15 49.0138 8.38624 1 4000 1 https://nazwaproduction.com 200 true 0
cara investasi emas di pegadaian

3 Cara Investasi Emas Di Pegadaian Tanpa Ribet

0 Comments

cara investasi emas di pegadaian

Cara investasi emas di pegadaian merupakan investasi jangka panjang yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena praktik ini sudah lama dilakukan oleh banyak orang, investasi emas dinilai menjadi salah satu investasi jangka panjang dengan resiko yang cukup kecil.

Memang jika dibandingkan dengan investasi lain seperti investasi pasar modal dan saham , investasi emas memiliki resiko yang cukup kecil namun berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Contoh investasi jangka panjang

Investasi sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun dibandingkan investasi jangka pendek, beberapa ahli justru lebih menyarankan investasi jangka panjang karena keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar.

Akan tetapi, sejalan dengan keuntungannya yang lebih besar resiko dari investasi ini juga cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya kalian berhati-hati jika memilih investasi ini.

Investasi jangka panjang juga bermacam-macam, berikut beberapa contoh yang sering didengar masyarakat.

  1. Emas

Sebagai salah satu komoditas berharga, harga emas cenderung selalu meningkat tiap tahun dan mudah dicairkan. Namun, emas yang dimaksud disini tentu emas murni 24 karat yang telah memiliki standar internasional seperti emas ANTAM. Emas dalam bentuk perhiasan kurang cocok digunakan sebagai investasi karena nilainya yang kerap turun.

Saat ini, untuk berinvestasi emas kalian sudah tidak perlu lagi membeli batangan emas langsung. Berbagai pihak seperti Pegadaian telah membuka Tabungan Emas bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas dengan mudah, cepat dan tanpa ribet.

Sebenarnya selain dari Pegadaian banyak juga perusahaan swasta dan perbankan yang membuka program serupa tapi sejauh ini program Tabungan Emas Pegadaian masih menjadi yang terbaik.

  1.   Saham

Investasi saham bisa menjanjikan keuntungan yang sangat besar jika kalian mempunyai kemampuan analisa yang bagus. Tidak seperti pendapat sebagian masyarakat yang menganggap investasi saham adalah perjudian sebenarnya investasi ini murni berdasarkan analisa keuangan semata.

Investasi saham banyak disukai meskipun memiliki resiko yang cukup besar karena memiliki 2 keuntungan sekaligus yaitu berupa deviden dan capital gain.

  1.   Obligasi

Jenis investasi ini biasanya menjadi favorit masyarakat Indonesia. Obligasi atau surat utang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan atau bahkan negara guna mendapatkan dana segar untuk kepentingan usaha. Obligasi menarik minat banyak orang karena bunga yang ditawarkan cukup menarik.

Umumnya, obligasi yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Surat Utang Negara (SUN) lebih disukai karena memiliki jaminan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan obligasi swasta.

  • Investasi emas di Pegadaian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pegadaian menawarkan program Tabungan Emas bagi masyarakat yang menginginkan investasi emas dengan lebih mudah.

Meski sekilas mirip dengan tabungan biasa, Tabungan Emas sebenarnya  sedikit berbeda karena ini sebenarnya adalah layanan penitipan saldo emas yang membuat masyarakat bisa berinvestasi emas dalam jumlah yang diinginkan.

Karena harga emas termasuk fluktuatif maka jika kalian ingin mencetak emas maka nilainya akan disesuaikan dengan harga emas yang berlaku saat itu.

Mengingat Pegadaian adalah milik pemerintah maka sebagai nasabah kalian akan mendapatkan berbagai kemudahan terutama dari segi layanan karena outlet Pegadaian tersebar merata di seluruh Indonesia.

Selain itu, jaminan keamanan yang diberikan juga tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, investasi emas di Pegadaian dinilai masih menjadi pilihan utama masyarakat tanah air.

  • Investasi saham syariah

Meskipun sama-sama berinvestasi saham, tapi investasi saham syariah memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan investasi saham konvensional. Salah satu perbedaan terbesar adalah saham yang ditawarkan harus tidak bertentangan dengan syariat islam sehingga saham yang  memenuhi persyaratan tersebut dikenal dengan nama saham syariah.

Meski begitu, investasi syariah tetap tunduk pada peraturan OJK dan Bursa Efek Indonesia karena tetap saja saham syariah termasuk salah satu produk investasi pasar modal.

