalannya waktu.
  3. Memiliki sanksi bagi pelanggarnya.

Baca juga Mengenal Sebuah Dongeng dan Contohnya

Contoh Norma Adat Istiadat

adat istiadat

Source : 2.bp.blogspot.com

Salah satu contoh norma adat yang mungkin pernah kamu dengar dan paling populer di Indonesia adalah larangan untuk menggunkan pakaian berwarna hijau di Laut Selatan.

Norma adat satu ini dikenal masyarakat karena didasari oleh mitos Nyi Roro Kidul yang dianggap menyukai warna hijau sehingga akan menumbalkan pengunjung yang mengenakan pakaian hijau.

Meskipun banyak orang yang mempercayai mitos tersebut, nyatanya norma adat satu ini juga memiliki penjelasan yang cukup logis.

Di Laut Selatan sendiri memang memiliki banyak ganggang hijau sehingga akan sulit menemukan orang dengan warna baju yang sama jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Terlebih lagi, Laut Selatan ini dikenal memiliki arus yang cukup besar dan cukup berbahaya.

Selain larangan menggunakan baju berwarna hijau di Laut Selatan, norma adat lain yang sering kita temui di lingkungan diantaranya seperti :

  • Larangan bermain di luar ketika matahari mulai terbenam
  • Melaksanakan aqiqah untuk memperingati kelahiran bayi atau setelah member nama bayi
  • Anggapan bahwaa perempuan adalah seorang ahli waris pada busaya di Sumatera Barat
  • Larangan untuk menikah dengan orang yang bermarga sama bagi masyarakat suku Batak
  • Larangan berbicara ketika makan
  • Dan lain sebagainya.
suku dayak
Previous Post
Sejarah Suku Dayak : Ragam Adat Istiadat dan Kebudayaannya
tradisi adalah
Next Post
Tradisi Adalah : Fungsi dan Contoh Tradisi Indonesia

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!