  • Investasi emas batangan

Investasi emas batangan

Emas batangan merupakan salah satu komoditas yang harganya cenderung naik setiap tahun. Oleh sebab itu, banyak kalangan yang mulai melirik investasi ini karena selain keuntungannya dianggap cukup tinggi resiko yang dihadapi tidak terlalu besar.

Meski emas batangan sering dijadikan investasi jangka panjang tapi kalian jangan menyamakan dengan perhiasan emas.

Emas batangan dan perhiasan emas jelas memiliki nilai yang berbeda. Dibandingkan perhiasan, emas, batangan cenderung lebih stabil sehingga nilainya terus naik.

Selain itu, emas batangan terbuat dari emas murni 24 karat sehingga lebih berharga dibandingkan perhiasan emas yang umumnya bukan emas murni.

Satu lagi yang membuat investasi emas batangan lebih disukai adalah adanya harga internasional sehingga kalian punya patokan nilai yang lebih valid.

Jika kalian tertarik berinvestasi emas batangan maka sangat disarankan untuk memilih emas ANTAM. Selain karena lebih terjamin keasliannya, emas ANTAM sudah memiliki sertifikat internasional sehingga kualitasnya diakui secara internasional dan membuatnya bisa dijual di negara manapun.

Investasi di pasar modal

cara investasi emas di pegadaian

Berinvestasi di pasar modal berarti kalian berani mengambil resiko yang cukup besar. Seperti yang diketahui, pasar modal memiliki lebih banyak produk serta instrumen investasi sehingga memungkinkan kalian berinvestasi di berbagai jenis produk.

Meskipun resikonya besar tapi keuntungan yang diperoleh juga cukup besar terutama jika kalian berencana melakukan investasi jangka panjang.

Sayangnya, untuk berinvestasi di pasar modal kalian tidak bisa sembarangan. Kalian harus tahu bagaimana cara kerja pasar modal serta menganalisa pergerakan saham.

Oleh sebab itu, jika belum paham sebaiknya jangan coba-coba untuk berinvestasi di sana.

Investasi emas di Tokopedia

Beberapa waktu lalu Tokopedia meluncurkan layanan terbaru mereka yang bernama Tokopedia Emas. Layanan ini sebenarnya hampir mirip dengan layanan Tabungan Emas dari Pegadaian karena memang memiliki kerjasama, tapi memiliki sedikit perbedaan cara kerja.

Tokopedia Emas memeungkinakan kalian untuk menabung emas mulai dari harga Rp 5 ribu saja. Dengan layanan ini kalian bisa menabung, membeli dan menjual emas yang dimiliki kapan saja dan dimana saja saat harganya menguntungkan.

Selain lebih uptodate karena bisa dilakukan hanya melalui 1 aplikasi saja, di Tokopedia Emas kalian juga bisa mencetak emas yang dimiliki melalui Pegadaian yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Investasi paling menguntungkan

investasi paling menguntungkan

Jika kalian ingin menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin dari investasi maka ada baiknya kalian menginvestasikan uang  di berbagai investasi jangka panjang. Mengingat return yang diberikan cukup menggiurkan meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama dan resiko yang cukup besar.

Namun, semua resiko tersebut bisa diminimalisir jika kalian bisa melakukan diversifikasi produk investasi serta belajar tentang investasi dengan rajin.

Investasi terbaik untuk pemula

Bagi kalian yang masih pemula dalam hal investasi maka sangat disarankan untuk memilih investasi jangka pendek yang lebih minim resiko dibandingkan investasi jangka panjang.

Selain itu, ada baiknya jika kalian lebih mengutamakan investasi yang cukup mudah seperti reksadana dan saham.

Meskipun sering disebut sulit tapi kalian bisa menggunakan jasa Manajer Investasi untuk membantu kalian mengelola investasi kalian tanpa perlu repot-repot belajar saham atau investasi.

Meskipun kerap dipandang sulit,merepotkan dan butuh modal besar tapi sebenarnya investasi cukup mudah dilakukan. Kalian hanya perlu belajar cara investasi yang baik kemudian mulai mempraktekannya sedikit demi sedikit.

Investasi tidak selalu dengan modal yang besar. Kalian bisa memulai dengan modal kecil lebih dulu. Oleh karena itu, meski masih muda dan belum memiliki banyak uang bukan menjadi alasan untuk tidak berinvestasi.

Mencari investor untuk modal usaha
Next Post
Bagaimana Cara Mencari Investor Bagi Pemula?

0 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!